Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Uniknya Kue Sus Bermotif Kulit Macan


Akademi Pariwisata Majapahit menghadirkan ‘Guest Lecture’ dari PT. Federal Food Internusa ( Cokelat Elmer)



Tren jajanan kian lama makin berkembang. Kue sus (Inggris: choux dan Belanda: soes), salah satu kue yang namanya cukup populer. Untuk kesekian kalinya Akademi Pariwisata Majapahit menghadirkan ‘Guest Lecture’ dari PT. Federal Food Internusa ( Cokelat Elmer). Bersama Chef Prima Adisulistiyo, beliau berbagi ilmu pastry modern dan membuat kue sus yang berbeda. Penasaran kan bagaimana membuat kue sus yang populer dengan nama tiger choux (sus) seperti motif kulit macan?.
  


Acara baking demo yang digelar untuk menginspirasi mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit khususnya kelas Patiseri ini selalu menarik untuk diikuti dan mendapatkan sambutan antusias oleh semua mahasiswa. Pasalnya, materi yang diajarkan selalu berbeda dan memiliki keunikan tersendiri.
         
 
Bersama Chef Prima Adisulistiyo dari PT. Federal Food Internusa (Cokelat Elmer), mahasiswa diajak untuk berbagi ilmu pastry membuat kue sus yang saat ini lagi tren, atau biasa dikenal kue sus Jepang. Uniknya kue ini setelah matang, hasilnya akan retak-retak dan renyah saat digigit. Karena retak-retak itulah kue ini dinamakan tiger choux (sus) seperti motif kulit macan.


Bagaimana pembuatannya? Membuat kue sus ini sebenarnya cukup mudah. Hanya dengan komposisi bahan tepung terigu, margarin, telur, dan air, kita bisa membuatnya. Pasti ini lebih menarik, karena sus tiger ditopping dengan adonan seperti kukis yang cruchy, sehingga walaupun dingin hasilnya tetap kokoh.

Untuk memberikan citarasa pada isian kue sus, Chef Prima Adisulistiyo juga mengenalkan beragam cokelat Elmer yang begitu fleksibel jika dipadukan dengan cream. Sebut saja, Elmer Dark Classic Compound dan Elmer Green Tea Compound, memberikan sensasi rasa dan aroma yang lembut lho. Penasaran, kan ?

Setelah berbagai penjelasan selesai disampaikan, Chef Prima Adisulistiyo segera mulai menjelaskan cara pembuatnya. Langkah demi langkah pembuatan kue sus dijelaskan secara berurutan, mulai pembuatan adonan choux (sus), adonan almond cookie dough untuk topping dan greean tea / choco Swiss cream untuk adonan isi. Penasaran bagaimana membuat Tiger Choux

  
Nah, apabila berminat untuk menjadi chef profesional maka tidak ada salahnya gabung dan rasakan kenyamanan belajar di kampus Akademi Pariwisata Majapahit. Ada banyak program-program dari kelas patiseri menarik yang bisa diikuti melalui kegiatan ‘Guest Lecture’ seperti ini dengan tema-tema yang berbeda. *Upi

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail: akparmajapahit@gmail.com
Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

www.majapahit.org / www.matoa.info

Entri Populer