Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Learning By Doing And Being

 Lulus Kuliah Langsung Bekerja


Mengapa harus kuliah di Akpar (Akademi Pariwisata) Majapahit?

Jawaban paling rasional dan faktual adalah;

“Setelah lulus kuliah, bisa langsung bekerja”. Benarkah?

Asisten Direktur I Bidang Pendidikan Akpar Majapahit Surabaya, Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par menjelaskan bahwa para lulusan sebagian besar (70%) bekerja di berbagai sektor pariwisata termasuk hotel bintang di dalam dan luar negeri. Sebagian lagi (30%) menjadi foodpreneur.

Akpar Majapahit, jelas Hedy, memiliki 2 prodi. D3 Perhotelan dan Usaha Peralanan Wisata. Untuk prodi perhotelan telah berkembang secara khusus. Terkonsentrasi pada keahlian produk Food n Beverage, yaitu Culinary n Pastry Art yang mencetak tenaga chef profesional.

“Dari dua prodi tersebut, Akpar Majapahit berkomitmen menerapkan sistem ‘learning by doing and being’, artinya belajar sambil praktik dan didekatkan menjadi stakeholder dalam industi pariwisata. Karena itu, lulus kuliah dengan gelar Amd. Par (Ahli Madya Pariwisata) mereka menjadi tenaga siap pakai,” ungkap pria kelahiran Surabaya 25 Januari 1955 itu.

Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par

Mantan Kabid Perencanaan Program Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur itu menjelaskan bahwa Akpar Majapahit telah menjalin kerjasama dengan pihak industri pariwisata, baik untuk OJT (on the job training) maupun lapangan kerja.

“Lulusan Akpar Majapahit mendapat tempat karena cakep dalam bidangnya. Sementara para dosen semua lulusan S2 pariwisata, alumni UGM, Udayana, Trisakti dan STIE Pariwisata. Karena itulah, mereka yang kuliah di Akpar Majapahit, begitu lulus bisa langsung bekerja,” jelasnya.

Luasnya lapangan kerja bagi lulusan Akpar, berdasarkan perspektif Jawa Timur tahun 2016, cukup menjanjikan. Di antaranya, obyek wisata alam ada 265 tempat, wisata budaya sebanyak 320, wisata buatan ada 199. Sementara RHU (rekreasi hiburan umum) ada 1.599, pramuwisata 537, BPW (biro perjalanan wisata) sebanyak 1.295, Resto dan rumah makan 2.930, hotel bintang 125 dan non bintang 1.118.

Data tersebut terus berkembang. Demikian juga di wilayah provinsi lain di Indonesia. Ketersediaan lapangan kerja yang begitu luas, menjadi peluang yang sangat bagus bagi lulusan Akpar. Baik yang ingin menjadi tenaga profesional maupun yang berkeinginan membuka usaha.

“Untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesional di bidang pariwisata, Akpar Majapahir setiap tahun ajaran baru selalu melakukan evaluasi kurikulum, berbasis standar kompetensi dan kebutuhan user. Sementara mereka yang ingin menjadi entrepreneur, Akpar membekali mata kuliah kewirausahaan sekaligus praktik,” ungkap dosen senior yang mengajarkan tiga mata kuliah, masing-masing Kepariwisataan, Industri Pariwisata dan Geografi Pariwisata.

Mahasiswa juga dibekali studi observasi ke jajaran industri pariwisata untuk mengenal 5W + 1 H (What, Why, Who, When, Where + How) operasional industry pariwisata, terakhir mahasiswa wajib OJT n research paling sedikit 3 – 6 bulan untuk menyelesaikan Pra Skripsi.

Akpar Majapahit yang berdiri tahun 2002 di Mojokerto itu, kini berkembang pesat. Di Surabaya sejak tahun 2009 menempati kampus di Jalan Raya Jemursari 244, juga membuka kelas di kampus B Manyar Surabaya, Kampus C Samator Surabaya, Kota Batu - Malang, Pontianak, Bogor, Semarang, dan Tangerang Selatan (BSD), 

“Mahasiswa yang menuntut ilmu di Akpar, tidak hanya dari Surabaya dan Jawa Timur, tetapi juga datang dari luar pulau seperti Kalimantan, Kupang NTT, Sumatera dan Sulawesi. Mereka yang ingin meneruskan ke jenjang D4 dan S1 Teknologi Pangan , Akpar menjalin kerjasama program tranfer dengan sejumlah perguruan tinggi,” jelasnya. (ami)

*****

Anda ingin jadi tenaga profesional, lulus kuliah langsung bekerja? Atau bercita-cita jadi enterpreneursip? Hubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Surabaya Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22.

1 comment:

  1. Halo, terima kasih sudah berbagi informasi yang menarik.
    Kunjungi juga website UIN Walisongo Semarang di walisongo.ac.id

    ReplyDelete

Entri Populer