Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

“Ajarkan Teknik Spray Membuat Cake Tampil Mempesona”


Advanced Pastry Program – Akademi Pariwisata Majapahit


Mengusung pokok bahasan mata kuliah pembuatan Chocolate & Caka Decoration, mahasiswa Akpar Majapahit kelas Pastry Advanced membuat tampilan cake secara artistik lebih mempesona.


Rumit dan membutuhkan kreatifitas itu pasti. Itulah gambaran dari para mahasiswa Pastry Advanced dalam pembuatan ‘Chocolate & Caka Decoration’. Mulai membuat konsep desain hingga menyiapkan topper cake yang unik. Tak hanya itu, detail hiasan pada cake tema ini begitu penting, karena untuk membentuk sebuah keindahan.

Untuk menghasilkan cake tampil mempesona, Chef Valentinus mengajarkan kepada mahasiswa teknik-teknik dan penggunaan alat-alat untuk pembuatan hiasan dari cokelat. Nah, salah satunya dengan membuat efek chocolate velvet yang menghasilkan permukaan cake tampil agak kasar.




Menurut Chef Valentinus, teknik ini sebenarnya sudah tidak asing lagi, karena efek velvet spray sering dijumpai pada beberapa cake yang dijual di cakeshop. Yang membuat teknik ini jarang diaplikasikan karena harga alatnya yang mahal yakni Gun Canister (Chocolate Spray Gun).





Gun Canister
Pada dasarnya alat ini tidak hanya untuk chocolate spray, ada 2 fungsi lain, yakni proses dusting gula donut dalam jumlah banyak dan untuk proses greasing pada loyang (oles loyang) yang tentu saja bahannya berbentuk liquid (cairan).







Penasaran proses aplikasinya pemakaian alat Spray Gun? 

yuk simak langkah-langkah berikut:
  • Siapkan 1 whole cake (Round/square/heart/triangle), yang sudah didinginkan dalam freezer selama 6-8 jam hingga permukaan dalam kondisi 1/2 beku.
  • Sambil menunggu beku, siapkan cokelat compound dan cocoa butter, lakukan proses au bain marie hingga leleh. Tambahkan pewarna oilbase, aduk rata.
  • Masukkan ke dalam kontainer spray gun saat cokelat leleh masih hangat.
  • Keluarkan cake yang sudah dalam kondisi 1/2 beku, lalu semprot sambil diputar hingga ter-covered rata dan hias sesuai selera.




Ingin lebih jauh lagi mempelajari dunia pastry? Akademi Pariwisata Majapahit menjadi satu-satunya sekolah di Surabaya yang menawarkan kelas untuk Pastry Advanced. Lembaga pendidikan yang bisa direkomendasi sebagai tempat memperoleh ilmu yang komprehensif mendalami pembuatan dan pengenalan produk pastry. *Upi

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info


2 comments:

  1. Serial Animasi Baru "Star Wars" Siap Tayang 4 Mei 2021
    Dilansir dari Reuters, serial ini akan mengangkat kisah tentang sekelompok klon elite yang disebut dengan "The Bad Batch". The Bad Batch ini akan menceritakan klon eksperimental di galaksi yang berubah dengan cepat usai berakhirnya Perang Klon...Baca Selengkapnya

    ReplyDelete

Entri Populer