Bersama Dosen Beverage Product Yoseph Agung Dwi Widodo
DOSEN Beverage Product Akpar Majapahit Yoseph Agung Dwi Widodo
mendampingi 16 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry
dalam praktik simulasi menjadi pelayan bar (bar
waiter/waitrees) di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No.
244 Surabaya, Selasa (07/02/2017) siang.
Mahasiswa
yang terlibat dalam praktik simulasi menjadi sosok pelayan bar (bar waiter/waitrees) profesional adalah Christine Adelia Gunawan, Nur Kumala Sari,
Melianus Louis Fernando K., Immaculata Michaela Utomo, Eunika Adriana Prasetyo,
Sonya Khatulistiwa, Lina Afifah, Ariefiana Nur Afiefah, Heryola Sarah
Salsabila, Barep Nur Aziz, Arya Putra Nuurizkal, Yuliani, Sherry Gondosaputro,
Carlos Krisnatius Setya Budi, Christina Florensia dan Hillary Elizabeth.
Sebelum
mahasiswa praktik simulasi, kemarin siang, Yoseph menjelaskan bahwa setiap
mahasiswa mendapat kesempatan tampil menjadi bar waiter/waitrees di Majapahit Bar, sedangkan empat rekannya yang
lain berperan menjadi tamu atau pengunjung bar yang memesan minuman.
Yoseph juga menjelaskan secara singkat tata cara dan etika seorang pelayan bar (bar waiter/waitrees) dalam melayani tamu
atau pengunjung bar sesuai Standard
Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan dan pariwisata. Di
Majapahit Bar tersebut, tamu atau pengunjung bar bisa memesan aneka minuman
beralkohol maupun minuman non alkohol dan makanan ringan (camilan) sesuai
selera.
Sebagai
penyedia jasa, pengelola bar sadar betul terhadap pentingnya pelayanan (service) kepada tamu Makanya kata service dalam industri jasa perhotelan dan pariwisata bisa berarti
sebagai berikut:
S = Smile to everyone (berikan senyuman kepada semua orang).
E = Excellent in everything we do (kerjakan semuanya
semaksimal mungkin dan memuaskan).
R = Reaching out to every guest with hospitality (jangkau dan dekati tamu dengan penuh ramah-tamah).
V = Viewing every guest as special (memandang dengan rasa yang sangat penuh perhatian).
I = Inviting guest to return (melakukan segala sesuatu terhadap tamu yang akan membuat tamu tersebut datang kembali).
C = Creating a warm atmosphere (selalu menciptakan suasana yang akrab/hangat terhadap tamu).
E = Eye contact that shows we care (mata sesekali harus kontak dengan pandangan tamu, sehingga tamu dapat memanggil kita bila memerlukan sesuatu).
R = Reaching out to every guest with hospitality (jangkau dan dekati tamu dengan penuh ramah-tamah).
V = Viewing every guest as special (memandang dengan rasa yang sangat penuh perhatian).
I = Inviting guest to return (melakukan segala sesuatu terhadap tamu yang akan membuat tamu tersebut datang kembali).
C = Creating a warm atmosphere (selalu menciptakan suasana yang akrab/hangat terhadap tamu).
E = Eye contact that shows we care (mata sesekali harus kontak dengan pandangan tamu, sehingga tamu dapat memanggil kita bila memerlukan sesuatu).
Dengan
memahami hal itu, maka seorang pelayan bar (bar
waiter/waitrees) senantiasa mengedepankan etika yang baik ketika berkomunikasi
dengan tamu atau pengunjung bar. Tujuannya agar setiap tamu yang datang merasa
puas dengan pelayanan bar dan diharapkan tamu itu datang kembali.
Tak
pelak lagi, saat Lina Afifah mendapat panggilan pertama untuk memeragakan jadi
seorang bar waitrees profesional berusaha tampil sebaik mungkin di hadapan tamu
(yang diperankan oleh Fernando, Sari, Christina dan Immaculata) serta
disaksikan dosen pembimbing, Yoseph Agung Dwi Widodo.
Mahasiswi
berhijab yang akrab disapa Lina ini berupaya tampil all out sejak menyapa tamu dengan ramah, menyodorkan daftar menu
dan mencatat minuman yang dipesan tamu Majapahit Bar, kemarin siang. Begitu
juga saat menyajikan minuman yang dipesan tamu, Lina pun berupaya mengikuti
tata cara menyajikan minuman kepada tamu sesuai SOP di industri.
Setelah
Lina Afifah yang tampil, giliran untuk maju dalam praktik simulasi menjadi
pelayan bar (bar waiter/waitrees)
berturut-turut adalah Sonya Khatulistiwa, Christine Adelia Gunawan, Nur Kumala
Sari, Melianus Louis Fernando, Immaculata Michaela Utomo, Sherry Gondosaputro,
Christina Florensia dan seterusnya hingga mahasiswa yang terakhir tampil adalah
Hillary Elizabeth.
Dosen Beverage Product Akpar
Majapahit Yoseph Agung Dwi Widodo mengatakan, praktik simulasi menjadi pelayan
bar ini dilakoni mahasiswa setelah sebelumnya mereka dibekali teori seputar Beverage Product dan segala sisik
meliknya di kelas.
”Untuk
bisa mengaplikasikan mata kuliah Beverage
Product di industri perhotelan, mahasiswa wajib menghadiri tatap muka sepuluh
kali dengan dosen di kelas, sejak Senin (30/01/2017) hingga Jumat
(10/02/2017),” terang Yoseph, sapaan akrabnya.
Nah,
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar
Majapahit dan ingin bergabung bersama civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya,
Telp. (031) 8433224-5, 085733691648, 082330853725, PIN BB 28CCC1E0, sekarang
juga. (ahn)
IEEE Projects for Engineering Students
ReplyDeleteJavaScript Training in Chennai
IEEE Project Ideas for CSE
JavaScript Training in Chennai
Aivivu đại lý vé máy bay, tham khảo
ReplyDeletemua ve may bay di my
giá vé máy bay đi từ mỹ về việt nam
vé máy bay từ đức về việt nam
vé máy bay từ nga về tphcm
các chuyến bay từ anh về việt nam
vé máy bay từ pháp về việt nam giá rẻ
chi phí vé máy bay cho chuyên gia nước ngoài