Dibimbing Dosen Front Office, Hardhita Kusdharyanto, M.Par.
PADA
hari Senin
(06/02/2017) siang, 14 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester
III, melakukan praktik reservasi hotel bertajuk How to Handling a Registration (Check-In) by Individual (Personal) Reservation dengan
dibimbing langsung oleh Hardhita Kusdharyanto M.Par., Dosen mata kuliah Front Office (FO) di Lantai 4, Gedung
Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
14 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan itu adalah
Angela Merici Intan dan Klara Regita Kinanti (tim 1), Valentina Febrica dan
Dinda Debby Natalia (tim 2), Rochim dan Kevin Sugianto (tim 3), Rizky Alfianto
dan Glenn Chaniago (tim 4), Muhammad Sulthon dan Fikri Haekal (tim 5), R.
Nadhif Febrian Yudhistira dan M. Ali Monas (tim 6), Kokoh Fitri Hariyanto dan
Nur Sakinah Septiani (tim 7).
Dalam praktik reservasi hotel tersebut, Didiet,
sapaan karib Hardhita Kusdharyanto M.Par., Dosen Front Office (FO) Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, memanggil dua
mahasiswa (berpasangan) –totalnya ada tujuh pasangan-- untuk tampil secara
bergantian dengan mengaplikasikan sistem rolling
play.
Pada sistem rolling
play tersebut, satu mahasiswa memposisikan diri sebagai karyawan hotel yang
ditempatkan di Bagian FO (Receptionist),
sedangkan mahasiswa yang lainnya bertindak sebagai tamu hotel (Guest) yang sudah memesan kamar hotel (booking room) melalui layanan telpon,
surat (letter) atau by e-mail.
”Selama berkomunikasi antara petugas FO hotel dengan
tamunya, keduanya kami wajibkan memakai bahasa Inggris, sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang
berlaku di industri perhotelan,” kata Hardhita kepada kru www.culinarynews.info di sela-sela kesibukannya membimbing mahasiswa praktik reservasi hotel,
kemarin siang.
Masih menurut Hardhita, agenda booking room itu untuk mencegah tamu tidak kebagian kamar hotel terutama
pada kondisi hotel high season (fully booking) alias tamu pas
ramai-ramainya jelang perayaan malam Tahun Baru atau bersamaan waktunya dengan
liburan Nasional.
Setelah praktik reservasi hotel, mahasiswa D3
Perhotelan Akpar Majapahit juga diajarkan tentang confirmation letter. Tekniknya, mahasiswa diposisikan sedang
bertugas di FO menghubungi orang yang sudah pesan kamar dan memastikan bahwa calon
tamunya tersebut mendapat kamar berikut fasilitas yang diinginkan.
Secara umum kegiatan tersebut bertujuan mendekatkan
diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus
untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di
dunia kerja. Oleh karena itu, dalam prosedur reservasi hotel seperti
yang tersaji di dalam buku ajar Front
Office (FO), semuanya sudah mengacu pada Standard Operational Procedure (SOP) di industri perhotelan.
Selain itu dengan praktik reservasi hotel seperti ini,
mahasiswa juga bisa mengasah kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris,
meningkatkan kepercayaan diri (confidence) seseorang ketika
berkomunikasi dengan orang lain, sekaligus mengaplikasikan etika berbicara
dengan orang lain terutama tamu hotel yang baik dan benar sesuai prosedur di
industri perhotelan.
Sebelum mengikuti praktik reservasi hotel, Senin
(06/02/2017), mahasiswa lebih dulu kami bekali dengan ilmu pengetahuan seputar
sisik melik hotel reservation hingga confirmation
letter selama tatap muka di kelas (sesuai jadwal akademik ada 16 kali
pertemuan antara mahasiswa dengan dosen FO).
”Sedangkan perkuliahan pada Selasa
(07/02/2017) dan Rabu (08/02/2017) siang, kami akan mempertajam pemahaman
mahasiswa seputar hotel reservation
dan sisik meliknya,” tandasnya.
Aivivu - đại lý chuyên vé máy bay trong nước và quốc tế
ReplyDeletevé máy bay đi Mỹ bao nhiêu tiền
mua vé máy bay về vn từ mỹ
ve may bay tư duc ve viet nam
vé máy bay nhật việt
Lịch bay từ Hàn Quốc về Việt Nam tháng 7
giá vé máy bay từ canada về Việt Nam
khách sạn cách ly ở cam ranh
chuyến bay dành cho chuyên gia