Diasuh Dosen Front Office (FO), Hardhita Kusdhayanto, M.Par
Praktik Reservasi Hotel secara Rolling Play
Praktik Reservasi Hotel secara Rolling Play
PADA
hari Kamis
(19/01/2017) pagi, sekitar 24 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas
Pagi, melakukan praktik reservasi hotel dengan diasuh langsung oleh Hardhita
Kusdharyanto M.Par., Dosen mata kuliah Front
Office (FO) di Lantai 4, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244
Surabaya.
Dalam praktik reservasi hotel tersebut, Didiet,
sapaan karib Hardhita Kusdharyanto M.Par., Dosen Front Office (FO) Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, memanggil dua
mahasiswa (berpasangan) –ada sekitar 12 pasangan-- untuk tampil secara bergantian (dengan mengaplikasikan sistem rolling play).
Pada sistem rolling
play tersebut, satu mahasiswa memposisikan diri sebagai karyawan hotel yang ditempatkan
di Bagian FO, sedangkan mahasiswa yang lainnya bertindak sebagai tamu hotel
yang sudah memesan kamar hotel (booking
room) melalui layanan telpon, surat (letter)
atau by e-mail.
”Selama berkomunikasi antara petugas FO hotel dengan
tamunya, keduanya kami wajibkan memakai bahasa Inggris, sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang
berlaku di industri perhotelan,” kata Hardhita kepada kru www.culinarynews.info di ruang
kerjanya, usai membimbing mahasiswanya praktik reservasi hotel, kemarin.
Masih menurut Hardhita, agenda booking room itu untuk mencegah tamu tidak kebagian kamar hotel terutama
pada kondisi hotel high season (fully booking) alias tamu pas
ramai-ramainya jelang perayaan malam Tahun Baru atau bersamaan waktunya dengan
liburan Nasional.
Setelah praktik reservasi hotel, mahasiswa D3
Perhotelan Akpar Majapahit juga diajarkan tentang confirmation letter. Tekniknya, mahasiswa diposisikan sedang bertugas
di FO menghubungi orang yang sudah pesan kamar dan memastikan bahwa calon
tamunya tersebut mendapat kamar berikut fasilitas yang diinginkan.
Secara umum kegiatan tersebut bertujuan mendekatkan
diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus
untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di
dunia kerja. Oleh karena itu, dalam prosedur reservasi hotel seperti
yang tersaji di dalam buku ajar Front
Office (FO), semuanya sudah mengacu pada Standard Operational Procedure (SOP) di industri perhotelan.
Selain itu dengan praktik reservasi hotel seperti ini,
mahasiswa juga bisa mengasah kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris,
meningkatkan kepercayaan diri (confidence) seseorang ketika
berkomunikasi dengan orang lain, sekaligus mengaplikasikan etika berbicara
dengan orang lain terutama tamu hotel yang baik dan benar sesuai prosedur di industri
perhotelan.
Sebelum mengikuti praktik reservasi hotel, Kamis
(19/01/2017), mahasiswa lebih dulu kami bekali dengan ilmu pengetahuan seputar
sisik melik hotel reservation hingga confirmation
letter selama tatap muka di kelas pada Senin (16/01/2017) hingga Rabu
(18/01/2017). Sedangkan perkuliahan pekan depan, pemahaman mahasiswa seputar hotel reservation masih akan kami pertajam
lagi,” tandasnya.
Nah,
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan
menghubungi Divisi Marketing Akpar
Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)
Aivivu đại lý vé máy bay, tham khảo
ReplyDeletekinh nghiệm mua vé máy bay đi Mỹ giá rẻ
các chuyến bay từ mỹ về việt nam
nhật về việt nam
vé máy bay khứ hồi từ đức về việt nam
giá vé máy bay từ Toronto đến việt nam
vé máy bay vietjet từ hàn quốc về việt nam
giá khách sạn cách ly ở tphcm
chuyen bay chuyen gia trung quoc