Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi Praktik Reservasi Hotel di Kampus

Diasuh Dosen Front Office (FO), Hardhita Kusdhayanto, M.Par
Praktik Reservasi Hotel secara Rolling Play
PADA hari Kamis (19/01/2017) pagi, sekitar 24 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi, melakukan praktik reservasi hotel dengan diasuh langsung oleh Hardhita Kusdharyanto M.Par., Dosen mata kuliah Front Office (FO) di Lantai 4, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dalam praktik reservasi hotel tersebut, Didiet, sapaan karib Hardhita Kusdharyanto M.Par., Dosen Front Office (FO) Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, memanggil dua mahasiswa (berpasangan) –ada sekitar 12 pasangan-- untuk tampil secara bergantian (dengan mengaplikasikan sistem rolling play).

Pada sistem rolling play tersebut, satu mahasiswa memposisikan diri sebagai karyawan hotel yang ditempatkan di Bagian FO, sedangkan mahasiswa yang lainnya bertindak sebagai tamu hotel yang sudah memesan kamar hotel (booking room) melalui layanan telpon, surat (letter) atau by e-mail.

”Selama berkomunikasi antara petugas FO hotel dengan tamunya, keduanya kami wajibkan memakai bahasa Inggris, sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang berlaku di industri perhotelan,” kata Hardhita kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, usai membimbing mahasiswanya praktik reservasi hotel, kemarin.

Masih menurut Hardhita, agenda booking room itu untuk mencegah tamu tidak kebagian kamar hotel terutama pada kondisi hotel high season (fully booking) alias tamu pas ramai-ramainya jelang perayaan malam Tahun Baru atau bersamaan waktunya dengan liburan Nasional.

Setelah praktik reservasi hotel, mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit juga diajarkan tentang confirmation letter. Tekniknya, mahasiswa diposisikan sedang bertugas di FO menghubungi orang yang sudah pesan kamar dan memastikan bahwa calon tamunya tersebut mendapat kamar berikut fasilitas yang diinginkan.

Secara umum kegiatan tersebut bertujuan mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja. Oleh karena itu, dalam prosedur reservasi hotel seperti yang tersaji di dalam buku ajar Front Office (FO), semuanya sudah mengacu pada Standard Operational Procedure (SOP) di industri perhotelan.

Selain itu dengan praktik reservasi hotel seperti ini, mahasiswa juga bisa mengasah kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri  (confidence) seseorang ketika berkomunikasi dengan orang lain, sekaligus mengaplikasikan etika berbicara dengan orang lain terutama tamu hotel yang baik dan benar sesuai prosedur di industri perhotelan.

Sebelum mengikuti praktik reservasi hotel, Kamis (19/01/2017), mahasiswa lebih dulu kami bekali dengan ilmu pengetahuan seputar sisik melik hotel reservation  hingga confirmation letter selama tatap muka di kelas pada Senin (16/01/2017) hingga Rabu (18/01/2017). Sedangkan perkuliahan pekan depan, pemahaman mahasiswa seputar hotel reservation masih akan kami pertajam lagi,” tandasnya. 
 
Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

1 comment:

Entri Populer