Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Gebrakan Awal Tahun Akademik (TA) 2017/2018

Akademi Pariwisata Majapahit dan Tristar Institute Siap Kenalkan Program Baru Foodpreneur kepada Mahasiswa


BELAKANGAN ini bisnis kuliner yang dilakoni anak-anak muda tumbuh bak jamur di musim penghujan. Maraknya bisnis kuliner di kalangan anak muda ini memang tidak dipungkiri oleh sejumlah kalangan termasuk pengelola Akpar Majapahit dan Tristar Institute, yang berkampus di Gedung Graha Tristar  Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Oleh karena itu, memasuki Tahun Akademik (TA) 2017/2018 ini, Tristar Group yang membawahi Akpar Majapahit dan Tristar Institute siap mengenalkan program baru Foodpreneur kepada mahasiswa.

Pembelajaran Foodpreneur kepada mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Culinary dan Pastry khususnya bertujuan untuk membekali mahasiswa menjadi calon-calon pebisnis kuliner yang andal sesuai minat dan bakatnya masing-masing.

Gebrakan baru yang dirilis pada awal Tahun Akademik 2017/2018 ini telah dicanangkan oleh Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM, seperti diinformasikan kepada kru www.culinarynews.info pada Kamis, 06 Juli 2017 lalu.

Dalam mengaplikasikan program baru Foodpreneur itu mahasiswa diajarkan dan dibekali dengan pelajaran Food Technology sejak awal. Pembelajaran Foodpreneur itu sekaligus melengkapi materi pembelajaran Culinary, Pastry dan Perhotelan bagi mahasiswa.

Khusus untuk pelajaran Food Technology, mahasiswa juga akan diajarkan tentang Food Technology terapan yang inovatif. Nantinya mahasiswa bisa membuat berbagai produk olahan pangan yang layak jual dan awet. Dalam penerapannya di lapangan, mahasiswa memakai mesin-mesin sederhana, tapi bisa dikembangkan menjadi industri skala menengah hingga besar.

Setidaknya ada tiga produk utama yang akan diajarkan kepada mahasiswa yakni: (1). Produk Aneka Kripik, (2). Produk  Aneka Sambal Dalam Kemasan (ASDK) dan (3). Produk Frozen Food.

Selan diajarkan membuat ketiga jenis produk olahan tersebut, mahasiswa juga diajarkan cara pengawetan dan pengemasan. Mereka juga diajarkan cara mengurus perizinannya. Masing-masing item akan diajarkan selama seminggu dan di akhir minggu mahasiswa diberikan tugas membuat rancangan usaha (business plan).

Dalam business plan itu antara lain berisi bagaimana cara memasarkan produk tersebut, bagaimana bisa membuat produk tersebut dengan kualitas tetapi harganya terjangkau hingga bagaimana membuat produk itu menarik secara tampilan dan desain kemasannya.

”Setelah itu mahasiswa diajarkan praktik berwirausaha. Nilai ujian akhirnya diambil dari volume penjualannya,” kata Pak U Won, sapaan akrab Presdir Tristar Group tersebut kepada kru www.culinarynews.info.

Sementara itu, untuk fasilitas produksi mahasiswa bisa memanfaatkan dapur kampus dengan sistem sewa. Program baru ini diyakini bakal jadi andalan Akpar Majapahit dan Tristar Institute sebagai apresiasi dari pihak Akademik yang senantiasa mengikuti trend pasar dan perkembangan jaman.

”Untuk bisa terus eksis dan semakin berkibar, maka kita pun harus inovatif supaya lulusan Akpar Majapahit dan Tristar Institute benar-benar bisa sukses setelah mereka lulus kuliah di sini,” tandas Juwono Saroso seraya menambahkan, dengan modal kecil bisa memulai usaha dan usaha tersebut bisa dikembangkan menjadi industri besar.

Tunggu apalagi, Anda tertarik menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

1 comment:

Entri Populer