Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Profil Perpustakaan Akademi Pariwisata Majapahit

Demi Tingkatkan Budaya Literasi Mahasiswa, Setiap Tahun Tambah Koleksi Buku Perhotelan dan Pariwisata
PERPUSTAKAAN Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit yang bertempat di Lantai 5, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya dari tahun ke tahun menambah koleksi buku Perhotelan dan Pariwisata. Upaya menambah koleksi buku tersebut antara lain demi meningkatkan budaya literasi di kalangan mahasiswa karena buku merupakan jendela dunia.


Upaya pihak pengelola Perpustakaan Akpar Majapahit terus menambah koleksi buku dan jurnal ilmiah itu juga untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa saat mereka membuat tugas on the job training (OJT) dan penyusunan tugas akhir (praskripsi) mahasiswa yang mengambil program studi D3 Perhotelan dan Pariwisata maupun mahasiswa S1 Teknologi Pangan.

”Sampai saat ini, kami memiliki 750-an koleksi judul buku mulai jurnal ilmiah, laporan pra skripsi mahasiswa, laporan magang kerja (OJT) mahasiswa buku pengetahuan seputar perhotelan dan pariwisata, culinary, pastry (patisserie) hingga majalah dan tabloid,” kata Soehardi Irawan, AMd.Perpus, Kabag Perpustakaan Akpar Majapahit kepada kru www.culinarynews.info, Senin (20/02/2017) siang.

Keberadaan perpustakaan Akpar Majapahit di Lantai 5, Gedung Graha Tristar, berawal dari visitasi tim Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) ke Kampus Akpar Majapahit, 2014 silam, yang menyebutkan fasilitas perpustakaan di kampus sebagai salah satu penilaian dari tim akreditasi.

Ketika itu, koleksi buku dan jurnal ilmiah di Perpustakaan Akpar Majapahit baru sekitar 350-an judul buku, kemudian pada 2015 koleksinya bertambah menjadi 500-an judul buku. Sampai akhir 2016, jumlah koleksi buku di Perpustakaan Akpar Majapahit meningkat lagi menjadi 750-an judul buku.

Perpustakaan yang menjadi satu dengan fasilitas Laboratorium Komputer tersebut, ruangannya berhawa relatif sejuk karena sudah dilengkapi dengan fasilitas air conditioner (AC). Sehingga, mahasiswa betah berlama-lama membaca buku-buku koleksi perpustakaan kampus maupun mahasiswa yang datang untuk memanfaatkan laboratorium komputer yang juga sudah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi tersebut.


Ratusan judul buku di perpustakaan ini dibedakan perhotelan dan pariwisata. Buku culinary dan pastry dimasukkan dalam kelompok perhotelan. Koleksi perpustakaan ini juga tersedia jurnal ilmiah, laporan magang (OJT) mahasiswa dan tugas akhir (pra skripsi) mahasiswa yang menyelesaikan program studi D3 perhotelan dan pariwisata.

Berbagai fasilitas itu memang sangat menunjang kegiatan belajar mengajar di kampus Akpar Majapahit. Tak salah jika kelebihan perpustakaan tersebut sekarang menjadi kebanggaan lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Eka Prasetya Mandiri.

Kenyamanan Perpustakaan Akpar Majapahit diakui oleh tiga mahasiswi S1 Tekpan Tristar Institute, Azizah, Cindy dan Delvi, yang kemarin siang datang ke perpustakaan Akpar Majapahit untuk mengerjakan tugas dari dosen.

Begitu juga Poppy Puspita R., mahasiswi Semester VI Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit yang kemarin datang ke perpustakaan untuk meminjam laporan magang kerja (OJT) kakak kelasnya, demi menyusun laporan magang kerja yang baru selesai dilakoni selama tiga bulan di Premiere Inn Hotel, Bandara Juanda Sidoarjo.

Menurut Soehardi Irawan, setiap harinya rata-rata 5-10 mahasiswa datang ke perpustakaan Akpar Majapahit antara lain untuk meminjam buku, sekadar baca koleksi terbaru perpustakaan sekaligus menikmati fasilitas free Wi-Fi di laboratorium komputer kampus.

”Tidak hanya mahasiswa Akpar Majapahit dan Tristar Institute yang datang ke perpustakaan ini, tetapi ada juga mahasiswa dari kampus lain yang berkunjung ke sini. Di antaranya adalah mahasiswa dari Universitas Surabaya (Unesa), STP Satya Widya Surabaya, STIEPARI Semarang dan lain-lain,” kata lulusan D3 Perpustakaan FISIP Unair Surabaya 2002 silam itu.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

No comments:

Post a Comment

Entri Populer