Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Kreasi Mahasiswa Akpar Majapahit Tampil di Acara Buffet Corner

Sukseskan Acara Buffet Corner, Mahasiswa Culinary Class Bersinergi dengan Mahasiswa Pastry Class
MEMBANGUN kebersamaan dalam satu tim yang solid (team work building) demi meraih kesuksesan merupakan sebuah keniscayaan. Hal ini disadari betul oleh chef Ari Purwanto, project leader acara Buffet Corner di pojok area Matoa Cafe yang dihelat Rabu (19/10/2016), pekan lalu.

Dosen D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary ini dibantu koleganya –sejumlah staf pengajar D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry--- berhasil menyinergikan kinerja anak didiknya dengan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry, demi suksesnya acara Buffet Corner.

Ada beberapa kelompok mahasiswa baik dari jurusan Culinary maupun jurusan Pastry, yang fokus membuat aneka menu masakan utama (main course) dan menyiapkan dessert untuk sajian prasmanan (Buffet Corner) di pojok area Matoa Café.

Mereka bahu membahu bekerja di Dapur Culinary dan Dapur Pastry untuk membuat masakan sesuai job desk-nya masing-masing. Misalnya, mahasiswa jurusan Culinary, menyiapkan enam menu prasmanan yakni kebab barbeque sauce (dikreasi ala sate), tamales (pepes isi jagung), beef patty, roast tomato with ground shrimp,  wedges potato with herbs dan seafood jambalaya (nasi goreng kerang).

Untuk menyiapkan dan membuat enam menu prasmanan tersebut, mahasiswa jurusan Culinary dipandu langsung oleh chef Ari Purwanto dengan dibantu assistant chef Masario dan Arifurrahman bekerja di Dapur Culinary Lantai 3 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dengan demikian, pekerjaan bisa diselesaikan sekitar tiga jam yakni mulai pukul 08.00-11.00. Enam menu masakan itu pun siap ditata di meja Buffet Corner yang letaknya di salah satu pojok area Matoa Café.

Begitu juga aktivitas mahasiswa jurusan Pastry di Dapur Pastry Lantai 2 Gedung Graha Tristar) tidak kalah sibuknya dengan rekan kerjanya di jurusan Culinary. Mereka bahu membahu membuat lima macam dessert, yakni  trilogy coffee coconut pudding, vanilla chous, petit prune layer, chocolate curly dan cake pop (cake dikreasi seperti permen).  Untuk menyiapkan sajian kue tersebut, mahasiswa tetap di dampingi oleh dosen pembimbingnya, seperti chef Lily Andayani, chef Renny Savitri, assistant chef Jiurike, Fitri, Ita dan yang lainnya.

Sementara itu, kelompok mahasiswa yang lainnya –tidak bekerja di dapur— mendapat tugas dari dosen pembimbingnya menata dan menghias dua meja untuk acara Buffet Corner, agar terlihat cantik dan berkesan mewah. Satu meja untuk lima menu makanan utama (main course) dan meja yang satunya lagi untuk menata dessert-nya.

Acara Buffet Corner itu sendiri bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa bagaimana meng-handle sebuah acara yang dikemas ala buffet (prasmanan), sehingga acara jamuan makan siang (lunch) itu, misalnya, bisa memberikan kesan mendalam bagi tamu dan undangan yang hadir.

Acara Buffet Corner tersebut boleh dibilang lebih mengedepankan semangat dari mahasiswa, oleh dan untuk mahasiswa, karena setiap mahasiswa dari kedua jurusan itu dipersilakan icip-icip hasil kreasinya sendiri oleh chef Ari Purwanto.

Tentu saja untuk bisa menikmati icip-icip, mahasiswa diminta mengantre dengan tertib. Sementara itu bagi sebagian mahasiswa, kegiatan icip-icip tersebut bisa menjadi substitusi makan siang (lunch) gratis.

Acara Buffet Corner di pojok area Matoa Café semakin heboh dengan kehadiran sejumlah jurnalis dari media cetak dan TV yang diundang Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM, untuk meliput kegiatan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary dan Pastry.

”Saya ingin acara Buffet Corner yang merupakan hasil kreasi mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit selain bisa dinikmati langsung, juga disebarluaskan oleh media cetak maupun TV di Surabaya. Saya pun berharap bahwa kegiatan yang positif dari mahasiswa bisa di-share kepada orang lain yang tertarik mengikuti perkembangan dunia kuliner,” pungkasnya.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer