Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Delapan Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Ujian Pra Skripsi Gelombang III

Demi Raih Gelar Ahli Madya Pariwisata dari Akpar Majapahit


SETELAH rehat selama hampir dua pekan, ujian pra skripsi gelombang III kembali dilaksanakan pada Rabu (24/08/2016). Sebanyak delapan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit mengikuti ujian pra skripsi gelombang III di lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 

Ujian pra skripsi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa, baik Prodi UPW maupun Prodi Perhotelan, sebelum meraih gelar akademik Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari Akpar Majapahit.

Delapan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit itu adalah Prana Dwi Wardhana, Tan Malvin Moelyono, Pragwadani Denta Angi, Ricky Setiawan, Billy Sugiauwto,  Cicilia Dewi Purnomo, Maria Yolanda Rusmapertiwi dan Febrian Alyendo.

Prana Dwi Wardhana, Tan Malvin Moelyono, Pragwadani Denta Angi, Ricky Setiawan dan Billy Sugiauwto diuji oleh Hedy W. Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Agus Sudharsono M.Par. Sedangkan Cicilia Dewi Purnomo dan Maria Yolanda Rusmapertiwi diuji oleh R. Paulus Soetrisno, M.Par dan Ari Purwanto, ST.Par., MM. Sementara itu, Febrian Alyendo diuji oleh Hedy W. Saleh SH, MBA, MSi.Par dan R. Paulus Soetrisno M.Par di lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit yang mendapat giliran pertama untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya adalah Prana Dwi Wardhana. Prana, sapaan akrabnya, memaparkan laporan pra skripsinya yang berjudul Penerapan Higiene dan Sanitasi Pengolahan Makanan di Hotel Sheraton Surabaya di hadapan dua orang dosen penguji.

Sebelum maju ujian, Prana mendapatkan support langsung dari Hardita Kusdaryanto M.Par, salah satu dosen pembimbingnya, Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata Dewi Mariyanah M.Par dan beberapa rekan sejawat dari Prodi Perhotelan yang menunggu giliran maju ujian pra skripsi gelombang III. 

”Kehadiran dosen pembimbing dan rekan sejawat tersebut membangkitkan semangat dan menumbuhkan kepercayaan diri saya sebelum menghadapi ujian pra skripsi gelombang III,” kata Prana, usai ujian kepada kru www.culinarynews.info, Rabu (24/08/2016).

Dalam kesempatan itu, Prana Dwi Wardhana juga menunjukkan catatan dari dosen penguji terhadap laporan pra skripsinya berupa revisi penulisan dan daftar pustaka. ”Plong rasanya, setelah sebelumnya harus melekan di rumah guna mempersiapkan ujian pra skripsi tersebut,” ujar Prana seraya mengucapkan syukur alhamdulillah.

Sambil menunggu panggilan dari panitia ujian pra skripsi gelombang III, Dewi Mariyanah M.Par, dosen pembimbing dari Prodi UPW dan beberapa dosen pembimbing dari Prodi Perhotelan seperti Hardita Kusdaryanto M.Par dan Bambang Sutrisno ST juga tampak sibuk untuk membekali pengetahuan mahasiswa bimbingannya sebelum maju ujian pra skripsi di lantai 4 Gedung Graha Tristar.

Nah, kehadiran dosen pembimbing itu diapresiasi oleh sejumlah mahasiswa  Prodi Perhotelan yang maju ujian pra skripsi gelombang III, seperti Tan Malvin Moelyono, Pragwadani Denta Angi, Ricky Setiawan, Billy Sugiauwto,  Cicilia Dewi Purnomo, Maria Yolanda Rusmapertiwi dan Febrian Alyendo.

Usai Prana Dwi Wardhana, giliran Tan Malvin Moelyono yang maju ujian dengan mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Standar Peralatan terhadap Kinerja Staff Dapur Papa’s Limoncella Bali. Untuk menyusun laporan tersebut, Malvin dibimbing oleh Yanuar Kadaryanto SE, MM dan Hardita Kusdaryanto M.Par.

”Untuk menyelesaikan laporan pra skripsi itu, saya butuh waktu empat bulan lebih sejak pengajuan judul proposal sampai disetujui oleh dosen pembimbing sebelum maju ujian 24 Agustus 2016,” kata Malvin, usai diuji oleh Hedy W. Saleh dan Agus Sudharsono.

Selanjutnya Pragwadani Denta Angi, yang akrab disapa Pragwadani, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pentingnya Menjaga Komunikasi di dalam Kitchen untuk Kelancaran Kerja di Hotel Tentrem Jogjakarta di hadapan dosen penguji. Hotel Tentrem Jogjakarta adalah salah satu hotel bintang lima di Daerah Istimewa (DI) Jogjakarta.

Setelah Pragwadani, sekarang giliran Ricky Setiawan yang dipanggil masuk ruang ujian guna mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul  Standar Higiene dan Sanitasi Peralatan Pastry Kitchen di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya.  Selama menyusun laporan pra skripsinya itu, Ricky dibimbing langsung oleh Dewi Mariyanah M.Par dan Hardita Kusdaryanto M.Par.

Giliran berikutnya adalah Billy Sugiauwto yang diuji oleh  Hedy W. Saleh dan Agus Sudharsono. Billy, demikian ia biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk Terang Bulan Laguna di Food Festival Pakuwon City Surabaya.

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang mendapat giliran maju ujian setelah Billy Sugiauwto adalah Cicilia Dewi Purnomo. Cicilia mengangkat judul laporan pra skripsinya Upaya Peningkatan Higiene dan Sanitasi pada Pengolahan Makanan di Hotel Ciputra World Surabaya di depan dosen penguji, R. Paulus Soetrisno M.Par dan Ari Purwanto ST.Par. MM. 

Cicilia mengaku siap 100 persen menghadapi ujian pra skripsi gelombang III, setelah dirinya mendapat pembekalan dari dosen pembimbing sebelum ujian. Dosen pembimbingnya, Agus Sudharsono M.Par dan Bambang Sutrisno ST.

Selanjutnya Maria Yolanda Rusmapertiwi mempresentasi laporan pra skripsinya yang berjudul Penerapan Etika Profesi Kerja terhadap Citra Pelayanan dalam Menunjang Operasional di Departemen Front Office Hotel Hyatt Regency Jogjakarta di hadapan dua orang dosen penguji. 

Terakhir yang maju untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya adalah Febrian Alyendo. Laporan pra skripsi Febrian yang mengambil judul  Hubungan Keamanan dan Keselamatan Kerja  dengan Peningkatan Produktivitas Staff Kitchen Swiss Bell Inn Hotel Manyar Surabaya dipresentasikannya dengan baik di hadapan dosen penguji, Hedy W. Saleh dan R. Paulus Soetrisno. Sementara itu, untuk menyusun laporan pra skripsinya tersebut, Febrian Alyendo dibimbing langsung oleh Ari Purwanto ST.Par dan Agus Sudharsono, M.Par. 
 
Usai ujian pra skripsi gelombang III tersebut, delapan mahasiswa D3 Akpar Majapahit diberi pengarahan oleh pihak Akademik seputar persiapan wisuda termasuk biayanya yang dipatok Rp 2,5 jutaan per orang (besarannya seperti tahun lalu). Biaya wisuda itu antara lain untuk pengadaan baju toga, ijazah, sertifikat kelulusan D3, sertifikat D1 dan D2, serta transkrip nilai.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer