Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Mahasiswa D3 Akpar Majapahit

PERDALAM TEKNIK  MERACIK  KOPI MANUAL PADA LEADER BARISTA MAXONE HOTEL DHARMAHUSADA


Seorang barista atau peracik kopi berbasis espresso,   tidak sekedar mengaduk bubuk kopi dengan air panas,  lalu dihidangkan.  Tetapi butuh teknik dan keterampilan yang tinggi  untuk menghasilkan secangkir kopi dengan sensasi rasa yang memenuhi selera. Teknik dan keterampilan barista itulah yang dipelajari  oleh 25 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Surabaya, pada study tour ke MaxOne Hotel Dharmahusada

Penyajian materi dan demo barista digelar di Cardamon Bistro yang terletak di  lobi lantai dasar hotel bintang tiga di  Jalan Dharmahusada  189 Surabaya. Bayu Prasetya, Food & Beverage Manager MaxOne Hotel membuka dengan materi Coffee & Barista Introduction, dilanjutkan dengan praktek  oleh Ferrel selaku leader barista.

Ferrel sudah menyiapkan  peralatan manual dan diperkenalkan kepada mahasiswa satu demi satu. Serta dua kemasan bubuk kopi Arabica dan  Robusta yang spesial didatangkan  dari  Bali dan Aceh.  Setiap kopi memiliki karakter yang berbeda-beda. Teknik meraciknya juga tidak sama.


“Meracik kopi dengan teknik  manual memerlukan ketelitian dan pengaturan suhu air yang sesuai dengan karakter kopi. Kami harus memakai  thermometer   agar bisa memastikan suhu  panas  air  yang akan dituangkan ,” jelas Ferrel.

Menuangkan air panas  juga dengan teknik khusus. Air panas  dituangkan dari teko secara perlahan  ke bubuk kopi yang diletakkan di atas filter penyaringan dari jarak sekitar 25 cm dengan gerakan memutar. “Air panas yang jatuh perlahan  seperti ini, fungsinya sama dengan mengaduk  bubuk kopi,”  terangnya.


“Kopi di sini memang sangat terkenal. Kami punya customer yang fanatik. Sebab, teknik meracik kopi di MaxOne  tidak asal buat seperti di banyak tempat. Ada  teknik khusus dan konsisten dilakukan oleh barista,” timpal Bayu Prasetya yang ikut mendampingi Ferrel.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer