Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Kunjungan Industri Akpar Majapahit

BELAJAR TEORI  LEADERSHIP DARI MANAGER F&B MAXONE HOTEL TIDAR SURABAYA


21 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar  Majapahit melakukan kunjungan industri di MaxOne Hotel Tidar Surabaya.  Mereka mendapat pemahaman tambahan tentang leadership  khususnya di perhotelan.

Pada kunjungan tersebut, mahasiswa didampingi langsung oleh dosen mata kuliah Leadership,  R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Sementara pemateri adalah Food & Beverage  Manager MaxOne Hotel Tidar, Kasiadik.

Dalam pengantarnya, pria yang akrab dengan panggilan Adi itu menegaskan bahwa untuk meraih kesuksesan, seseorang harus memiliki jiwa leadership.  Yaitu kemampuan untuk mendapatkan kerjasama, mengarahkan, dan mengkoordinasi orang lain untuk mencapai tujuan.


Adi bercerita. Ada sebuah hotel berbintang yang membuka lowongan untuk posisi manager. Persyaratan utama, harus menguasai bahasa Inggris.  Lowongan tersebut akhirnya terisi sesuai dengan kreteria yang diinginkan oleh manajemen hotel.

“Bahasa Inggrisnya luar biasa.  Cas cis cus-nya benar-benar hebat. Tapi apa yang terjadi ketika menjalankan tugasnya sebagai manager? Amburadul. Kinerjanya nol besar. Kenapa? Karena jiwa kepemimpinan kurang bagus. Nah, dari cerita tadi, saya ingin mengatakan bahwa  jiwa kepemimpinan (leadership) adalah  modal utama untuk mencapai sukses,” katanya.

Bakat kepemimpinan seseorang, umumnya sudah ada sejak lahir. Kemudian Adi memberi contoh ciri-ciri kepemimpinan dari tokoh dunia Nelson Mandela,  peraih Nobel Perdamaian yang berhasil mengakhiri aparthheid di Afrika Selatan.


 “Studi riset  menunjukkan enam ciri yang secara konsisten (dimiliki Nelson Mandela):  ambisi & energi, hasrat untuk memimpin,  kejujuran dan integritas, percaya diri, kecerdasan,  dan pengetahuan yang relevan dengan pekerjaan,”  urainya.

Mahasiswa Akpar Majapahit, selain mendapat bekal ilmu di kampus, juga menambah wawasan langsung dari praktisi melalui program kunjungan industri. Anda ingin menekuni karir di perhotelan?

Yuk gabung di Akpar Majapahit. Informasi bisa diperoleh di Jalan Jemursari 244 Surabaya. Telp: 031-8480821-22. 081232539310. 081233752227. //bahar


No comments:

Post a Comment

Entri Populer