Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Semester III Diajarkan Buat Chocolate Butter Cake

15 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III Belajar Buat Chocolate Butter Cake, Marble Pound Cake dan Pandan Chiffon Diasuh oleh Dosen Pastry, Otje H. Wibowo, SE., M.Par
PADA tatap muka hari ketiga, Rabu (22/02/2017) siang, 15 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III, kembali mengikuti praktik membuat chocolate butter cake, marble pound cake dan pandan chiffon yang diasuh oleh Otje H. Wibowo, SE., M.Par., Dosen mata kuliah Basic Pastry di Dapur Pastry 1, Lantai 2, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

15 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan itu dibagi dalam tiga kelompok, masing-masing beranggotakan lima orang. Kelompok 1 adalah Valentina Febrica, Levin Sugianto, Rochim, Klara Regita Kinanti dan Glenn Chaniago.  Kelompok 1 diminta membuat chocolate butter cake.

Sedangkan Kelompok 2 anggotanya adalah M. Ali Monas, Rizky Alfianto, R. Nadhif Febrian Yudhistira, Nur Sakinah Septiani dan Dinda Debby Natalia, praktik membuat marble pound cake.

Sementara itu anggota Kelompok 3 terdiri dari Chorina Olga Della, Angela Merici Intan, Fikri Haekal,  Kokoh Fitri Hariyanto dan Muhammad Sulthon, kebagian tugas untuk membuat pandan chiffon.

Untuk membuat chocolate butter cake, mahasiswa Kelompok 1 diminta menyiapkan bahan mulai egg, egg yolk, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, cocoa powder, melted margarine dan chocolate paste untuk membuat chocolate sponge berdiameter 18 cm kemudian bake dioven pada suhu 180 *C selama 30-35 menit.

Selain itu, mahasiswa juga diminta menyiapkan bahan untuk membuat chocolate butter cream yang terdiri dari white margarine, fresh cream, simple syrup, milk powder dan chocolate paste, sedangkan untuk chocolate decoration-nya butuh chocolate dark dan chocolate white compound.

Sementara itu, mahasiswa anggota Kelompok 2 ditugaskan membuat marble pound cake yang bahan-bahannya meliputi butter, sugar, egg, cake flour, milk powder, baking powder, vanilla paste, cocoa powder dan chocolate paste. Untuk membuat topping-nya  bahan yang dibutuhkan adalah dextrose, fresh cream (whip) dan red cherry.

Di samping itu, mahasiswa juga menyiapkan peralatan untuk mencetak marble pound cake yakni bun berbentuk bulat berdiameter 20 cm. Kemudian bake tersebut dioven pada suhu 180 *C selama 40-45 menit.

Selanjutnya mahasiswa anggota Kelompok 3 juga tampil all out dalam menyiapkan bahan untuk membuat pandan chiffon yang terdiri dari egg yolk, sugar, egg white cream of tar, sugar, cake flour, baking powder, salad oil, fresh milk dan pandan paste. Sedangkan bahan untuk membuat topping-nya adalah dextrose, fresh cream (whip) dan red cherry.

Selain itu, mahasiswa juga menyiapkan peralatan untuk mencetak pandan chiffon yakni chiffon form yang berdiameter 20 cm. Bake yang sudah disiapkan sebelumnya kemudian dioven pada suhu 190 *C selama 40-45 menit.

Sekadar informasi, mahasiswa kelas reguler ini mendapatkan tambahan pengetahuan tentang basic pastry dari chef Otje, sapaan akrab Otje H. Wibowo, Dosen Basic Pastry Akpar Majapahit selama delapan kali tatap muka, terhitung mulai Senin (20/02/2017) hingga Rabu (01/03/2017) di Dapur Pastry 2 Kampus Akpar Majapahit.

Menurut chef Otje, selama pertemuan sebanyak delapan kali itu mahasiswa akan diajarkan membuat 24 resep pastry (aneka jenis roti). Ini berarti setiap kali pertemuan, mahasiswa praktik membuat tiga jenis roti per harinya. Praktik di Dapur Pastry 1 dilaksanakan mulai pukul 13.00-17.00 WIB.

Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat roti sesuai job desk-nya masing-masing. Setiap kelompok berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan, setelah sebelumnya mereka diajarkan cara membuat hiasan cake dari chocolate dark dan chocolate white compound.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

No comments:

Post a Comment

Entri Populer