Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Masak European Food

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Masak Bavarian Stew, Portuguese Beef & Clam Stew dan Spanish Chicken bersama Chef Nadya Ratri, S.Pd., M.Kes

11 mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit kembali mengikuti praktik masak membuat Bavarian Stew, Portuguese Beef & Clam Stew dan Spanish Chicken oleh chef Nadya Ratri S.Pd., M.Kes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Sesuai panduan dari Buku Ajar (Silabus) Kumpulan Praktik Kuliner, pengajaran pada pekan ketujuh ini, tepatnya mulai Senin (20/02/2017) hingga Jumat (24/02/2017) mahasiswa Culinary Class kembali mempraktikkan tiga resep menu masakan Eropa.

Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 11 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam dua kelompok. Kelompok 1, anggotanya adalah Abdul Aziz Romadhoni, Bagas Septiando Azhari, Aisyah Nadia Ambarsari, sedangkan anggota Kelompok 2 adalah Desy Rizky Utami dan Antonius Wianditya Ivan Pradipta.

Sementara itu, Kelompok 3 anggotanya terdiri dari Yudha Pratama Susilo, Siti Saodah dan Giovanni Sandhika Pratama. Kelompok 4 anggotanya meliputi Adhi Fauzan Rafi, Yuli Purwaningsih dan Yudhi Pratama Susilo. Empat kelompok itu tampil all out sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai oleh dosen pembimbing.

Untuk membuat Bavarian Stew, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain parsley, ground allspice, ground nutmeg, pepper, lean beef, beef stok (kaldu daging sapi), diced tomatoes, potatoes, English celery, onion, sugar, pepper dan bayleaf. Demi mempercantik tampilan masakan ini saat di-plating, maka mahasiswa juga diminta membuat mash potatoes yang sudah dibumbui.

Menu kedua yang dibuat mahasiswa adalah Portuguese Beef & Clam Stew. Bahan yang dibutuhkan antara lain beef, lemon, onion, garlic, thyme, salt, black pepper,olive oil, white wine, flour, chicken stock (kaldu daging ayam), tomato dan clam. Sedangkan menu ketiga, Spanish Chicken, bahan-bahannya meliputi chicken, olive oil, onion, garlic, green peas, bacon, red bellpepper, yellow bellpepper, tomato, parsley, salt dan pepper.

Setelah semua tahapan dari proses masak tersebut selesai, setiap kelompok diminta mem-plating masakan sesuai kreasinya masing-masing. Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Class itu kemudian dinilai oleh dosen pembimbing dari aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

No comments:

Post a Comment

Entri Populer