Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Mahasiswa Advanced Culinary Class Beradu Kreasi dalam Ujian Masak dengan Teknik Molecular Gastronomy

Chef Della Apresiasi Ujian Praktik Kuliah Molecular Gastronomy
Lima Mahasiswa Advanced Culinary Class Beradu Kreasi dalam Ujian Masak dengan Teknik Molecular Gastronomy
SETELAH mengikuti perkuliahan dan praktik masak dengan teknik Molecular Gastronomy selama sepekan, lima mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class) Akpar Majapahit, beradu kreasi dalam ujian praktik masak dengan sentuhan Molecular Gastronomy, pada Selasa (27/09/2016).


Ujian tersebut untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa Advanced Culinary Class setelah mengikuti praktik masak dengan teknik Molecular Gastronomy seperti yang telah diajarkan oleh chef Adeline Nadia Daniel.

Lima mahasiswa Advanced Culinary Class yang mengikuti ujian praktik masak dengan sentuhan Molecular Gastronomy itu adalah Marco Guilliano, Angelina Xaveria Sandra Dewi, Yori Yonathan Cipta, Charolin Johannes dan Fandy Indra.

Selama tatap muka, pekan lalu, chef Della, sapaan akrab Adeline Nadia Daniel mempraktikkan cara pembuatan delapan resep masakan dengan teknik Molecular Gastronomy, di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit, Lantai 3 Gedung Graha Tristar Jl Jemursari No. 244 Surabaya.

Delapan resep itu adalah Singaporean Chili Crab, Chicken Congee, Haemul Paejon, Cold Green Tea Noodle, Prawn Tempura, Massaman Curry, Hainan Chicken Rice dan Kung Pao Chicken. Praktik masak dengan sentuhan Molecular Gastronomy itu diajarkan langsung oleh chef Della di hadapan mahasiswa Advanced Culinary Class pada Rabu (21/09/2016) sampai Senin (26/09/2016).

Sementara itu, dalam ujian praktik masak dengan sentuhan Molecular Gastronomy, mahasiswa Advanced Culanary Class diberikan kebebasan memilih jenis masakan sesuai kreasinya masing-masing, namun tema yang diusung harus sesuai dengan materi yang telah diajarkan sebelumnya.

"Prinsipnya, melalui mata kuliah Molecular Gastronomy ini, kami mengajak mahasiswa untuk memadukan ilmu fisika dan kimia makanan sehingga terciptalah kreasi memasak makanan dengan tampilan dan citarasa yang berbeda daripada cara-cara masak secara konvensional," terang chef Della.

Dalam ujian kali ini, karya mahasiswa dinilai dari empat pendekatan yakni kreativitas, penampilan, citarasa dan kebersihan. Penilaian ini mengacu pada standar operation procedure (SOP) di industri perhotelan.

Pada ujian praktik masak dengan teknik Molecular Gastronomy yang dihelat pada Selasa (27/09/2016), Marco Guilliano membuat kreasi masakan bernama Rice Burger, sedangkan Angelina Xaveria Sandra Dewi mengangkat tema masakannya dengan titel Square Onigiri Three Ways.

Sementara itu, Yori Yonathan Cipta mengenalkan masakan andalannya dengan nama Lamb Kebab, sedangkan Charolin Johannes mengusung masakan hasil kreasinya dengan sebutan Salmon with Maple Glaze dan Fandy Indra kali ini menampilkan kreasi masakan unggulannya yang bertajuk Bistik Hongkong.

Melihat hasil kerja peserta ujian tersebut, maka kreasi masakan mahasiwa Advanced Culinary Class ini layak diapreasiasi. Pasalnya, setiap individu yang terlibat dalam ujian praktik masak itu berupaya sebaik mungkin mengikuti arahan dosen pengujinya dan tampil all out dalam mengaplikasikan SOP di industri perhotelan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait program baru Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit Surabaya, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, BB 2AICE131, 25D164CF, 53B4EFD8,sekarang juga.(ahn)

No comments:

Post a Comment

Entri Populer