Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Masak Philippine Cuisine

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Praktik Berbagi Ilmu dengan Chef Nadya Ratri SPd., MKes
PADA tatap muka hari ketujuh, Selasa (24/01/2017), 12 mahasiswa Culinary Class kembali dibekali teori dan praktik membuat masakan Filipina (Philippinese Cuisine) oleh chef Nadya Ratri SPd, MKes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Materi pada pertemuan hari ketujuh tersebut, mahasiswa praktik membuat tiga resep masakan Filipina (Philippine Cuisine) yakni Vegetarian Fried Rice, Adobo Chicken dan Fresh Lumpia, yang sedap dan nikmat rasanya.

Sekadar informasi, masakan Filipina adalah makanan atau kuliner yang dimasak dengan cara memasak yang berkembang secara unik di wilayah Filipina dan menggunakan bahan makanan yang diambil dari wilayah Filipina dan sekitarnya.

Seperti Indonesia, Filipina adalah salah satu negara kepulauan di Asia Tenggara yang beriklim tropis, hal itulah yang membuat masakan khas Filipina memakai bahan dasar yang tidak jauh berbeda dengan masakan Indonesia.

Pada dasarnya, masakan Filipina modern sangat dipengaruhi oleh tradisi memasak ala China, Amerika Serikat, Meksiko dan Spanyol. Ini karena negara-negara tersebut pernah memiliki ikatan sejarah dengan Filipina. Khusus penduduk di wilayah Mindanao, kawasan Muslim di selatan negara Filipina, sering memasak kari dan ketupat yang merupakan khas masakan Melayu (Indonesia dan Malaysia).

Campuran gaya memasak tradisional khas Filipina dan pengaruh internasional yaitu memasak ala China dan Spanyol membuat makanan Filipina punya rasa yang unik, ada rasa asin, manis, gurih, umami, asam, dan pedas. 
Masakan Filipina memakai beragam jenis varian rempah sehingga berbau harum seperti masakan Thailand dan India. Beberapa jenis rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan Filipina antara lain jahe, bawang putih, bawang merah, annatto dan cabai.

Dalam praktik Selasa (24/01/2017), pekan lalu, mahasiswa diajarkan membuat Vegetarian Fried Rice atau nasi goreng vegetarian ala Filipina. Selain membuat Vegetarian Fried Rice, mahasiswa juga diajarkan oleh chef Nadya Ratri membuat Adobo Chicken (ayam bumbu kecap ala Filipina) yang lezat. 

Bahan untuk membuat Adobo Chicken antara lain fillet ayam, kecap asin (kecap manis), cuka apel (cuka biasa), bawang putih, daun salam, merica, bawang Bombay dan kentang.

Selain praktik langsung membuat Vegetarian Fried Rice dan Adobo Chicken dengan diasuh oleh chef Nadya Ratri, mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit juga diajarkan teknik membuat Fresh Lumpia yang sedap dan nikmat.

Demi memudahkan pekerjaan di dapur, 12 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam empat kelompok, masing-masing beranggotakan tiga orang, namun personel anggotanya harus dikocok ulang.sehingga berbeda dengan sebelumnya.

Kelompok 1 anggotanya adalah Aisyah Nadia Ambarsari, Yuli Purwaningsih dan Adhi Fauzan Rafi, sedangkan Kelompok 2 terdiri dari Giovanni Sandhika Pratama, Ayu Yuni Soleha dan Bagas Septiando Azhari.

Sementara itu, Kelompok 3 beranggotakan Yudha Pratama Susilo, Yudhi Pratama Susilo dan Abdul Aziz Romadhoni, sedangkan Kelompok 4 anggotanya terdiri dari Antonius Wianditya Ivan Pradipta, Siti Saodah dan Desy Rizky Utami.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer