Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Sehari di Grand Darmo Suite Surabaya

MAHASISWA D3 PERHOTELAN AKPAR MAJAPAHIT SURABAYA BELAJAR STORE & PURCHASING 


27 mahasiswa Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit belajar tentang Store & Purchasing di Darmo Grand Suite Hotel Surabaya. Mereka meninjau langsung general store untuk mendapatkan penjelasan  tentang sistem operasionalnya.

Divisi ini,  bertugas dalam proses pencarian sumber, pemesanan dan pembelian barang atau jasa untuk kegiatan produksi di perhotelan. Untuk tugas tersebut, divisi ini memilih vendor-vendor  dan melakukan penawaran untuk mendapatkan harga terbaik.

“Apa pun bentuk pengadaan barang semua departmen, harus melalui purchasing. Divisi ini meneliti dan menandatangani  purchase request untuk pembelian yang sifatnya rutin, parstok ataupun direct purchase,” jelas  Prasta Nugraha, F & B Manager Darmo Grand Suite Surabaya.


Di general store, mahasiswa  mendapat penjelasan langsung dari Syarif, Supervisor Purchasing & Storage Section Accounting Department yang bertanggungjawab  atas kelancaran operasional di bagian penyimpanan dan pengeluaran barang.

"Barang-barang yang disimpan  di general store, harus dijaga agar tidak mudah rusak. Caranya? Suhu ruangan penyimpanan harus dingin.  Ada ruangan yang dinginnya sedang-sedang saja. Ada ruangan agak dingin sesuai dengan jenis barang yang disimpan," ungkap Syarif.

Untuk barang-barang kebutuhan kitchen food, seperti sayuran, buah buahan, daging dan lain-lain yang mudah rusak, disimpan di lemari pendingin.  Penyimpanan semua barang memakai metote FIFO (First In Firs Out). Barang yang pertama masuk, dikeluarkan lebih awal. Hal itu untuk menjaga mutu barang dan tidak sampai kadaluarsa.

Setelah  mendapat  wawasan tentang store & purchasing, mahasiswa diajak menikmati makan siang dengan aneka menu yang disajikan secara buffet.  Selanjutnya, mahasiswa memasuki Kendedes Room untuk mengikuti presentasi tentang food cost control oleh Prasta  Nugraha, food & Beverage Manager. /bahar

No comments:

Post a Comment

Entri Populer