Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Studi Lapangan 27 Mahasiswa Akpar Majapahit

BELAJAR  FOOD COST DAN MERACIK COCKTAIL DRINK  DI DARMO GRAND SUITE


Jika Anda ingin buka bisnis kuliner? Maka sebaiknya belajar menghitung food cost. Tujuannya? Agar kita tahu pasti biaya produksi, berapa harga jual dan estimasi keuntungannya.

“Tidak boleh menentukan harga dengan cara kira-kira. Semua harus pasti. Kalau dijual dengan harga mahal, tidak ada yang beli.  Harga jual murah, laris tapi tidak rugi,” ungkap Prasta Nugraha, Foof & Beverage  Manager  Grand Darmo Suite Surabaya di depan 27 mahasiswa Akpar Majapahit.

Kunjungan mahasiswa  ke hotel bintang tiga di Jalan Progo 1 - 3 Surabaya tersebut untuk belajar secara langsung tentang  Food Cost Control  & Purchasing di industri perhotelan.  Mereka didampingi oleh dosen MKU Agus Sudarsono dan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit, R. Paulus W. Soetrisno.

Lebih lanjut Prasta  Nugraha mengungkapkan bahwa dengan menghitung  food cost, banyak hal yang bisa diatasi. Seperti  mengendalikan mutu produksi makanan dan minuman. Menentukan  standar portion size  (ukuran baku), mencapai target laba yang diinginkan.


“Bila menyimpang dari target laba yang diinginkan, kita bisa segera melakukan koreksi. Meningkatkan efisiensi operasional dan juga mengganti menu yang tidak populer dengan item menu yang lain demi optimalisasi laba,” jelasnya.

Untuk itu, mahasiswa diajarkan cara menghitung food cost yang benar. Kemudian dipraktekkan  minuman cocktail   ala  restoran yang harga produksinya sangat murah  dengan selisih  harga jual yang menguntungkan.


R. Paulus, Kaprodi  D3 Perhotelan Akpar Majapahit berpesan kepada mahasiswa agar apa yang didapat dalam kunjungan tersebut, bermanfaat dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

“Kita semua beruntung karena apa yang dipresentasikan  tadi sebagian adalah rahasia perhotelan. Tetapi  Pak  Prasta Nugraha sebagai   F & B Manager berkenan berbagi ilmu. Semoga apa yang kalian dapat bermanfaat,”  pesan Paulus di ujung acara. /bahar

No comments:

Post a Comment

Entri Populer