Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Kunjungan Belajar di Grand Darmo Suite

MAHASISWA  AKPAR MAJAPAHIT BELAJAR  TENTANG HOUSEKEEPING DAN PRAKTEK MAKING BED


“Housekeeping departemen di perhotelan memiliki tugas  dan tanggungjawab yang luas. Memelihara  dan merawat publik area hotel. Mulai dari halaman, taman,  interior, lobi, kolam renang hingga kamar hotel”. Hal itu disampaikan oleh Saiful,  executive housekeeper Grand Darmo Suite Hotel kepada  15 mahasiswa D3 Perhotelan  Akpar Majapahit

“Karena itu, housekeeping  departemen memiliki beberapa posisi  bidang  tugas dan tanggungjawab,” ungkapnya.

Kehadiran mahasiswa Akpar Majapahit  di hotel bintang 3 plus yang terletak di Jalan  Progo 1 – 3 Surabaya itu, untuk  menambah wawasan dan kinerja housekeeping.  Mereka didampingi  R. Paulus W.  Soetrisno, dosen mata kuliah housekeeping.


Lebih lanjut Saiful mengungkapkan bahwa housekeeping departemen di masing-masing hotel tidak sama. Artinya, semakin tinggi kelas sebuah hotel, unit kerjanya  juga semakin luas.  Sebaliknya, untuk hotel  budget  struktur organisasi  housekeeping  makin sederhana.

 Secara umum, organisasi housekeeping terdiri dari tenaga room attendant (RA), public area attendant (PA), pool attendant, gardener/florist, laundry, staff linen, housekeeping administrator, supervisor housekeeping dan housekeeping manager.  

Luas atau sederhana organisasi housekeeping, tugas dan tanggungjawabnya sama saja. Yaitu  menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman dan  aman.  Kemudian  memberikan pelayanan  di kamar  kepada tamu dengan sebaik-baiknya. 


“Menata dan memelihara kamar-kamar dan juga bertanggungjawab   atas pemeliharaan kebersihan  seluruh outlet dan ruangan  umum di hotel. Ruangan kosong pun harus dibersihkan agar tidak menjadi tempat berkembangnya sumber penyakit,”  urainya.

Usai mendapat wawasan tentang organisasi housekeeping serta tugas dan tanggungjawabnya, mahasiswa kemudian diarahkan untuk  praktek making bed  dibimbing  langsung oleh  Saiful dan dua  housekeeper,  Wiwied dan Eka Rahmadhani.


Kunjungan  belajar di hotel berbintang salah satu  program untuk  mendapat pengalaman baru tentang dunia kerja yang kelak akan ditekuni.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer