Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Dari Kunjungan Belajar di Sofia Frontone Hotel Airport Juanda

MAHASISWA PRAKTEK DI KITCHEN UNTUK MENGOLAH MENU LUNCH



Setelah showing melihat fasilitas hotel, 26 mahasiswa  D3 Perhotelan Akpar Majapahit mendapat pengalaman baru. Mereka melakukan praktek  mengolah menu lunch lengkap  di kitchen  untuk dinikmati sendiri.

Pengalaman baru tersebut didapat ketika melakukan kunjungan belajar, Senin (5/8) lalu di  Sofia Frontone  Hotel  Airport, Jl. Raya Bandara Juanda No. 20 Surabaya.  Untuk praktek memasak, mahasiswa  dibimbing  oleh Chef Abd Kohar,  sous chef hotel bintang tiga tersebut.

Menu yang diolah di kitchen antara lain Sup Ayam Sayuran, Mie Goreng Ayam, cah aneka sayuran,  Ayam Saus Inggris,  Telur Balado dan dessert Es Doger. Mereka mengerjakan bersama yang dibagi dalam tiga kelompok.

“Bagaimana cara kerja yang benar di kitchen hotel, sekarang kalian akan mempraktekkan langsung,” kata Chef Abd Kohar yang dibantu oleh dua asistennya.


Pertama, lanjut Chef Abd Kohar, masakan harus siap tepat waktu. Karena itu, management waktu harus  diperhatikan dan dijalankan dengan baik.  Pekerjaan  ditangani secara team work.

“Kerjasama itu sangat penting. Tidak boleh  jalan  sendiri-sendiri.  Saat bekerja, hygiene kitchen  hotel harus  diperhatikan betul. Sisa-sisa potongan sayur dan lain-lain tidak boleh berceceran. Langsung dibuang ke tempat sampah dan kondisi meja juga harus selalu bersih,”  jelasnya.


Para mahasiswa yang didampingi  oleh  dua dosen Akpar Majapahit, R. Paulus W Soetrisno, M.Par dan  Hardhita Kusdharyanto, M.Par itu, merasakan bagaimana kesibukan dan tekanan kerja di kitchen yang berbeda dengan ruang praktikum di kampus.


Suasana kerja bisa dilihat langsung oleh tamu hotel yang berada di restoran lewat  dinding kaca yang memisahkan antara kitchen  dengan   Alamanda Resto.  “Kalian sudah merasakan  bagaimana bekeberja di kitchen hotel.  Apa yang kalian alami tadi, sangat berguna untuk bekal setelah lulus nanti,” ungkap R. Paulus.


No comments:

Post a Comment

Entri Populer