Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Masak European Food

Bersama Chef Nadya Ratri, S.Pd., M.Kes , Mahasiswa Culinary Class Praktik Buat Irish Stew, Spanish Squid with Citrus Juice, Chickpeas & Golden Vermicelli
PADA tatap muka hari ke-13, Rabu (01/02/2017) lalu, 11 mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit praktik masak Chickpeas & Golden Vermicelli, Irish Stew dan Spanish Squid with Citrus Juice dengan dibimbing chef Nadya Ratri S.Pd., M.Kes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 11 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam empat kelompok. Kelompok 1, anggotanya adalah Abdul Aziz Romadhoni, Bagas Septiando Azhari dan Antonius Wianditya Ivan Pradipta, sedangkan Kelompok 2 terdiri dari Aisyah Nadia Ambarsari, Adhi Fauzan Rafi dan Yudhi Pratama Susilo.

Sementara itu, Kelompok 3 beranggotakan Siti Saodah dan Yuli Purwaningsih, sedangkan Kelompok 4 anggotanya terdiri dari Desy Rizky Utami, Yudha Pratama Susilo dan Giovanni Sandhika Pratama.

Untuk membuat Chickpeas & Golden Vermicelli, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain olive oil, onion, garlic, turmeric, paprika, cayenne, tomatoes, chickpeas, chicken stock (kaldu ayam), vermicelli dan water cross.

Sedangkan bahan yang diperlukan untuk membuat Irish Stew antara lain lean beef cube, lamb cube, carrot, potato, tomatoes, onion dan water. Sementara itu untuk membuat Spanish Squid with Citrus Juice, membutuhkan bahan-bahan seperti onion, butter, olive oil, garlic, cuttle fish, white wine, lemon, salt, pepper dan parsley.

Sekadar informasi,  sebelum praktik masak Chickpeas & Golden Vermicelli, Irish Stew dan Spanish Squid with Citrus Juice, pada hari ke-11 dan ke-12 mahasiswa Culinary Class juga diajarkan membuat aneka masakan European Food oleh chef Nadya Ratri di Dapur Culinary 2.

Praktik masak pada hari ke-11 membuat tiga resep masakan, yakni Portuguese Tomato & Rice Soup, Greek Lemon Lamb dan Lyonaisse Potato. Sedangkan praktik masak pada hari ke-12, mahasiswa diajarkan membuat Baked Potato Soup, Switzerland Spaetzel dan Chicken Normandy
Pembelajaran masak European Food oleh dosen pembimbing selama tiga pekan (15 kali pertemuan), mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit dijadwalkan memasak sekitar 39-45 resep. Pasalnya, setiap kali tatap muka, mahasiswa diajarkan membuat tiga resep masakan Eropa.

“”Namun di sela pembelajaran masak European Food, pekan lalu, kami selingi dengan acara demo masak (showmanship) American Burger oleh dosen. Salah satu tujuannya untuk me-refresh mahasiswa agar tidak terjebak oleh rutinitas praktik masak di dapur,”  tandas chef Nadya, sapaan akrabnya, pekan lalu.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

No comments:

Post a Comment

Entri Populer