Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Pengenalan Dasar Masak di Dapur Culinary 1 Akpar Majapahit

Chef Ari Purwanto Bekali 10 Orang Mahasiswa Baru D3 Prodi Perhotelan Pengantar Dasar Memasak

PADA  pekan kedua Januari 2017, tepatnya mulai Senin (09/01/2017) hingga Jumat (13/01/2017), 10 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit dikenalkan pengetahuan dasar memasak oleh Ari Purwanto SSt.Par., MM, Dosen Pengantar Dasar Masak, di Dapur Culinary 1 Lantai 3 Gedung Graha Tristar, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.



10 mahasiswa baru tersebut adalah Abdul Aziz Romadhoni, Adhi Fauzan Rafi, Antonius Wianditya Ivan Pradipta, Ayu Yuni Soleha, Bagas Septiando Azhari, Giovanni Shandika Pratama, Siti Saodah, Yudha Pratama Susilo, Yudhi Pratama Susilo dan Yuli Purwaningsih.

Dalam kuliah perdana itu, chef Ari sapaan akrab Ari Purwanto, menerangkan konsep-konsep dasar teknik dan pengetahuan dalam proses memasak. Mahasiswa juga dikenalkan dengan teori-teori memasak Prancis klasik termasuk prinsip-prinsip resep dan menu dari Escoffier.

”Tidak hanya itu, mahasiswa juga kami kenalkan dengan pengetahuan dasar-dasar hygiene & sanitation, pengetahuan menggunakan pisau, pra persiapan masak, prosedur berbagai macam pembuatan kaldu merupakan hal-hal yang diutamakan hingga sejarah layanan makanan modern,” terang chef Ari di dampingi asistennya, Masario Wahyu Saputro SKG kepada kru www.culinarynews.info di Dapur Culinary 1, Selasa (10/01/2017) siang.

Pada tatap muka hari pertama, Senin (09/01/2017), mahasiswa diajarkan bagaimana membuat schrambled & vegetable cutting yang meliputi brown stock, chicken stock, fish stock dan beef stock.

Pada pertemuan hari berikutnya, Selasa (10/01/2017), chef Ari dengan dibantu assistant chef Masario mengenalkan metode memasak tentang bagaimana cara membuat sunny side up & vegetable cutting yang terdiri dari béchamel, veloute, tomato concasse, espagnol dan tomato sauce.

Sedangkan pada tatap muka hari ketiga, Rabu (11/01/2017), mahasiswa dikenalkan seputar pengaruh panas terhadap bahan masakan. Dalam hal ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat omelette & vegetable cutting yang meliputi chasseur, demiglaze, supreme dan allemande.

Sementara itu pada pertemuan hari keempat, Kamis (12/01/2017), mahasiswa dikenalkan tentang kebersihan dan keselamatan kerja. Untuk memahami ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat poach egg & fitting chicken yang terdiri dari Italian sauce, piquante, lyonnaise dan diable.

Pada tatap muka hari terakhir, Jumat (13/01/2017), mahasiswa baru kembali diajarkan tentang pentingnya aspek kebersihan dan keselamatan kerja, khususnya bagaimana cara membuat  vegetable salad & filleting fish yang meliputi mayonnaise, tartar, 1000’s island dan vinalgrette, dengan menggunakan bahan-bahan seperti onion, lettuce, avocado, cucumber, cronton dan gurami fish.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

1 comment:

Entri Populer