Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Ujian Praktik Cocktail Mixology Beverage

Ujian Kompetensi Profesi Mixology Beverage Standar Industri
Tujuh Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Ujian Praktik Cocktail Mixology Beverage

SETELAH sepekan mengikuti kuliah dan praktik Cocktail Mixology Beverage  bersama dosen luar biasa Food & Beverage (F&B) Product (termasuk Bartending) Akpar Majapahit Agus J. Mulyana, pada pekan pertama bulan September 2016,  mahasiswa Advanced Culinary Class diuji kemampuannya dalam meracik minuman hasil kreasi mereka sendiri.

Ujian praktik tersebut dihelat di mini bar Lantai 4 Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, pada Selasa (13/09/2016). Ujian praktik Cocktail Mixology Beverage kali ini diikuti tujuh orang mahasiswa Advanced Culinary Class.
Mereka adalah Edwin Teguh Prakoso,  Angelina Xaveria Sandra Dewi, Charolin Johannes, Stevanus Adiprawiro Sugondo, Fandy Indera, Marco Guilliano dan Yori Yonathan Cipta. 
Dalam ujian tersebut, Edwin Teguh Prakoso menyodorkan satu resep minuman –sesuai permintaan dosen penguji-- yakni Bitter Orange Chardonai (beralkohol), sedangkan Angelina Xaveria Sandra Dewi mengajukan racikan minuman unggulannya yaitu Pina Colada (alkohol).
Sementara itu, dalam ujian praktik Cocktail Mixology Beverage kali ini, Charolin Johannes menyiapkan satu resep minuman dengan nama  Fruit Tingle Cocktail (alkohol), sedangkan Stevanus Adiprawiro Sogondo meracik minuman hasil kreasi andalannya, D Roy (alkohol).
Mahasiswa Advanced Culinary Class berikutnya adalah Fandy Indera. Ia membuat resep minuman bertajuk Blue Devil (alkohol), sedangkan Marco Guilliano membuat racikan minuman dengan nama Sex On the Beach Cocktail (alkohol) dan Yori Yonathan Cipta menyiapkan satu resep minuman kebanggaannya, Cucumber Caviar with Jin (alkohol).
Mengingat mahasiswa ini sudah diajarkan membuat 20-an resep saat praktik Cocktail Mixology Beverage oleh Agus J. Mulyana, mulai Selasa (06/09/20160 sampai Jumat (09/09/2016), mereka antusias menyiapkan bahan racikan hingga membuat minuman yang siap saji pada saat ujian praktik di mini bar kampus, Selasa (13/09/2016).
Sekitar satu jam kemudian, baik Edwin, Xaveria, Charolin, Stevanus, Fandy, Marco dan Yori, sudah bisa menunjukkan kreasinya masing-masing di hadapan Agus J. Mulyana, selaku dosen pembimbing pada mata kuliah Mixology Beverage Akpar Majapahit. 

Sekadar informasi, dalam perkuliahan Mixology Beverage, mahasiswa Advanced Culinary Class telah diajarkan sejumlah resep minuman, kemudian mempraktikkannya di minibar lantai 4 kampus Akpar Majapahit. Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Selama praktik Mixology Beverage tersebut mahasiswa dipandu langsung oleh Agus J. Mulyana, sebagai dosen pembimbingnya. 
Selama praktik meracik resep minuman yang bahan-bahannya disesuaikan dengan standar industri perhotelan tersebut, mahasiswa Advanced Culinary Class itu merasa tersanjung dan termotivasi untuk tampil sebaik mungkin.

Mahasiswa bisa tampil baik karena sebelumnya sudah dibekali pengetahuan bahan minuman dan cara mencampurnya (mixing) bahan minuman sesuai dengan resep yang diterapkan yakni mengacu pada standard operation procedure (SOP)-nya.

”Dalam meracik bahan minuman itu ada urut-urutannya. Jangan sampai terbalik komposisinya karena  dari aspek rasa tidak pengaruhi tetapi yang rusak itu teksturnya. Nah inilah kenapa kami selalu menekankan hal ini kepada mahasiswa saat praktik di bar,” terang dosen Akpar Majapahit ini kepada kru www.culinarynews.info, di sela-sela ujian praktik Mixology Beverage, Selasa (13/09/2016) siang.

Dalam perkuliahan Mixology Beverage selama empat kali tatap muka, mahasiswa Advanced Culinary Class telah mempraktikkan 20-an resep minuman. Upaya mengkreasi resep minuman juga dilakukan di hadapan mahasiswa.



Upaya mengkreasi racikan minuman ini disampaikan kepada mahasiswa agar mereka tidak kaget saat terjun di dunia kerja terutama di industri perhotelan. ”Karena itu, seusai pertemuan hari terakhir, Selasa (13/09/2016), mahasiswa diuji meracik minuman hasil kreasi mereka sendiri. Hasil kreasi masing-masing mahasiswa selanjutnya  kami nilai sejauh mana kemampuan mereka pasca pembelajaran Mixology Beverage sebelumnya,” pungkasnya.




Untuk informasi lebih lanjut terkait program baru  Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit Surabaya, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, BB 2AICE131, 25D164CF, 53B4EFD8, sekarang juga. (ahn)

No comments:

Post a Comment

Entri Populer