Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Dua Mahasiswi D3 Akpar Majapahit, Dipercaya Jadi ”Tour Guide Junior”

Ira dan Sari, Mahasiswi D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit, Dipercaya Jadi ”Tour Guide Junior”

ANDI Ira Issah dan Sari Julianti Ningrum, dua mahasiswi D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit yang kini duduk di Semester III, diapresiasi oleh Gatot Harjoso,  Dosen Luar Biasa Basic Guiding dan Guiding Technics  menjadi tour guide junior (pemandu wisata).

Kedua mahasiswi ini dipercaya mendampingi rombongan tamu sebanyak 23 orang yang diundang Dinas Pariwisata, Olah Raga dan Perhubungan (Disparporahub) Pemkab Bondowoso untuk menyukseskan Familiarization Trip Disparporahub Bondowoso 2016.

Agenda kepariwisataan Pemkab Bondowoso yang biasa disingkat Fam Trip Bondowoso 2016 itu dihelat pada Jumat (30/09/2016) sampai Minggu (02/10/2016) lalu, dengan rute perjalanannya dimulai dari meeting point di Bandara Juanda (sekitar pukul 13.00) dengan menumpang minibus berkapasitas 30 tempat duduk menuju Bondowoso melalui jalur darat.

Rombongan wisatawan itu satu diantaranya adalah turis asing dari Prancis (blogger traveler), sedangkan undangan yang lainnya kebanyakan dari kalangan travel agent termasuk Gatot Harjoso yang juga Direktur Vivo Tour & Travel.

Kendaraan yang ditumpangi tamu tersebut sempat transit di dekat Paiton, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Ijen View Resort Hotel Bondowoso. Di hotel tersebut, rombongan sudah ditunggu oleh Kepala Disparporahub Bondowoso dan sejumlah panitia Fam Trip Bondowoso 2016, untuk menikmati jamuan makan malam bersama (gala dinner).

Keesokan harinya, Sabtu (01/10/2016), setelah menikmati sarapan (breakfast) di Ijen View Resort Hotel, rombongan disuguhi acara city tour antara lain mengunjungi Sentra Batik Sumbersari Bondowoso dan melihat langsung pembuatan tape –oleh-oleh khas Bondowoso-- di dapur industri kecil tape 82.

Setelah puas keliling kota, rombongan menuju Orilla Café untuk menikmati makan siang (lunch) bersama Bupati Bondowoso. Tentu saja, rombongan tamu ini merasa tersanjung karena kehadirannya di Bondowoso disambut sendiri oleh Bupati bersama sejumlah pejabat teras dari Pemkab Bondowoso.  

Usai berbincang-bincang dengan suasana yang cukup gayeng, rombongan pun pamit sekaligus melanjutkan agenda tour-nya dengan melakukan survei dan studi banding di Hotel Palm Bondowoso.

Malam harinya, rombongan sudah dijadwalkan untuk menghadiri Festival 1 Muharram 1438 H di GOR Bondowoso. Oleh panitia, rombongan tamu ini ternyata disambut dan diperlakukan layaknya tamu VIP.

”Pokoknya luar biasa banget sambutan panitia atas kehadiran rombongan kami di acara Festival Muharram, 01 Oktober lalu,” kata Sari Julianti Ningrum di dampingi Andi Ira Issah kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Acara tersebut dimulai pukul 19.00 dan berakhir hingga pukul 22.00. Setelah festival itu ditutup, rombongan pun sudah siap-siap untuk melanjutkan agenda perjalanannya ke Banyuwangi. Tujuannya adalah mengunjungi objek wisata Kawah Ijen.

Kendaraan yang ditumpangi rombongan meluncur ke Kawah Ijen sekitar pukul 23.00 sampai di area Kawah Ijen sekitar pukul 02.00 dini hari (Minggu, 02/10/2016).Di objek wisata Kawah Ijen tersebut, rombongan selain menikmati pemandangan menakjubkan blue fire juga melihat dari dekat aktivitas penambangan belerang secara tradisional.

”Uniknya, para penambang belerang itu hanya mengandalkan kemampuan fisik untuk membawa bongkahan belerang dari puncak gunung, kemudian hasil tambang itu dipikul menuruni bukit menuju tempat pengepul belerang,” tutur Ira, mahasiswi D3 Prodi UPW Akpar Majapahit dari Makassar, Sulawesi Selatan, tersebut.

Setelah puas menikmati keindahan Kawah Ijen dan berfoto selfie bersama, rombongan turun untuk melanjutkan perjalanan menuju pemandian air panas di lereng Gunung Raung Kabupaten Banyuwangi. Puas mandi air panas dan menikmati sarapan antara pukul 08.00-10.00, rombongan kembali ke Ijen View Resort Hotel untuk persiapan check out.

Rombongan baru check out hotel sekitar pukul 13.00 untuk kembali ke Surabaya pada Minggu (02/10/2016) siang. Rombongan wisatawan ini baru sampai di Bandara Juanda sekitar pukul 20.00. God bye and see you tomorrow…!

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031)8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

1 comment:

Entri Populer