Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Brownies Kukus Cocok Untuk Peluang Usaha






Meski terbilang sudah lama populer, nama Brownies Kukus hingga kini masih naik daun di dunia pastry. Seperti yang didemokan oleh Chef Jeffry Leonardo dari PT. Federal Food Internusa (produk Cokelat Elmer) dalam kesempatan khusus sebagai ‘Guest Lecture’ di kampus Akademi Pariwisata Majapahit. Tak sedikit mahasiswa/i dari kelas Patiseri penasaran bagaimana resep membuat Brownies Kukus yang layak jual sehingga bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Penasaran...?






Seiring perkembangan brownies tidak hanya enak dipanggang tapi enak juga yang dikukus. Rasa brownies kukus lebih lembut dan empuk dibanding brownies panggang yang bertekstur. Varian toppingnya juga bermacam-macam. Pernah terbayang bagaimana membuat brownies kukus yang enak? Sebenarnya cukup mudah membuat brownies. Ketahuilah yang membuat spesial brownies kukus ini adalah kaya akan citarasa cokelatnya.




Tampilan kue yang dominan berwarna dan rasa cokelat dipadu dengan beberapa rasa, seperti pisang, anggur, green tea, strawberry, dll membuat tampilan kue brownies kukus makin berkesan. Pastinya ini akan berpengaruh terhadap nilai jual brownies kukus yang masih terbilang mahal di pasaran. Teksturnya yang lembut saat dimakan, bisa menjadikan kue kukus nan manis ini sebagai salah satu kue favorit yang banyak penikmatnya.




Dalam baking demo kali ini, Chef Jeffry Leonardo. memberikan penjelasan mengenai berbagai bahan dan teknik yang digunakan untuk membuat brownies kukus yang bisa berpeluang untuk usaha. Setelah penjelasan, dilanjutkan dengan mengajak mahasiswa membuat adonan brownies sambil dipandu proses pembuatannya, dengan demikian mahasiswa akan mudah mengerti teknik yang diajarkan.




“Dalam 1 resep ini kita bisa membuat 4 loyang brownies kukus dengan ukuran loyang 30 x 10 cm. Nah, jika dihitung-hitung harga per setiap loyang brownies kukus ini seharga 13 ribu rupiah. Bisa dibayangkan kita bisa menjualnya dengan harga diatas itu” ungkap Chef Jeffry Leonardo sambil berbagi tips.




Untuk memberikan citarasa baru, Chef Jeffry Leonardo juga mengenalkan beberapa produk cokelat Elmer yang begitu fleksibel jika dipadukan dengan aneka cake. Sebut saja, Elmer Rhpasody Tropical Compound, ada banana, strawberry, green tea, grape, dll. lalu Elmer Classic Dark Compound dan Elmer African Red 20% - 24% Cocoa Powder yang digunakan dalam pembuatan brownies kukus
Anda tertarik membuat brownies kukus? Ada banyak program-program dari kelas patiseri menarik yang bisa diikuti melalui kegiatan ‘Guest Lecture’ seperti ini dengan tema-tema yang berbeda. *Upi



Kampus Akademi Pariwisata Majapahit

Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto

E-mail: akparmajapahit@gmail.com


Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya

Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109

Hp. 081233752227, 081234506326

Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8

Fax. (031) 8432050

www.majapahit.org / www.matoa.info

1 comment:

Entri Populer