Giliran 29 Mahasiswa Crash Program D3 Akpar Majapahit Praktik Meracik Minuman Sesuai ”Costing Beverage”
GILIRAN 29 mahasiswa
Crash Program D3 Akpar Majapahit, yang
mengambil mata kuliah Costing Beverage praktik
membuat minuman non alkohol maupun beralkohol di mini bar kampus lantai 4
Gedung Graha Tristar selama dua pekan, sejak Senin (09/05/2016) hingga Kamis
(19/05/2016).
Praktik
meracik minuman yang mengacu pada aspek Costing
Beverage tersebut diajarkan oleh Agus J. Mulyana, dosen luar biasa Food & Beverage (F&B) Product
(termasuk Bartending) Akpar Majapahit.
Mahasiswa
yang praktik membuat minuman itu dibagi lima kelompok. Setiap kelompok terdiri
dari 5-6 mahasiswa, setiap kelompok diminta membuat dua jenis minuman sesuai standard recipe seperti yang biasa
diaplikasikan di hotel berbintang. Kreasi minuman hasil racikan mahasiswa itu
nantinya yang akan dinilai dosen.
Sebelum
mengikuti praktik tersebut, mahasiswa telah dibekali pengetahuan seputar
pembuatan minuman –non alkohol maupun alkohol—berdasarkan perhitungan penjualan
dan penentuan pasar (Costing Beverage)
melalui pendekatan Food Engineering
System.
Setiap
kelompok menyodorkan nama minuman yang akan dibuat berikut bahan-bahannya. Sebelum
praktik membuat minuman yang mengacu pada Costing
Beverage, mereka lebih dulu order bahan minuman di store (Toko 9), kemudian menghitung harga dasar minuman, harga jual
dan profit margin-nya.
Kelompok
1, misalnya, membuat dua resep minuman beralkohol, Perfect Bailys Cocktail dan White
Russian. Setelah menghitung harga bahan sesuai standard recipe, harga jual Perfect
Bailys Cocktail dipatok Rp 118 ribuan.
Tingginya
harga Perfect Bailys Cocktail itu
karena dipicu oleh mahalnya harga bahan baku terutama Smirnoff vodka dan bailys
original, sedangkan harga minuman kedua, White
Russian, hanya dibandrol Rp 96 ribuan dengan bahan baku utamanya kahlua.
Selanjutnya
kelompok 2, praktik meracik dua resep minuman Ramos Fizz dan Classic
Margarita. Setelah menghitung harga bahan-bahannya sesuai standard recipe, diperoleh harga jual Ramos Fizz Rp 150 ribuan dan Classic Margarita dipatok Rp 32 ribuan.
Tingginya harga Ramos Fizz karena didorong
oleh mahalnya harga bahan baku terutama gin, sedangkan Classic Margarita bahan utamanya tequila contreaw.
Sementara
itu, kelompok 3 menyodorkan dua resep minuman andalannya, yakni Absolute Heaven dan Camaro yang masing masing dibandrol Rp 160 ribuan dan Rp 120 ribuan
per gelasnya.
Berikutnya
adalah kelompok 4, anggotanya terdiri dari Wisnu Suma Wiguna, Mila Fitriana,
Sherly Monica, R. Meidiana Nurhasanah Kusuma (Dina), Widya Budi Lestari dan
Nadia Syazawati Salwa.
Mereka
meracik dua resep minuman unggulannya yakni Kiwi
Gin dan Blue Margarita. Setelah
bahan-bahannya dihitung sesuai standard
recipe, maka kelompok 4 memutuskan harga jual Kiwi Gin sekitar Rp 180 ribuan dan Blue Margarita dibandrol sekitar Rp 450 ribuan.
”Tingginya
harga jual kedua minuman beralkohol tersebut karena dipengaruhi oleh mahalnya
harga bahan baku seperti gin, buah kiwi, tequila,” kata Mila Fitriana kepada
kru www.culinarynews.info, di
mini bar kampus, Kamis (19/05/2016) siang.
Kepada
kru www.culinarynews.info, dosen
luar biasa Food & Beverage
(F&B) Product (termasuk Bartending) Akpar Majapahit Agus J.
Mulyana kembali menjelaskan, praktik meracik minuman yang dilakukan 29 mahasiswa
Crash Program D3 Akpar Majapahit ini untuk
mengaplikasikan pengetahuan seputar
pembuatan minuman berdasarkan standard
recipe serta perhitungan penjualan dan penentuan pasar (Costing Beverage) melalui Food Engineering System.
”Tujuan
dari praktik Costing Beverage ini
untuk mengetahui hasil penjualan minuman baik secara harian, mingguan maupun bulanan
dengan melalui standard recipe yang
sudah disiapkan formulirnya (fotokopian) oleh dosen,” terang praktisi yang sudah berpengalaman di Departemen
F&B Product sejumlah hotel berbintang
di Jawa Timur dan Bali.
Di
form standard recipe --yang dibagikan
kepada setiap mahasiswa-- ini ada kolom-kolom yang berisi tentang rincian bahan
pembuatan minuman, harga satuan bahan, metode pembuatannya, informasi gelas
yang dipakai, foto produk minuman setelah diracik, berikut rumusan perhitungan
harganya.
”Standard recipe ini merupakan resep baku
yang biasa diaplikasikan di sebuah hotel berbintang, head bartender atau bartender
yang bertanggung jawab atas operasional sebuah bar,” kata Agus yang juga
dikenal sebagai Konsultan Café & Resto ini kepada kru www.culinarynews.info di
sela mendampingi mahasiswa praktik membuat minuman yang mengacu pada aspek Costing Beverage di Mini Bar Kampus
Akpar Majapahit, kemarin siang.
Berdasarkan
data-data yang tersaji di formulir standard
recipe itu, masing-masing kelompok mahasiswa bisa menghitung berapa harga
dasar minuman, berapa harga jual dan bagaimana menghitung profit margin-nya atas minuman yang dijualnya tersebut. Rumus untuk
menghitung profit margin juga sudah
tercantum dengan jelas di form standard
recipe sehingga informasi itu sangat membantu mahasiswa dalam Costing Beverage.
Dengan
memahami Costing Baverage, seorang bartender bisa menyajikan minuman yang
memenuhi standard recipe, harganya
relatif terjangkau sehingga memuaskan tamu yang memesan minuman di bar
tersebut, sedangkan pihak pengelola bar juga mendapatkan profit margin atas minuman yang dijual kepada tamu.
Dengan
dasar itu, maka pekerjaan bartender adalah membuat minuman sesuai orderan tamu
dan harus sesuai dengan standar perusahaan serta memberikan kepuasan kepada
tamu semaksimal mungkin.
Pasalnya,
dalam Food Engineering System, yang
telah diaplikasikan di hotel-hotel berbintang terutama hotel bintang lima,
rekayasa menu mulai pembuatan, tampilan, volume (isi), desain sampai penjualan
itu merupakan sebuah keniscayaan dan sudah termasuk dalam Standard Operation Procedure (SOP).
”Nah dengan uraian ini, saya mengajak
mahasiswa yang saat ini belajar sekaligus praktik Costing Beverage melalui Food Engineering System semakin tahu
bagaimana kerja di industri pariwisata dan perhotelan terutama dalam
operasional sebuah bar,” terang Agus J. Mulyana.
Anda
tertarik belajar Costing Beverage
seperti yang diajarkan kepada mahasiswa Crash
Program D3 Akpar Majapahit dan ingin bergabung bersama civitas akademika
Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit, Jl Raya
Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, 085733691648, 082330853725,
PIN BB 28CCC1E0, sekarang juga. (ahn)
Đặt vé máy bay tại Aivivu, tham khảo
ReplyDeletesăn vé máy bay giá rẻ đi Mỹ
ve may bay my ve vietnam
vé máy bay từ canada về việt nam
bay từ nhật bản về việt nam
Chuyến bay từ Hàn Quốc về Việt Nam
Vé máy bay từ Đài Loan về Việt Nam
vé máy bay cho chuyên gia nước ngoài