Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Berbagi Inspirasi Kreasi Roti

Akademi Pariwisata Majapahit – Guest Lecture Berbagi Inspirasi Kreasi Roti



Untuk kesekian kalinya Akademi Pariwisata Majapahit menggelar baking demo menghadirkan ‘Guest Lecture’ dari PT. Federal Food Internusa dengan produk Cokelat Elmer. Bersama Chef Jeffry Leonardo yang dibantu dengan Chef Mulyana dan Chef Yustine, mereka berbagi ilmu bakery dan mendemokan 4 macam resep roti. Apa serunya dari acara baking demo ini ?


Acara baking demo yang digelar untuk mahasiswa kampus Akademi Pariwisata Majapahit ini sangat menarik diikuti dan disambut antusias oleh semua mahasiswa. Pasalnya, materi yang diajarkan sesuai dengan yang ada didalam perkuliahan.

“Tujuan diadakannya baking demo ini sendiri adalah untuk berbagi ilmu serta meningkatkan inovasi produk yang dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa Akpar Majapahit khususnya bagi jurusan patiseri sehingga mereka bisa mempertajam kemampuannya di bidang mengolah produk makanan” ungkap Chef Laurentia Vivi Wardhana, S.Pd selaku dosen pastry.

Bersama Chef Jeffry Leonardo dan team dari PT. Federal Food Internusa (Cokelat Elmer), mahasiswa diajak untuk berbagi ilmu bakery sambil melihat kepiawaian Chef Jeffry Leonardo dalam mendemokan 4 macam resep kreasi roti yang nantinya bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa.


Resep apa saja itu? Sesuai dengan materinya, baking demo kali ini mempraktikkan aneka produk bakery pembuatan roti manis yang bisa dikreasikan menjadi Choco Mexican Crust, Choco Cinnamon Roll with Cheese Sauce, Milky Garlic Cheese dan Banana Sweet. Pasti ini lebih menarik, karena dari satu adonan roti manis dipadukan dengan citarasa topping yang berbeda, ada manis dan gurih, seperti Mexican topping, Garlic topping dan Strussel topping.


Untuk memberikan citarasa baru, Chef Jeffry Leonardo juga mengenalkan beragam cokelat Elmer yang begitu fleksibel jika dipadukan dengan roti. Sebut saja, Elmer Classic Filling Paste yang digunakan dalam isian roti Choco Mexican Crust dan Banana Sweet, lalu Elmer Choco Chip Dark dan Bakerline Cream Fill Vla digunakan dalam pembuatan Choco Cinnamon Roll. Wah, ada juga cokelat compound yang bercitarasa pisang dan keju, lho. Penasaran, kan ?

“Banyak yang bilang membuat adonan roti itu ribet, karena musti diistirahatkan beberapa kali. Nah, di baking demo ini, kita mengajak bagaimana membuat adonan roti manis bisa dibuat menjadi beberapa macam bentuk dan rasa. Yang penting kita mau kreatif, pasti hasilnya bisa tercipta beragam kreasi roti manis. Dengan adanya produk cokelat elmer ini, dapat memberikan kemudahan dan pengalaman dalam memberikan citarasa cokelat yang berkelas” jelas Chef Jeffry Leonardo sambil mengenalkan beragam cokelat elmer.
Tanpa canggung Chef Jeffry Leonardo langsung memberikan penjelasan mengenai materi yang disampaikan. Baking demo kali ini tak hanya sekedar dijelaskan mengenai cara membuatnya saja melainkan para mahasiswa yang mengikuti acara baking demo juga diajak praktik langsung membuat produk aneka kreasi roti.

Setelah berbagai penjelasan selesai disampaikan, Chef Jeffry Leonardo segera mulai menjelaskan cara membuatnya. Langkah demi langkah pembuatan adonan roti manis dijelaskan oleh Chef Jeffry Leonardo secara berurutan, tak lupa berbagai tips sukses dalam pembuatan adonan roti yang berkualitas baik juga disampaikan.  


Di sela-sela proses baking demo ini, para mahasiswa juga bisa langsung mengajukan pertanyaan seputar materi roti dan cokelat. Chef Jeffry Leonardo pun segera memberikan jawaban dengan lengkap dan jelas dari pertanyaan mahasiswa.

“Yang pasti acara ini menarik sekali, beruntung kita bisa belajar dan menambah pengetahuan. Trus, hasil jadinya sangat enak lho.... pokoknya tidak sia-sia ikutan baking damo ini ” ungkap Arditya Bagus dan teman-temannya.
Tak lama kemudian, proses pembuatan Choco Mexican Crust, Choco Cinnamon Roll with Cheese Sauce, Milky Garlic Cheese dan Banana Sweet pun segera menunjukkan hasil jadinya. Tak lupa para mahasiswa juga bisa mencicipi hasil demo yang kala itu dibagikan oleh para mahasiswa juga.

Nah, apabila berminat untuk menjadi chef profesional maka tidak ada salahnya gabung dan rasakan kenyamanan belajar di kampus Akademi Pariwisata Majapahit. Ada banyak program-program dari kelas patiseri menarik yang bisa diikuti melalui kegiatan ‘Guest Lecture’ seperti ini dengan tema-tema yang berbeda. *Upi
 
Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail: akparmajapahit@gmail.com
Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

www.majapahit.org / www.matoa.info

1 comment:

Entri Populer