Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Wisata Kelenteng (Tuban & Semarang) - Akpar Majapahit Surabaya

Pesona Kelenteng Sam Poo Kong – Semarang (Part.2)


Ada hal menarik yang tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke Semarang adalah dengan mengunjungi Kelenteng Sam Poo yang namanya sudah tersohor. Klenteng Sam Poo Kong atau disebut sebagai Gedong Batu ini merupakan tempat ibadah dan sekaligus sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Klenteng ini terletak di sebelah Barat Daya Kota Semarang, tepatnya di Jl. Simongan No 129.
Pesona indahnya arsitektur dan ornamen di Kelenteng Sam Poo Kong semakin lengkap sejak dihadirkannya patung Cheng Ho terbesar di dunia, dengan tinggi 10,7 meter pada pertengahan tahun 2011 lalu. Klenteng Sam Poo Kong ini dibangun untuk mengenang dan menghormati Laksamana Cheng Ho/ Zheng He, seorang pelaut muslim yang hebat dari dinasti Ming, China.
Konon ceritanya dalam perjalanannya bahwa Laksamana Cheng Ho menemukan sebuah gua batu yang kemudian ia jadikan sebagai tempat sembahyang. Kelenteng Besar dan gua merupakan bangunan yang paling penting dan merupakan pusat seluruh kegiatan pemujaan. Gua yang memiliki mata air yang tak pernah kering ini dipercaya sebagai petilasan yang pernah ditinggali Sam Po Tay Djien (Zheng He). Di dalam gua batu ini diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien sebagai tempat pemujaan dan tempat untuk bersembahyang.
Klenteng ini buka sejak pagi sekitar pukul 8.00 hingga sore hari, bagi yang hanya ingin berfoto-foto atau berkeliling di halaman area klenteng, tidak akan dikenakan biaya apa pun, kecuali biaya parkir kendaraan. Untuk mereka yang ingin melakukan sembahyang di dalam klenteng harus membayar karcis yang harganya sekitar dua puluh ribuan.


Nah, jika anda jalan-jalan ke Tuban dan Semarang, jangan lewatkan kunjungan ke Kelenteng Kwan Sing Bio dan Sam Poo Kong ini. Selain kisahnya yang menarik untuk disimak, arsitekturnya dan interior-eksteriornya juga akan menyita perhatian anda. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit

Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya 
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2A6A1F4E
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info


1 comment:

Entri Populer