Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

PIE & TARLET


Tentang Pie & Tartlet, Satu Adonan Beda Bentuk

Cheese Pie Mixberry
Konon kue ini ditemukan sejak jaman Romawi. Catatan resep pembuatan kue pie pertama kali ditulis dan didokumentasikan oleh seorang tokoh Romawi Marcus Gavius Apicus. Tidak terlacak apakah Marcus ini adalah seorang juru masak hebat, politisi atau filusuf di era Romawi. Yang pasti resep pertamanya memuat berbagai jenis pie yang ditulis dengan rinci dan dikaitkan dengan tradisi pie tertentu untuk disajikan pada seremoni hari-hari besar.
Seiring dengan perkembangan dunia kuliner, lambat laun kulit pie diciptakan sedemikian. Berkat keunikan citarasanya, pie pun akhirnya menyebar ke suluruh penjuru Eropa termasuk Inggris. Awalnya, pie dibuat dalam ukuran besar yang disajikan sebagai hidangan utama dengan isian daging, dan kini isian pie pun menjadi beragam dengan rasa gurih atau manis. Begitu juga dengan tartlet, bahan kulitnya dibuat dari adonan yang sama seperti pie namun bentuk ukurannya lebih kecil alias mini-mini.

Yuk, ketahui cara membuat kulit pie atau tartlet sendiri ? Pie atau Tartlet termasuk jenis pastry yang cara membuatnya cukup mudah, bahkan jauh lebih praktis bila Anda paham akan resepnya terlebih dahulu.


Resep Kulit Pie / Tartlet

Bahan:
200 gram Tepung terigu protein sedang
50 gram Gula halus
1/2 sendok teh Garam
70 gram Mentega
1 butir Telur ayam

Cara Membuat:
Campur tepung terigu, gula , garam, mentega/margarin, dan telur, aduk hingga tercampur rata. Simpan dalam lemari es 15 menit.
Giling adonan setebal 1/2 cm, lalu cetak dalam cetakan pai (sesuai selera) yang telah dioles margarin.
Tusuk-tusuk dengan garpu, lalu panggang dalam oven dengan api bawah suhu 170 C selama 20 menit hingga matang, angkat.

Intip Petunjuk Praktis Membuat Kulit Pie atau Tartlet:

Untuk membuat kulit pie atau tartlet yang enak, salah satunya pilihan bahannya harus tepat. Nah sebelum membuatnya, apa saja yang musti diperhatikan:
Baca dan pelajari resep secara cermat sebelum mulai membuatnya.
Siapkan semua peralatan yang digunakan seperti timbangan, cetakan pie atau tartlet, oven, dll, sesuai petunjuk resep. Untuk cetakan harus dioles dengan margarin terlebih dahulu.

Timbanglah bahan dengan tepat dan pastikan setiap bahan yang dibutuhkan dalam resep terukur sesuai resep.

Siapkan oven, lalu panaskan minimal 15 menit sebelum adonan dipanggang.

Jika mengaduk adonan dengan tangan, jangan terlalu lama agar adonan tidak matang karena terkena suhu panas badan. Untuk memudahkan saat pengadukan gunakan sendok kayu atau dua buah pisau. Kini untuk praktisnya bisa menggunakan pisau khusus yaitu pastry cutter.

Jika adonan sudah merata dan licin, diamkan beberapa saat dalam suhu dingin agar semua bahan menyatu dan mudah dipipihkan (simpan dalam lemari es selama 15 menit).

Pipihkan adonan dengan rolling pin (gilingan kayu) dengan ketebalan sesuai resep atau sesuai selera. Setelah itu letakkan diloyang / cetakan sambil ditekan-tekan hingga agak padat.

Kulit pie atau tartlet yang sedang dipanggang dalam oven seringkali menggelembung permukaannya. Untuk mencegahnya, sebelum dipanggang tusuk-tusuk permukaan kulit pai dengan garpu, lalu lapisi dengan kertas roti dan beri pemberat seperti kacang-kacangan atau beras. *Upi

Fruit Tartlet


Kulit Tartlet
Cetakan Pie & Tartlet

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2A6A1F4E
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info


Entri Populer