Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Demi Raih Gelar Ahli Madya Pariwisata dari Akpar Majapahit

12 Mahasiswa D3 Perhotelan & UPW Akpar Majapahit Maju Sidang Pra Skripsi Gelombang IX di Gedung Graha Tristar



SETELAH melakoni waktu selama lima bulanan, sejak digelarnya sidang pra skripsi gelombang I (Rabu, 24/05/2017) hingga sidang pra skripsi terakhir Gelombang IX (Sabtu, 30/09/2017) berjalan lancar dan sukses. Sidang pra skripsi gelombang terakhir itu dihelat di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 SurabayaSidang pra skripsi tersebut diikuti 12 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit.

Sidang ujian pra skripsi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa, baik Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) maupun Prodi Perhotelan, sebelum meraih gelar akademik Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari Akpar Majapahit. Informasi dari pihak Akademik, wisuda mahasiswa D3 Prodi UPW dan D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit akan dihelat pada awal November 2017 yang akan datang.

Di ruang sidang 1, lima mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dan Prodi UPW Akpar Majapahit yakni Dwita Puspa Pertiwi, Monica Berliana Sulindra, Sumono, Kelsen dan Edo Kurniawan Argadinata dijadwalkan maju sidang pra skripsi Gelombang IX. Dalam sidang pra skripsi kali ini mereka diuji oleh Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Yanuar Kadaryanto SSt.Par., MM.

Mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit yang mendapat giliran pertama untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya adalah Dwita Puspa Pertiwi. Dwita, sapaan akrabnya, memaparkan laporan pra skripsinya yang berjudul Model Pengelolaan daya Tarik Wisata Berbasis Edukasi di Desa Wisata Brayut Kab. Sleman Daerah Istimewa Jogjakarta di hadapan dua orang dosen penguji. Sementara itu, dalam menyusun laporan pra skripsinya, mahasiswi berhijab kelahiran Surabaya 1996 lalu itu dibimbing oleh Dewi Mariyanah M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par.

Usai Dwita, giliran Monica Berliana Sulindra yang maju sidang dengan mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Potensi Wisata Mangrove di Pantai Timur Surabaya, di depan dosen penguji. Untuk menyusun laporan pra skripsinya, mahasiswi kelahiran Surabaya 1994 silam itu dibimbing Otje Herman Wibowo SE, M.Par dan Imania Ayu Wulandari ST.Par. Sehari-hari Monica bekerja di Divisi Marketing Akpar Majapahit.

Selanjutnya Sumono, tampil untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Kontribusi Wisata Religi Kompleks Pemakaman Sunan Ampel terhadap Pemberdayaan Masyarakat di sekitar Makam Sunan Ampel Surabaya di hadapan dosen penguji. Untuk menyusun laporannya, Sumono dibimbing Dewi Mariyanah M.Par dan Santa Elizabeth S.Pd. Seperti halnya Monica, Sumono juga sudah bekerja di Divisi Multi Media Tristar Group Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya.

Setelah Sumono, giliran Kelsen, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang dipanggil masuk ruang sidang 1. Kelsen mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Upaya Menjaga Higiene dan Sanitasi dapur Imari Restaurant di Hotel JW Marriott Surabaya di hadapan dosen penguji. Dalam menyusun laporannya, Kelsen dibimbing Ari Purwantoro SSt.Par dan Laurentia Vivi S.Pd.

Dan terakhir yang diundang pihak Panitia untuk presentasi adalah Edo Kurniawan Argadinata. Edo, sapaan akrabnya, diminta mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Penerapan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) pada Mutu Produksi Makanan di hadapan dosen penguji. Selama menyusun laporan pra skripsinya, mahasiswa kelahiran Lumajang 1994 silam itu dibimbing R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Drs Effendi M.Pd.

Sementara itu, Agoes Sudharsono, M.Par dan Drs Effendi M.Pd dipercaya menjadi dosen penguji pada sidang pra skripsi Gelombang IX di ruang sidang 2.  Empat mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit yang maju sidang pra skripsi adalah Marcelino Arista S.C., Ananta Wildan Permana Putra, Marco Guolliano dan Afan Fahrul Fauzi.

Marcelino Arista S.C., mengawali presentasi laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Ketersediaan Peralatan Housekeeping terhadap Mutu Kebersihan Kamar di Hotel JW Marriott Surabaya di hadapan dosen penguji. Selama menyusun laporan pra skripsinya tersebut, mahasiswa kelahiran Balikpapan 1996 lalu itu dibimbing R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Imania Ayu Wulandari ST.Par.

Selanjutnya yang dipanggil maju sidang pra skripsi Gelombang IX adalah Ananta Wildan Permana Putra. Ananta, sapaan akrabnya, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Penerapan Higiene & Sanitasi pada Pengolahan di Dapur Cold Kitchen Java Paragon Hotel & Residence Surabaya di hadapan tim penguji. Selama membuat laporan praskirpsinya itu, mahasiswa kelahiran Surabaya 1994 slam itu dibimbing R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Peter ST.

Setelah Ananta, giliran yang maju sidang pra skripsi di ruang sidang 2 adalah Marco Guolliano. Marco, demikian ia biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Penerapan Standar Sanitasi Penyimpanan Bahan Makanan terhadap Kualitas Produk Makanan di Dapur Hotel Premier Inn Surabaya Juanda di hadapan tim penguji. Mahasiswa kelahiran Surabaya 1996 lalu itu ketika menyusun laporan pra skripsinya dibimbing Hardhita Kusdharyanto M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par.

Terakhir yang maju sidang pra skripsi di ruang sidang 2 adalah Afan Fahrul Fauzi. Mahasiswa kelahiran Banyuwangi 1996 lalu itu mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudulPemilihan Bahan Berkualitas untuk Menghasilkan Makanan yang Bermutu di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya di hadapan dosen penguji. Selama menyusun laporan pra skripsinya, Afan Fahrul Fauzi dibimbing Hardhita Kusdharyanto M.,Par dan Peter ST.

Sementara itu, di ruang sidang 3, Lantai 4 Gedung Graha Tristar, telah hadir dua dosen penguji yakni Hardhita Kusdharyanto M.Par dan Ari Purwantoro SSt.Par., MM.Kedua dosen ini dipercaya pihak Akademik untuk menguji laporan pra skripsi tiga mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar majapahit, yakni Florativany, Indra Gunawan dan Erwin Eko Setiawan.

Giliran pertama yang dipanggil maju sidang pra skripsi di ruang sidang 3 adalah Florativany. Flora, sapaan akrabnya, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Faktor yang Mempengaruhi Operasional banquet di Hotel Bumi Surabaya City Resort di hadapan tim penguji. Sementara itu dalam menyusun laporan pra skripsinya itu, mahasiswi kelahiran Bangka Belitung 1997 lalu tersebut dibimbing Maftucha Dipl Hot., SE, M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par.

Selanjutnya yang maju sidang adalah Indra Gunawan. Mahasiswa kelahiran Palembang 1994 silam ini mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudulHubungan Mutu Bahan Baku Makanan terhadap Kualitas Makanan di Hotel Shangri-La Surabaya di hadapan tim penguji. Selama menyusun laporan pra skripsinya, mahasiswa berkaca mata ini dibimbing Otje Herman Wibowo SE, M.Par dan Dewi Mariyanah M.Par.

Dan terakhir yang dipanggil maju ke ruang sidang adalah Erwin Eko Setiawan. Erwin, demikian ia biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudulStandar Pemilihan Bahan yang Mempengaruhi Standar Mutu Masakan di Hotel Santika Jemursari Surabaya di hadapan dosen penguji. Sementara itu dalam menyusun laporan pra skripsinya, mahasiswa kelahiran Lampung 1995 silam tersebut dibimbing oleh Renny Savitri M.Par dan Imania Ayu Wulandari ST.Par.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi MarketingAkpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer