Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Semester III Praktik Basic Pastry

15 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III Praktik Buat Aneka Roti di Dapur Pastry Dibimbing oleh Dosen Pastry, Otje H. Wibowo, SE., M.Par
PADA hari Selasa (21/02/2017) siang, 15 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III, mengikuti praktik membuat aneka roti yang dibimbing langsung oleh Otje H. Wibowo, SE., M.Par., Dosen mata kuliah Basic Pastry di Dapur Pastry 1, Lantai 2, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


15 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan itu dibagi dalam tiga kelompok, masing-masing beranggotakan lima orang. Kelompok 1 adalah Valentina Febrica, Levin Sugianto, Rochim, Klara Regita Kinanti dan Glenn Chaniago.

Sedangkan Kelompok 2 anggotanya adalah M. Ali Monas, Rizky Alfianto, R. Nadhif Febrian Yudhistira, Nur Sakinah Septiani dan Dinda Debby Natalia. Sementara itu anggota Kelompok 3 terdiri dari Chorina Olga Della, Angela Merici Intan, Fikri Haekal,  Kokoh Fitri Hariyanto dan Muhammad Sulthon.

Mahasiswa kelas reguler ini mendapatkan tambahan pengetahuan tentang basic pastry dari chef Otje, sapaan akrab Otje H. Wibowo, Dosen Basic Pastry Akpar Majapahit selama delapan kali tatap muka, terhitung mulai Senin (20/02/2017) hingga Rabu (01/03/2017) di Dapur Pastry 2 Kampus Akpar Majapahit.

Menurut chef Otje, selama pertemuan sebanyak delapan kali itu, mahasiswa akan diajarkan membuat 24 resep pastry (aneka jenis roti). Ini berarti setiap kali pertemuan, mahasiswa praktik membuat tiga jenis roti per harinya. Praktik di Dapur Pastry 1 dilaksanakan mulai pukul 13.00-17.00 WIB.

Pada pertemuan hari pertama, Senin (20/02/2017) lalu, mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Semester III belajar membuat Baquette, French Roll dan Dinner Roll. Dari masing-masing resep pastry itu dilengkapi dengan resep membuat Butter Dish.

Sementara itu, pada tatap muka hari kedua, Selasa (21/02/2017) kemarin, mahasiswa D3 Perhotelan Semester III diajarkan membuat Sapporo Bun (dikerjakan Kelompok 1), Banana Chocolate Roll (di-handle Kelompok 2) dan Mini Pizza (ditangani Kelompok 3).

Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat roti sesuai job desk-nya masing-masing. Setiap kelompok berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan.

Selain dituntut paham dengan nama-nama bahan pembuatan roti (sesuai resep), mahasiswa juga mau tak mau, suka tidak suka, harus tahu nama-nama alat dan perlengkapan yang tersedia di dapur pastry termasuk bagaimana mengoperasikan mixer, proven dan oven listrik.

Tak pelak lagi, kegaduhan mahasiswa regular praktik di dapur pastry kemarin juga mengundang perhatian assistant chef Ita dan Fitri yang sehari-hari bertugas di Dapur Pastry 1 bersama chef Otje. 

Kedua pengajar yang tampil cantik dengan hijab di kepala tersebut dengan sabar dan telaten berbagi ilmu dengan mahasiswa, seperti bagaimana cara me-roll hasil adonan, mengolesi loyang dengan white butter agar roti yang dioven nanti tampilannya cantik, membuat topping agar tampilan roti menjadi menarik, sesuai Standard Operation Procedure (SOP).

Aksi ciamik mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Semester III praktik membuat roti juga di-atention oleh Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par dan Dosen Front Office D3 Perhotelan Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par. Keduanya juga diminta mencicipi roti hasil kreasi anak didiknya tersebut.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer