Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Masak Indian Cuisine

Berbagi Ilmu dengan Chef Nadya Ratri SPd., MKes
Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Praktik Masak Indian Spice Rice, Kidney Bean Curry dan Chicken Tandoori
PADA pertemuan hari ketiga, Rabu (18/01/2017), 12 mahasiswa Culinary Class dibekali teori dan praktik membuat masakan India (Indian Cuisine) oleh chef Nadya Ratri SPd, MKes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Materi pada pertemuan hari ketiga tersebut, mahasiswa praktik membuat tiga resep masakan India (Indian Cuisine) yakni Indian Spice Rice, Kidney Bean Curry dan Chicken Tandoori. Sekadar informasi, India dikenal dengan masakannya yang kaya akan berbagai bumbu dan rempah-rempah.  

Masakan dari negara ini terkenal karena rasanya yang pedas dan memiliki kuah dengan rasa yang sangat kuat.  Jangan salah, beberapa kuliner dari India bahkan juga termasuk sebagai salah satu makanan paling lezat yang pernah ada di dunia ini. 

Selain di Eropa dan Amerika Utara, masakan India juga populer di Asia Tenggara, yang merupakan wilayah pengaruh India. Masakan India sudah sejak lama memengaruhi masakan Malaysia dan sangat populer di Singapura. Masakan negara-negara tetangga India yang terpengaruh gaya masakan India adalah masakan Vietnam, masakan Indonesia dan masakan Thailand. 

Penyebaran makanan vegetarian di Asia juga disebabkan oleh agama Buddha India. Masakan India juga sangat populer di dunia Arab karena rasanya mirip dan sejak lama berpengaruh terhadap masakan Arab.

Chicken Tandoori juga dikenal sebagai Tandoori Murgh. Ayam Tandoori adalah satu lagi makanan India terkenal yang telah diakui kelezatannya di seluruh dunia. Hidangan ini pada dasarnya adalah kombinasi antara bumbu masala dengan ayam, yogurt, dan hanya beberapa rempah-rempah.

Ayam Tandoori adalah salah satu hidangan India yang paling mudah untuk dimasak, sehingga makanan ini menjadi sangat populer di kalangan ibu rumah tangga. Biasanya, Ayam Tandoori disajikan dalam potongan besar.  Beberapa daerah di India Utara menyantap ayam ini bersama dengan roti, sedangkan di daerah selatan ayam ini disajikan dengan nasi.

Resep kedua adalah Indian Spice Rice. Tampilannya seperti nasi kuning di Indonesia. Nasi khas India ini merupakan salah satu menu kuliner India yang kaya rempah-rempah. Nasi tersebut dimasak dengan rempah-rempah seperti lada, merica dan kunyit, serta diberi kuah khusus Biryani yang kaya rasa.

Selain itu, biasanya Biryani juga dimasak bersama dengan daging ayam, kambing, atau menu vegetarian.  Cita rasa daging yang empuk berpadu dengan kehangatan nasi yang dimasak dengan rempah-rempah yang wangi, menimbulkan sensasi yang sangat luar biasa.

Resep masakan ketiga yang dipraktikkan oleh mahasiswa di Dapur Culinary 2 adalah Kidney Bean Curry.  Kacang merah yang diolah bersama rajangan kecil-kecil buah paprika dan aneka bumbu rempah-rempah. Kidney Bean Curry ini ketika disajikan mirip opor, kuahnya kental dengan warna kuah kuning kemerah-merahan.

Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 12 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam empat kelompok, masing-masing beranggotakan tiga orang. Kelompok 1 anggotanya adalah Bagas Septiando Azhari, Desy Rizky Utami dan Yudhi Pratama Susilo. Kelompok 2 terdiri dari Aisyah Nadia Ambarsari, Ayu Yuni Soleha dan Giovanni Sandhika Pratama.

Sementara itu, Kelompok 3 beranggotakan Yudha Pratama Susilo, Abdul Aziz Romadhoni dan Yuli Purwaningsih, sedangkan Kelompok 4 anggotanya terdiri dari Siti Saodah, Antonius Wianditya Ivan Pradipta dan Adhi Fauzan Rafi.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer