Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Masak Japanese Food

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Praktik Buat Sushi, Miso Soup dan Tempura

PADA tatap muka hari kedua, Selasa (17/01/2017), 12 mahasiswa Culinary Class dibekali teori dan praktik membuat masakan Jepang (Japanese Food) oleh chef Nadya Ratri SPd, MKes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya

Materi pada pertemuan hari kedua tersebut, mahasiswa praktik membuat tiga resep masakan Jepang (Japanese Food) yakni sushi, miso soup dan tempura. Sekadar informasi, sushi adalah makanan khas Jepang yang sudah populer di seluruh dunia. Di luar Jepang, sushi berkembang secara unik, di mana menunjukkan budaya makanan di Negara tersebut, seperti sushi dengan apukat, keju, udang goreng dan lain-lain di dalamnya.

Dalam praktik kemarin, mahasiswa diajarkan membuat sushi gulung yang terbuat dari nasi cuka yang diletakkan di atas rumput laut (norimaki), lalu di atasnya diberi labu kering serut atau timun lalu digulung menggunakan makisu (alat penggulung sushi dari bambu). Ada beraneka macam norimaki berdasarkan ketebalannya seperti hosomaki (tipis), chumaki (sedang) dan futomaki (tebal).

Selain membuat sushi, mahasiswa juga diajarkan membuat miso soup. Miso soup adalah masakan Jepang berupa sup dengan bahan dasar dashi ditambah isi sup berupa sedikit sari laut (udang), jamur, tahu tofu dan sayuran dengan diberi miso sebagai perasa. Miso soup dinikmati dengan mengangkat mangkok sup dan meminum kuahnya, sedangkan isi sup dimakan menggunakan sumpit.
 
Miso soup merupakan masakan sangat sederhana yang sangat mudah disiapkan dalam waktu singkat, bahan-bahannya pun hanya berupa kaldu dari katsuobushi, sedikit isi sup, dan miso. Walaupun miso soup adalah masakan paling sederhana, rasa yang dihasilkan bisa berbeda-beda tergantung pada jenis miso yang digunakan untuk sup, cara mengambil kaldu dari katsuobushi dan ketrampilan orang yang membuatnya.
Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 12 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam empat kelompok, masing-masing beranggotakan tiga orang. Kelompok 1 anggotanya adalah Bagas Septiando Azhari, Desy Rizky Utami dan Yudhi Pratama Susilo. Kelompok 2 terdiri dari Aisyah Nadia Ambarsari, Ayu Yuni Soleha dan Giovanni Sandhika Pratama.

Sementara itu, Kelompok 3 beranggotakan Yudha Pratama Susilo, Abdul Aziz Romadhoni dan Yuli Purwaningsih, sedangkan Kelompok 4 anggotanya terdiri dari Siti Saodah, Antonius Wianditya Ivan Pradipta dan Adhi Fauzan Rafi.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer