Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Sembilan Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Ujian Pra Skripsi Gelombang IX

Demi Raih Gelar Ahli Madya Pariwisata dari Akpar Majapahit

PADA awal Oktober 2016, ujian pra skripsi gelombang IX kembali diselenggarakan pada Rabu (05/10/2016). Sebanyak sembilan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit mengikuti ujian pra skripsi gelombang IX di lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Ujian pra skripsi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa, baik Prodi UPW maupun Prodi Perhotelan, sebelum meraih gelar akademik Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari Akpar Majapahit.

Sembilan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit itu adalah Ni Komang Dewi Dharmayanti, Danang Dwi Perdana, Aprilia Dwi Wulandari, Wivan Junior, Leni Setiawan, Haryo Suryo Hutomo, Ayu Nur Wachidah, Farah Rizqa Rifni dan Jenny Wong.

Sesuai perencanaan pihak Akademik, tiga mahasiswa yakni Ni Komang Dewi Dharmayanti, Danang Dwi Perdana dan Aprilia Ayu Wulandhari diuji oleh Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Yanuar Kadaryanto SE, MM di ruang sidang satu.

Sedangkan ujian pra skripsi di ruang sidang dua, tiga mahasiswa lainnya yakni Wifan Junior, Farah Rizqa Rifni dan Jenny Wong diuji oleh Effendi M.Pd dan Ari Purwanto SSt.Par, MM.

Sementara itu di ruang sidang ketiga, R. Paulus Soetrisno M.Par dan Otje Herman Wibowo SDE, M.Par menguji tiga mahasiswa yang lain yakni Lani Setiawan, Haryo Suryo Hutomo dan Ayu Nur Wachidah.

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit yang mendapat giliran pertama untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya adalah Ni Komang Dewi Dharmayanti. Komang, sapaan akrabnya, memaparkan laporan pra skripsinya yang berjudul Pentingnya Pembagian Tugas di Dapur untuk Kelancaran Proses Operasional di Imari Restaurant Hotel JW Marriott Surabaya di hadapan dua orang dosen penguji, Hedy Wahidin Saleh dan Yanuar Kadaryanto.

Sebelum maju ujian, gadis kelahiran Surabaya itu mendapatkan support langsung dari Agus Sudharsono M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par, dosen pembimbing, serta beberapa rekan sejawat dari Prodi Perhotelan yang menunggu giliran maju ujian pra skripsi gelombang IX.

Selain itu, dosen D3 Perhotelan Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par juga menyempatkan diri memberikan arahan dan pembekalan kepada mahasiswa sebelum maju ujian, bagaimana mempresentasikan laporan pra skripsi yang baik, etika dalam menjawab pertanyaan dosen penguji dan tetap tersenyum sekalipun penulisannya itu dikritisi dosen penguji.

Setelah Ni Komang Dewi Dharmayanti, giliran Danang Dwi Perdana yang dipanggil panitia untuk memasuki ruang sidang ujian pra skripsi di lantai IV Gedung Graha Tristar Surabaya. Danang, demikian ia biasa disapa, pada sidang kemarin siang mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul  Upaya Penerapan Higiene dan Sanitasi Peralatan di Hot Kitchen Hotel Luminor Surabaya.

Dalam penyusunan laporan pra skripsinya tersebut, Danang dibimbing oleh Agus Sudharsono dan Bambang Sutrisno. Mahasiswa kelahiran Pasuruan itu mengaku lega setelah mempresentasikan laporan pra skripsinya di hadapan penguji. ”Rasa capai saya  menyusun laporan pra skripsi ini  terbayar lunas usai ujian ini, meski tulisan saya harus direvisi demi sempurnanya penulisan laporan pra skripsi tersebut,” ujar mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Kaliwaron tersebut.

Selanjutnya yang mendapat giliran maju ke ruang sidang adalah Aprilia Dwi Wulandari. Aprilia, demikian mahasiswi berhijab ini biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Sistem Penerapan Personal Higiene pada Kitchen Department di Hotel Premier Inn Juanda di hadapan dosen penguji.

Untuk menyusun laporan tersebut, mahasiswi kelahiran Surabaya ini dibimbing oleh Hardhita Kusdharyanto M.Par dan Trully Nugroho S.Pd. ”Demi menyelesaikan laporan pra skripsi itu, saya butuh waktu satu bulan lebih sejak pengajuan judul proposal sampai disetujui oleh dosen pembimbing, sebelum maju ujian 05 Oktober 2016,” terang Aprilia sebelum maju ujian kepada kru www.culinarynews.info.

Sementara itu, di ruang sidang lain, Wivan Junior, yang akrab disapa Wivan, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Penerapan Higiene dan Sanitasi pada Kitchen Coffee Top Café & Resto Blitar.

Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Kaliwaron  ini mempresentasikan laporan pra skripsinya dengan cukup baik di hadapan di hadapan dua dosen penguji, Effendi M.Pd dan Ari Purwanto SSt.Par, MM. Dalam menyusun laporan pra skripsinya tersebut, mahasiswa kelahiran Surabaya ini dibimbing Agus Sudharsono dan Trully Nugroho.

Selanjutnya giliran Farah Rizqa Rifni, yang dipanggil masuk ruang sidang guna mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul  Penyimpanan Bahan Baku Produk Pastry terhadap Penentuan Standar Mutu Menurut Hotel Singhasari Resort Batu di hadapan dua dosen penguji.

Selama menyusun laporan pra skripsinya itu, mahasiswi D3 Prodi Perhotelan kelahiran Jakarta ini dibimbing Renny Savitri M.Par dan Kristian Faskahariyanto SE. ”Dalam kesempatan itu, saya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak manajemen Hotel Singhasari Resort Batu yang memfasilitasi kegiatan observasi yang saya lakukan di dapur pastry demi memperlancar penyusunan laporan pra skripsi ini,” kata Farah, sapaan akrabnya.

Mahasiswa berikutnya yang maju ujian gelombang IX  adalah Jenny Wong. Jenny, demikian ia biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Strategi Penyimpanan Bahan Baku Pastry terhadap Terciptanya Standar Mutu Produk di Hotel Java Paragon Surabaya di hadapan dosen penguji, Effendi dan Ari Purwanto.

Gadis kelahiran Nunukan, Kalimantan Timur itu mengaku siap 100 persen menghadapi ujian pra skripsi gelombang IX, setelah dirinya mendapatkan pembekalan dari dosen pembimbing sebelum ujian, Otje Herman Wibowo SE, M.Par dan Dewi Mariyanah M.Par.

Di ruang sidang ketiga, R. Paulus Soetrisno M.Par dan Otje Herman Wibowo SE, M.Par menguji Lani Setiawan, mahasiswi D3 Perhotelan Akpar Majapahit Kaliwaron. Dalam kesempatan itu, Lani mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Standar Personal Higiene dan Sanitasi bagi Karyawan Dapur di Hotel JW Marriott Surabaya.

Selama menyusun laporan pra skripsinya itu, mahasiswi kelahiran Surabaya tersebut dibimbing langsung oleh Hardhita Kusdharyanto M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par. Atas dorongan kedua dosen pembimbingnya tersebut, Lani Setiawan akhirnya bisa maju sidang pra skripsi, Rabu (05/10/2016) siang.

Setelah Lani Setiawan, giliran Haryo Suryo Hutomo dipanggil panitia ujian untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Filleto sebagai Salah Satu Makanan di Mall Ciputra World di hadapan dua dosen penguji. Selama menyusun laporan pra skripsinya tersebut, mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Kaliwaron yang biasa disapa Haryo ini dibimbing oleh Agus Sudharsono dan Trully Nugroho.

Mahasiswa terakhir yang dipanggil panitia ujian pra skripsi adalah Ayu Nur Wachidah. Mahasiswi berjilbab yang akrab disapa Ayu ini mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Pemilihan Bahan Baku Pastry dalam Upaya Mempertahankan Standar Kualitas di Hotel JW Marriott Surabaya di hadapan dua dosen pengujinya.

Dalam kesempatan itu, Mahasiswi D3 Perhotelan Akpar Majapahit Kaliwaron kelahiran Sidoarjo ini mengucapkan terima kasih atas support dua dosen pembimbing, Hardhita  Kusdharyanto dan Trully Nugroho, sehingga dirinya bisa menyelesaikan tulisan dan maju ujian pra skripsi tepat waktu.

Usai ujian pra skripsi gelombang IX tersebut, sembilan mahasiswa D3 Akpar Majapahit diberi pengarahan oleh pihak Akademik seputar persiapan wisuda termasuk biayanya yang dipatok Rp 2,5 jutaan per orang (besarannya seperti tahun lalu). Biaya wisuda itu antara lain untuk pengadaan baju toga, ijazah, sertifikat kelulusan D3, sertifikat D1 dan D2, serta transkrip nilai.

Sebelumnya, pada ujian pra skripsi gelombang VII tercatat ada lima mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Jemursari yang maju sidang pada Rabu (14 September 2016) lalu. Mereka adalah Etayko D. Maria Paat, Peni Lestari, Martha Glorya, Laurensia Deviona dan Feronika Sutopo.

Sementara itu delapan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Jemursari yang maju ujian pra skripsi gelombang VIII pada Selasa (27 September 2016) adalah Sentia Liem, Jeffry Mintorogo, Aland Siedharta, Bernardus Filbert Siswanto, Sinthya, Sheiva Nursabrina, Putri Purnamasari dan Frezia Revanely.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

2 comments:

Entri Populer