Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Masak dengan Teknik Molecular Gastronomy

Kuliah Molecular Gastronomy Bersama Chef Della
Delapan Mahasiswa Advanced Culinary Class Praktik Masak dengan Teknik Molecular Gastronomy
MAHASISWA D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class) Akpar Majapahit, mulai Rabu (21/09/2016) hingga Senin (26/09/2016), diajarkan praktik masak melalui pendekatan teknik Molecular Gastronomy oleh chef Adeline Nadia Daniel, dosen D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Culinary Akpar Majapahit.

Delapan mahasiswa Advanced Culinary Class yang belajar masak dengan teknik Molecular Gastronomy itu adalah Marco Guilliano, Angelina Xaveria Sandra Dewi, Yori Yonathan Cipta, Edwin Teguh Prakoso, Stevanus Adiprawiro Sugondo, Charolin Johannes, Fandy Indra dan Yori Adheri.

Pada hari pertama, Rabu (21/09/21016), chef Della, sapaan akrab Adeline Nadia Daniel mempraktikkan cara pembuatan Singaporean Chili Crab dan Chicken Congee dengan sentuhan Molecular Gastronomy di hadapan mahasiswa di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit, Lantai 3 Gedung Graha Tristar Jl Jemursari No. 244 Surabaya.

Untuk memasak Singaporean Chili Crab, ada tiga tahapan yang harus dikerjakan, yakni (1). membuat crab cake, (2). chili sauce, dan (3). egg 63 *C (merebus telur pada suhu 63 *C dengan  alat Sous Vide).

Sedangkan Chicken Congee, proses pembuatannya juga meliputi tiga tahap yaitu (1). dehydrated plain congee, (2). stock jelly (stock sphere) dan (3). egg 63 *C (merebus air pada suhu 63 *C dengan alat Sous Vide).

Pada tatap muka hari kedua, Kamis (22/09/2016), mahasiswa diajarkan chef Della membuat Haemul Paejon, di mana proses pembuatan masakan ini melalui dua tahapan, yakni (1). membuat mini seafood pancake dan (2). caviar of dressing.

Resep kedua yang dipelajari mahasiswa adalah Cold Green Tea Noodle. Untuk membuat masakan ini, melalui lima tahapan yakni (1). mentsuyu (shaved) ice (granita), (2). green tea balls, (3). tempura, (4). ginger air (ginger + water (boiled) + SP) dan (5). wasabi caviar (wasabi + water + nutrigel).

Sementara itu, pertemuan hari ketiga, Jumat (23/09/2016), chef Della mengajarkan cara pembuatan  Prawn Tempura dan Massaman Curry. Untuk membuat Prawn Tempura, ada tiga tahapan yang harus dilakoni yakni (1). prawn, (2). coating dan (3). seasoning.


Sedangkan untuk membuat Massaman Curry, mahasiswa harus mengerjakan tiga tahapan pekerjaan yang dijalani yaitu (1). membuat massaman curry paste, (2). dehydrated sauce dan (3). beef.

Pertemuan terakhir Senin (26/09/2016), sebelum ditutup ujian praktik Molecular Gastronomy pada Selasa (27/09/2016), mahasiswa Advanced Culinary Class masih dibekali dua resep masakan dengan sentuhan Molecular Gastronomy., yakni: (1). Hainan Chicken Rice dan (2). Kung Pao Chicken.

Untuk membuat Hainan Chicken Rice, tahapan pekerjaan yang dilalui ada empat yaitu (1). membuat rice puree, (2). chicken, (3). chili powder dan (4). ginger & garlic oil. Sementara itu untuk membuat masakan Kung Pao Chicken dengan teknik Molecular Gastronomy ada dua tahapan yaitu (1). Sous Vide chicken dan (2) membuat sauce.

"Melalui mata kuliah Molecular Gastronomy ini, kami mengajak mahasiswa untuk memadukan ilmu fisika dan kimia makanan sehingga terciptalah kreasi memasak makanan dengan tampilan dan citarasa yang berbeda daripada cara-cara masak secara konvensional," pungkas chef Della. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait program baru  Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit Surabaya, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, BB 2AICE131, 25D164CF, 53B4EFD8, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer