Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Chef Budiono Apresiasi Masakan Hasil Kreasi Mahasiswa

Sukseskan Savoury Corner, Mahasiswa Advanced Culinary Class Buat Kreasi Masakan ”Indonesian Hors de Ovre”
SETELAH  mengikuti praktik masak Indonesian Hors de Ovre selama empat hari, Senin (24/10/2016) hingga Kamis (27/10/2016), lima mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class), diminta membuat kreasi masakan Indonesian Hors de Ovre yang bercitarasa tinggi oleh chef Budiono, dosen Advanced Culinary Class demi menyukseskan Savoury Corner.

Ujian praktik masak yang dihelat pada Jumat (27/10/2016) itu, setelah sebelumnya mereka mengikuti teori dan praktik membuat sembilan resep masakan Indonesian Hors de Ovre di Dapur Culinary 2 Lantai 3 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Menurut chef Budi, sapaan akrabnya, empat resep olahan produk makanan Indonesian Hors de Ovre yang baru saja diajarkan kepada mahasiswa selama empat hari itu adalah Shredded Spicy Chicken, yang terdiri dari Tomato Sambal, Corn Fritters dan Sweet Sambal. Praktik membuat Shredded Spicy Chicken dihelat pada Senin (24/10/2016).

Sedangkan praktik pada hari kedua, Selasa (25/10/2016), mahasiswa diajarkan membuat Baked Fish with Balinese Spices yang terdiri dari Shallot Chili Relish, Crispy Kaffir Lime Snapper with Pineapple Sambal dan Pineapple Sambal.

Selanjutnya praktik pada hari ketiga, Rabu (26/10/2016), mahasiswa diminta membuat Javanese Beef Skewers yang terdiri dari Javanese Beef Skewers dan Beef Rendang with Kidney Bean Spring Roll. Sedangkan pada hari keempat, Kamis (27/10/2016), mahasiswa praktik membuat Nugget Misoa berupa Mini Risoles dan Aromatic Ginger.

Selama praktik masak Indonesian Hors de Ovre empat hari itu, sebagian masakan disimpan di ruang pendingin (freezer)., kecuali Aromatic Ginger (wedang jahe dan bahan herbal yang lain) disiapkan untuk menyukseskan kegiatan Savoury Corner mahasiswa Advanced Culinary Class pada Jumat (28/10/2016).

Nah, demi menyukseskan kegiatan Savoury Corner, lima mahasiswa Advanced Culianry Class yakni Angelina Xaveria Sandra Dewi, Yori Yonathan Cipta, Stevanus Adiprawiro Sugondo, Charolin Johannes dan Fandy Indra, bekerja keras membuat masakan sesuai job desk-nya masing-masing dengan di dampingi chef Budiono di Dapur Culinary 2 Gedung Graha Tristar.

Untuk menyiapkan kegiatan Savoury Corner, mahasiswa Advanced Culinary Class diberi waktu sekitar tiga jam, mulai pukul 09.00-12.00 oleh dosen pembimbing. Waktu sebanyak itu sudah termasuk menghias meja dan menata masakan yang sudah di-platting untuk ditampilkan pada gelaran Savoury Corner, akhir pekan lalu.

Secara keseluruhan, tampilan sembilan masakan hasil kreasi lima mahasiswa Advanced Culinary Class tersebut mendapat apresiasi dari chef Budi, setelah mereka tampil all out selama tiga jam, demi bisa sebaik mungkin di hadapan dosen penguji.  Masakan kreasi mahasiswa itu dinilai berdasarkan empat kriteria penilaian yakni tekstur dan rasa (citarasa), penampilan, kebersihan dan kreativitas.

Secara umum hasil kerja keras mahasiswa Advanced Culinary Class dalam membuat masakan hasil kreasi mereka sendiri layak diapresiasi terutama dari aspek penampilan. Ini merupakan cara untuk membiasakan mahasiswa mengasah kreativitasnya dengan membuat resep masakan sesuai apa yang telah diajarkan di kelas.

”Soal citarasanya pun semua masakan yang dibuat mahasiswa enak rasanya, hanya saja  dari aspek teksturnya, masih ada yang perlu ditingkatkan lagi agar mendekati sempurna. Begitu juga aspek kebersihan juga mendapat perhatian dosen penguji,” pungkas chef Budiono

Untuk informasi lebih lanjut terkait program baru  Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit Surabaya, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, BB 2AICE131, 25D164CF, 53B4EFD8, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer