Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

14 Taruna Akademi Angkatan Laut Praktik Masak Makanan Eropa di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit

Chef R. Bagus Handoko M.Par Dipercaya Menjadi Instruktur Masak


UNTUK kali kesekian, Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya kembali mengirim 14 tarunanya ke kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, mengikuti Pelatihan Praktik Perwismaan dan Table Manner selama sepekan.

 

Sebelum praktik Perwismaan pada Senin (23/05/2016) sampai Kamis (26/05/2016) di Laboratorium Praktik Tristar Institute dan praktik Table Manner di Hotel Majapahit Surabaya pada Jumat (27/05/2016), 14 sersan taruna AAL itu mengikuti rangkaian acara pembukaan Pelatihan Praktik Perwismaan dan Table Manner di Lantai 4 Gedung Graha Tristar, Jumat (20/05/2016).


14 sersan taruna AAL Surabaya yang menjadi peserta pelatihan itu adalah Geraldine Tadika Putra, Rahmat Eko Raharjo, Ganang Waryono, Rizky Wiradiputra, Bagus Nur Hidayatullah, Dirgantara Dewa Effendi, Topan Freitha Alpacino, Yanuardo Karisma Wirayudha, Yusril Ihsa, Gonggom Praspa Satrya S., Martino Cahya Ramadhan, Jonathan Bagus P.T. Manullang, Catur Arum Nuriyani, dan Kadek Ayu Prabawati.


Selama praktik Perwisamaan di Laboratorium Praktik Tristar Institute Jl Raya Jemursari No. 234 Surabaya selama empat hari berturut-turut, peserta pelatihan diasuh langsung oleh Chef R. Bagus Handoko M.Par.
 

Untuk kelancaran selama praktik memasak makanan Eropa (Western Food), Chinese Food, makanan tradisional Indonesia dan membuat aneka pizza (makanan khas dari Italia), Chef R. Bagus Handoko dibantu tiga asisten yakni Muhammad Muharrom, Amrozi (Rosi) dan Nina Grafianty.

 

Praktik perwisamaan pada hari pertama, Senin (23/05/2016), Chef R Bagus Handoko mengajarkan peserta pelatihan memasak empat resep menu masakan Eropa yakni Liones Potatoes, Fish Winner (Snaper) Snitzel with Sauce, Chicken Kiev dan Onion Rice. Selama praktik masak tersebut mereka didampingi instruktur dari AAL Surabaya, yaitu Mayor (L) (S) Heri Tristiawan dan Mayor (L) (S/W) Rr. Inten Estihawa. 


Menurut Mayor (L) (S/W) Rr. Inten Estihawa, peserta pelatihan praktik perwismaan kali ini meningkat sekitar 50 persen dari tahun 2015 lalu yang hanya diikuti sembilan sersan taruna AAL, sedangkan tahun ini pihaknya mengirim 14 sersan taruna untuk mengikuti pelatihan praktik perwismaan dan table manner di kampus Akpar Majapahit.


Sebelum praktik masak makanan Eropa di Laboratorium Praktik Tristar Institute, Chef R Bagus Handoko lebih dulu mengenalkan bahan masakan, aneka bumbu, peralatan yang digunakan, teknik memasak dan cara menyajikannya secara panjang lebar kepada.peserta pelatihan.


Selama praktik masak, peserta juga diterangkan bagaimana cara mem-fillet ayam (chicken), memisahkan daging, bagian lemak (termasuk kulitnya) dan tulang ayam yang benar sesuai standard operation procedure (SOP) di industri perhotelan, saat mereka menyiapkan masakan Chicken Kiev.
 

Begitu juga ketika mem-fillet ikan kakap, Chef Bagus, sapaan akrab R. Bagus Handoko, juga berbagi teknik mem-fillet ikan, cara melapisi tepung yang sudah dibumbui sebelum ikan digoreng dan teknik menggoreng ikan utuh kepada taruna ketika menyiapkan masakan Fish Winner (Snaper) Snitzel with Sauce.


Kepada kru www.culinarynews.info, Chef Bagus mengungkapkan, praktik perwismaan yang diikuti 14 sersan taruna AAL ini bukan mencetak mereka menjadi seorang chef, melainkan memahami aneka masakan, cara memasak hingga mengaplikasikan berbagai resep masakan serta cara menggunakan peralatan dapur yang benar sesuai SOP.


Pasalnya, para taruna ini kelak punya anak buah kapal (ABK) yang khusus bertugas di dapur. Nah, sebagai calon pimpinan (kapten kapal), tentu mereka harus tahu lebih dulu daripada anak buahnya jika mereka kelak dipercaya oleh atasan untuk mengoperasikan kapal dan berlayar selama beberapa minggu bahkan berbulan-bulan demi menunaikan tugas negara.


Anda tertarik belajar masak Aneka Makanan Eropa seperti yang diajarkan kepada taruna AAL Surabaya dan ingin bergabung bersama civitas akademika Akpar Majapahit,  silakan menghubungi Tim Marketing Akapr Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, 081233752227, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer