Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Pastry Class @ Matoa

Pastry

Pastry adalah semua produk manis yang tentunya memiliki rasa manis yang di­olah melalui proses pengovenan, peng­go­rengan serta pengukusan. Pastry se­ring dijadikan sebagai menu dessert dan juga snack. Dalam membuat dan me­nya­jikan hidangan pastry ada banyak hal yang perlu diperhatikan, diantaranya tek­nik pembuatan, dekorasi atau hiasan, pe­nyelesaian atau finishing hingga penyajian porsi atau plating.




Pelajaran pastry di Akpar Majapahit  meliputi berbagai hal yang setiap tahunnya terdapat perbedaan. Pada tahun pertama, mahasiswa diberikan berbagai materi da­sar mengenai pastry. Diantaranya adalah pro­duk pastry secara umum yakni basic cake, cookies hingga roti. Pada tahun kedua, ter­da­pat dua jurusan yang bisa dipilih oleh ma­hasiswa yang pertama adalah culinary dan yang kedua adalah pastry advance. Pa­­da tahun kedua ini mahasiswa lebih men­da­lami mengenai plating, decoration dan ma­najemen dapur.

Pengajaran pada pelajaran pastry ber­beda dengan pelajaran yang lainnya. Per­­be­daannya terletak pada sistem penga­ja­rannya. Khusus di kelas pastry tahun ke 2, penyampaian materi dari dosen kepada ma­hasiswa menggunakan bahasa inggris. Kelas pastry ada setiap hari senin sampai de­ngan jum’at yang dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 13.00. Jam perkuliahan, setiap kelompok juga diwajibkan untuk mem­presentasikannya kepada dosen de­­ngan berbahasa inggris. Disamping itu, penilaian produk tidak hanya dari rasa tapi lebih ditekankan pada plating.

Selain proses belajar mengajar meng­­gunakan bahasa inggris, kelas pas­­try juga memiliki kelebihan lainnya. Ke­lebihan tersebut adalah kelas pastry memiliki program wirausaha, dimana setiap angkatan memiliki perusahaan pas­try yang menangani berbagai aspek di­antaranya produksi, packaging dan ju­ga marketing. Setiap tiga bulan sekali mahasiswa melaksanakan ujian. Setiap harinya siswa pastry melaksanakan prak­tek yang dilakukan per kelompok, dan tiap kelompoknya terdiri dari 3 orang. Te­ma produk ditentukan oleh pengajar tetapi untuk produk ditentukan sendiri oleh mahasiswa pada masing-masing ke­lompok.

Salah satu kewirausahaan ma­ha­sis­wa Akpar Majapahit yaitu Celsius Ba­kery merupakan pioneer dari program ter­sebut yang masih berjalan hingga sa­at ini. Produk yang ditawarkan oleh ma­hasiswa juga merupakan produk yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satu produk tersebut adalah Churros. Chef yang juga pernah bekerja disalah satu Hotel di Bali ini dengan senang hati memberikan resep dari produk tersebut dan juga tips yang penting untuk di­perhatikan dalam membuat Churros.

Entri Populer