Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Agar - agar Boneka Barbie Alternatif Pengganti Cake Ultah

Chef Noor Pisah
Sukses Dicoba di Dapur Uji Akpar Majapahit

Dalam upaya meningkatkan pengabdian masyarakat, Akpar Majapahit mengajak masyarakat yang ingin berwirausaha secara mandiri dengan membuat kue ulang tahun dengan nuansa berbeda dari biasanya, telah dilakukan uji coba di dapur uji Akpar Majapahit tata cara pembuatan Agar - agar Boneka Barbie.Inovasi baru ini merupakan terobosan yang belum banyak dilakukan orang, sehingga punya prospek cerah di masa mendatang. Pasalnya, ide membuat agar-agar boneka Barbie (pudding Barbie) ini karena dulu kalau orang mau ulang tahun sibuk membuat atau memesan cake (kue tart). Tapi, sekarang ini ada inovasi baru kalau Anda mau merayakan ulang tahun atau memberikan hantaran bisa berupa pudding Barbie, bukan lagi cake (kue tart). Dalam uji coba di dapur uji Akpar Majapahit, lembaga pendidikan ini mendatangkan langsung dari pakarnya yakni Noor Pisah dari Malaysia. Kepada staf pengajar pastry Akpar Majapahit, Noor Pisah memberi tips bagaimana membuat agar-agar boneka Barbie yang layak jual dan disuka masyarakat.

Pertama-tama adalah membentuk bunga agar –agar. Bahannya adalah 25 gram agar - agar powder, 1200 ml air, 40 gram gula dan 1 helai daun pandan. Cara membuatnya: 1. Campur semua bahan dan masak di atas api hingga mendidih dan kelihatan jernih. 2. Agar-agar ini senantiasa panas maka gunaka double boiler.

Bahan agar - agar untuk membentuk bunga dan daun : Untuk bahan agar-agar saja hanya memakai 100 gram agar - agar (Putih/Netral) dan setengah sendok teh pewarna makanan. Untuk bahan agar - agar susu, gunakan 100 gram agar - agar (Putih / Netral) dan satu sendok makan susu kotak UHT. Sementara bahan untuk membuat daunnya gunakan 100 gram agar - agar (Putih / Netral), ½ sendok teh warna putih, setengah sendok teh warna kuning dan setengah sendok teh warna hijau.

Untuk membuat bunga dan daun agar - agar gunakan peralatan berupa cetakan mini bermotif bunga dan daun dari aluminium dan peralatan lainnya adalah loyang untuk menaruh agar - agar yang sudah dipanaskan. Setelah dingin, agar-agar bisa dicetak menjadi daun dan bunga. Selanjutnya membuat Agar - agar Bonek Barbie. Pertama menyediakan bahan agar-agar (dari rumput laut) untuk skirt (rok) Barbie. Bahan A terdiri dari 10 gram agar-agar powder, 800 gram air, 240 gram gula caster dan pewarna yang disukai. Bahan B terdiri dari 10 gram agar-agar powder, 800 gram susu segar dan 240 gram gula.

Cara membuat skirt Barbie : 1. Campur semua bahan A, masak hingga mendidih, ketepikan. 2. Campur semua bahan B, masak hingga mendidih, ketepikan. 3. Melapis agar-agar dimulai dari bawah sesuai acuan. 4. Ambil 300 gram bahan A dicampur dengan warna yang disukai dan masukan ke dalam acuan, biar beku. 5. Ambil 300 gram bahan B dan tuangkan ke atas lapisan pertama yang sudah beku. 6. Ulangi proses ini hingga habis semua adonan agar-agar. 7. Lapisan agar-agar hendalklah beku betul sebelum hiasan seterusnya dibuat dan 8. Hiasan boneka Barbie dibuat dengan butter cream, bunga dan daun agar-agar. Untuk membuat butter cream siapkan 500 gram mentega putih dan 250 gram bubuk gula. Campur kedua bahan tersebut dan aduk sampai rata.

Menurut Dosen Pastry Akpar Majapahit Renny Savitri S.ST Par, cetakan khusus untuk membuat rok boneka Barbie dari bahan agar - agar sudah tersedia di Toko Sembilan yang berda satu lokasi dengan gedung graham tristar (Akpar Majapahit). Selain itu, agar rok boneka Barbie bisa berdiri kokoh, maka sediakan juga tusuk sate untuk menancapkan bagian badan boneka Barbie dan pudding roknya. Selain itu, lanjut Renny, proses pembuatan agar-agar boneka Barbie sampai dengan menghias bagian badan Barbie dengan ditutup butter cream, bunga dan daun agar-agar butuh ketelitian tinggi dan kesabaran ekstra karena memang cukup njelimet (rumit). ”Tak salah jika sejak persiapan bahan baku sampai menghias hingga jadi agar-agar boneka Barbie plus menghitung besaran jasa pembuatannya, maka agar-agar boneka Barbie dibandrol sampai Rp 250 ribu-Rp 300 ribu ukuran besar) dan Rp 150 ribu-Rp 200 ribu (ukuran kecil). Mahal tidaknya agar-agar boneka Barbie juga tergantung variasi hiasannya,” kata Renny Savitri di dapur uji Akpar Majapahit, kemarin (22/3). Jika Anda ingin tahu keunikan agar-agar boneka Barbie, silakan menghubungi Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, yang juga membuka pelatihan pembuatan pudding Barbie kepada masyarakat. ”Penawaran program pelatihan membuat agar - agar boneka barbie dari Akpar Majapahit ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat seperti yang diamanatkan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,” pungkasnya.

Entri Populer