Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Silvy, Mahasiswi D3 Prodi Perhotelan, Magang Kerja di Hotel Shangri-La Surabaya

On The Job Training (OJT) di Hotel Shangri-La Surabaya

SILVY (Abraham), mahasiswi D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit punya sejuta kisah menarik ketika mengikuti kegiatan magang kerja atau on the job training (OJT) di Hotel Shangri-La Surabaya, selama empat bulan terakhir dari Juli sampai Oktober 2016.

Untuk tiga bulan pertama magang kerja di Hotel Shangri-La, mahasiswi cantik kelahiran Pamekasan Madura ini ditempatkan di main kitchen. Di main kitchen hotel bintang lima di Jl Mayjen Sungkono itu, Silvy bergabung dengan seniornya yakni chef Eko dan chef Dana.

Di main kitchen, tugasnya membuat masakan dalam porsi besar untuk memasok kebutuhan masakan di Jamoo Resto atau ball room ketika ada event seperti acara pernikahan, pesta ulang tahun dan hajatan besar lainnya. Semuanya itu di bawah tanggung jawab executive chef Irwanto dan dan sous chef Yulianto.

Selama tiga bulan bekerja di main kitchen, Silvy boleh dibilang primadonanya karena ia satu-satunya perempuan yang bertugas dan ditempatkan di hot kitchen. Tak pelak jika Silvy dipanggil Mrs Barbeque.oleh rekan-rekannya di main kitchen. Jam kerja di main kitchen mulai pukul 08.00-16.00 (shift pagi), sedangkan untuk shift malam, jam kerjanya mulai pukul 14.00-22.00.

Setelah bergelut di main kitchen Hotel Shangri-La selama tiga bulan, Silvy sekarang ini dipekerjakan di Jamoo Resto sejak sebulan terakhir. Di Jamoo Resto, menyediakan aneka menu breakfast (sarapan) untuk tamu hotel, sedangkan pengunjung yang datang ke Jamoo Resto untuk breakfast, makan siang (lunch) atau makan malam (dinner) ala buffet atau prasmanan, tarifnya sebesar Rp 380.000,00 ++ per pax.

Selama ditempatkan di Jamoo Resto Hotel Shangri-La Surabaya, anak kedua dari lima bersaudara pasangan Umar dan Jasmine ini antara lain membuat pasta (Italian Food), Asian Food seperti memasak Rendang (masakan Indonesia), Rogan Josh (India) dan Tom Yum (Thailand).

Sementara itu untuk membuat masakan Eropa (western), Silvy lebih banyak membuat aneka sup (soup) seperti potato soup, pumpkin soup, carrot soup, tomato soup, broccoli soup, atau cauliflower soup.

"Selain itu, saya juga diberi kepercayaan untuk jaga grill station, khususnya membuat masakan khas Australia seperti salmon, daging sapi (sirloin, tenderloin) dan sosis panggang,” ujar Silvy (Abraham) kepada kru www.culinarynews.info di Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Sabtu (08/10/2016) siang.

Selama magang kerja di Hotel Shangri-La Surabaya, empat bulan terakhir, Silvy merasa termotivasi untuk selalu tampil prima. Makanya, dari rencana magang kerja selama enam bulan, mulai Juli sampai Desember 2016, dirinya diperpanjang satu bulan sehingga magang kerjanya di hotel tersebut baru berakhir Januari 2017 mendatang.

”Kesempatan emas itu tentu tidak saya sia-siakan, karena bagaimana pun juga magang kerja di hotel berbintang sangat bermanfaat bagi saya demi meningkatkan kompetensi, kemampuan dan ketrampilan kerja di industri (perhotelan) yang tidak saya peroleh di bangku kuliah,” pungkasnya.

Selama magang kerja di Hotel Shangri-La Surabaya, Silvy dibimbing oleh R. Paulus Soetrisno M.Par, Dosen sekaligus Kaprodi Perhotelan Akpar Majapahit. Begitu juga untuk menyusun tugas akhir berupa laporan pra skripsi demi meraih gelar akademik Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari almamaternya, Silvy juga dibimbing oleh R. Paulus Soetrisno M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par.

Dalam sidang ujian pra skripsi gelombang X, akhir pekan lalu (Sabtu, 08/10/2016) di Lantai 4 Gedung Graha Tristar, mahasiswi D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit ini mempresentasikan laporan pra skripsinya berjudul Penggunaan Butter sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Roti di Shangri-La Hotel Surabaya di hadapan dua dosen penguji,  Mafthucha Dipl.Hot., SE, M.Par dan Andrian L. Bandono MM, MBA.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031)8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

1 comment:

Entri Populer