Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Investor Hongkong Tantang Tristar Institute Bikin Aneka Manisan Buah untuk Industri

TRISTAR Culinary Institute (TCI) divisi Food Technology  mendapat tantangan serius dari investor Hongkong untuk membuat aneka manisan buah tropis (tropical fruit)  nan aksotik asli Indonesia khususnya dari Jatim, seperti pepaya, salak, mangga, rambutan, nanas, dan yang lainnya guna memenuhi pasar manisan di Hongkong.
”Tentu saja tantangan dari calon investor Hongkong ini langsung kami respons positif mengingat membuat manisan buah skala industri merupakan peluang emas yang tidak mungkin dilewatkan. Untuk tahap awal kami telah melakukan serangkaian uji coba di laboratorium Food Technology TCI pada pertengahan Mei 2015,” kata Andrean, Direktur Food Tech TCI di kantornya, Jl Jemursari No. 234 Surabaya.

Dalam uji coba tersebut, pihaknya melibatkan dua tim penguji yakni Nursanti dan Ir Indah Fitriana untuk membuat aneka manisan dari buah papaya, salak, mangga, rambutan, nanas  dan buah-buahan tropis lainnya yang punya nilai ekonomi tinggi di pasar Hongkong.

Dalam uji coba membuat manisan dari buah papaya, tim penguji membuat dua pilihan, yakni manisan basah dan kering dengan teksturnya dibuat mirip mangga. Begitu juga manisan buah salak dan mangga juga dibuat dua pilihan, yakni basah dan kering.

Tim penguji di laboratorium Food Tech TCI mengungkapkan, manisan mangga yang di-treatment pakai calkplus (foto kiri), buah tetap agak lentur (lembut) meskipun direndam dalam cairan manisan tanpa pengawet.

”Sementara itu, manisan buah mangga yang di-treatmentpakai kapur sirih (foto kanan) tekstur buahnya kaku (keras). Apabila bahan manisan itu dikeringkan bisa tahan sampai enam bulanan,” terang Santi, sapaan Nursanti di dampingi partnernya Ir Indah Fitriana.

Setelah diujicoba di laboratorium Food Tech TCI, pengusaha dari Hongkong  tersebut merasa cocok dengan harapannya dan ia menyatakan berminat untuk mengimpornya dari Indonesia guna memenuhi permintaan pasar manisan buah tropis di Hongkong.

”Kalau rencana ini teralisasi, maka puluhan ton manisan buah tropis dari Jatim siap dikapalkan ke Hongkong. Tentu saja peluang bisnis manisan buah tropis skala industry bakal menggairahkan petani hortikultura di Jatim untuk memproduksi buah-buahan yang berkualitas sekaligus membuka lapangan kerja baru,” tutur Andrian kepada reporter portal online www.matoasbynews.blogspot.com baru-baru ini.

Hasil uji coba di laboratorium tersebut juga dipresentasikan di hadapan Ir Juwono Saroso, Presdir Matoa Holding. Beberapa masukan pun disampaikan kepada tim penguji untuk lebih banyak lagi mencoba beberapa jenis buah tropis yang lain di luar papaya, salak, mangga, tetapi bisa juga dicoba pada buah rambutan, nanas dan buah tropis lainnya yang punya nilai jual tinggi di pasar internasional.

”Pada prinsipnya kami akan terus supporttim penguji yang bekerja di laboratorium Food Tech TCI agar terus berkreasi demi mengharumkan TCI sehingga lembaga ini semakin dikenal secara nasional bahkan dunia internasional,” pungkas Pak Yu, sapaan akrab Ir Jowono Saroso, dalam kesempatan terpisah di ruang kerjanya. (ahn)

No comments:

Post a Comment

Entri Populer