Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Ujian Praktik Memasak di Dapur Culinary 2 Akpar Majapahit

15 Orang Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Semester III All Out Buat Aneka Menu Masakan Eropa
SETELAH  dikenalkan pengetahuan dasar memasak selama delapan kali pertemuan, tepatnya mulai Senin (20/02/2017) hingga Rabu (01/03/2017), 15 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III giliran merndapat tantangan dari Masario Wahyu Saputra, AMd.Par., SKG, Dosen Pengantar Dasar Masak, dalam ujian praktik membuat masakan Eropa (European Food) di Dapur Culinary 2 Lantai 3 Gedung Graha Tristar, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


15 mahasiswa yang terlibat dalam ujian praktik masak European Food itu dibagi dalam tiga kelompok. Setiap kelompok terdiri dari lima mahasiswa. Mahasiswa kelompok 1 adalah Rizky Alfianto, Fikri Haekal, Kokoh Fitri Hariyanto, Chorina Olga Della dan M. Ali Monas. Mereka maju ujian praktik masak pada Kamis (02/03/2017) siang, mulai pukul 13.00-16.00 WIB.

Sedangkan mahasiswa kelompok 2 yang terdiri dari Levin Sugianto, Muhammad Sulthon, Glenn Chaniago, R. Nadhif Febrian Yudhistira dan Nur Sakinah Septiani giliran maju ujian praktik masaknya pada Jumat (03/03/2017) siang. 

Levin membuat chicken with avocado & fresh salsa, Sulthon menyiapkan chicken parmigiana, Glenn memasak spaghetti bolognaise, Nadhif membuat chicken pasta sauce dan Nur Sakinah masak fusilli with cheese & mushroom.

Sementara itu, pada ujian praktik masak hari terakhir, Sabtu (04/03/2017) siang, diikuti lima mahasiswa kelompok 3 yakni Dinda Debby Natalia, Valentina Febrica, Regita Klara Kinanti, Angela Merici Intan dan Rochim.

Dalam ujian praktik masak tersebut, Dinda memasak linguine with shrimp scampi, Valentina membuat French omelette, Regita menyiapkan chicken with lemon garlic sauce, Angela masak chicken with sauce curry dan Rochim membuat satay kebab & sauce salsa.

Kepada kru www.culinarynews.info, Senin (06/03/2017), Dinda, Valentine dan Levin mengungkapkan, ujian praktik masak European Food yang dihelat akhir pekan lalu, setiap mahasiswa diminta membawa bahan sendiri dari rumah. Sekalipun tema masakannya adalah European Food, namun bahan-bahan untuk memasaknya diusahakan produk lokal, bukan barang impor karena harganya relatif mahal.

Selain itu, setiap mahasiswa yang menjadi peserta ujian juga diminta menyodorkan menu andalannya masing-masing di luar resep masak dari Buku Ajar (Silabus) Kumpulan Resep Memasak yang telah diajarkan kepada mahasiswa sebelumnya. Hal ini jelas menuntut kreativitas mahasiswa sebelum maju ujian praktik masak di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Gedung Graha Tristar.

Masakan yang sudah di-plating semenarik menungkin, kemudian ditaruh di meja makan yang telah tertata rapi di Lantai 4. Pasalnya, lima anggota dewan juri sudah menunggu hasil kreasi masakan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III untuk dinilai dari aspek tekstur, citarasa, penampilan dan kebersihannya.

Selama ujian praktik masak di Dapur Culinary 2, akhir pekan lalu, 15 mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Semester III menunjukkan antusiasme yang tinggi demi meraih nilai maksimal di hadapan lima anggota dewan juri, yakni chef Ario --sapaan akrab Masario, R. Paulus Soetrisno, Hardhita Kusdharyanto, Peter Salim dan Elizabeth.

Untuk itulah, setiap peserta ujian berupaya keras tampil all out mulai persiapan masak, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating makanan semenarik mungkin, sebelum hasil kreasinya tersebut ditunjukkan kepada dewan juri.

”Setidaknya ada empat kriteria penilaian terhadap hasil kreasi masakan mahasiswa, yakni tekstur, citarasa, tampilan dan kebersihan yang mengacu pada standar indutri perhotelan. Ini kami kenalkan sejak dini agar mahasiswa terbiasa dengan Standard Operational Procedure (SOP) kerja di hotel,” kata chef Ario.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer