Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Tiga Alumni FMIPA-Kimia ITS Kunjungi Kampus Akpar Majapahit

Disambut Ir Juwono Saroso MM, Diajak Jadi Dosen Tamu di Akpar Majapahit
ALUMNI Fakultas MIPA-Kimia ITS, Dr Ir Prima Retno Wikandari M.Si, (Dosen Jurusan Kimia FMIPA Unesa dengan Bidang Keahlian Kimia Pangan), Ir Peni Permonosari  (Penyalur Obat-obatan Herbal) dan Ir Dwi Andriyanto (PT UMKM Indonesia) bersama istri, mengunjungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (31/10/2016) siang.

Kedatangan mereka disambut oleh tuan rumah Ir Juwono Saroso MM. Pertemuan empat sahabat lama di Kampus Akpar Majapahit siang itu semakin gayeng menyusul kehadiran Ir Nizar Abadib, juga alumni dari FMIPA–Kimia ITS, yang baru bergabung dengan manajemen Tristar Group. Tak pelak lagi jika pertemuan dadakan itu menjadi ajang silaturrahim sekaligus kangen-kangenan antaralumni FMIPA-Kimia ITS.

Setelah berbasa-basi dan bicara ngobrol ngalor ngidul, Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM mengungkapkan sejarah singkat Akpar Majapahit yang membuka Program Studi (Prodi) D3 Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW).   Khusus untuk Prodi D3 Perhotelan dibedakan tiga, yakni Kelas Reguler, Kelas Konsentrasi Culinary dan Konsentrasi Pastry.

Selain mengembangkan Akpar Majapahit, Tristar Group juga mengelola beberapa lembaga pendidikan dan pelatihan yakni Tristar Institute Kaliwaron, Tristar Institute Batu, Tristar Institute Bogor (bermitra dengan Politeknik Kent Bogor), Tristar Institute BSD (Jakarta) dan membuka kelas S1 Culinary Business, S1 Teknologi Pangan (bekerja sama dengan Unitomo Surabaya). 

Kelompok usaha Tristar juga membuka jasa pelatihan masak Kursusan Tristar, Tristar Machinery (menyediakan aneka peralatan masak), Tristar Chemical (penyalur bahan kimia), Café & Resto (Matoa Café, Naomi, Oost Café dan Sun Xing Chinese Restaurant)  dan Toko 9 (penyalur bahan kue dan masakan).

Suasana pertemuan siang itu semakin gayeng dengan disajikannya menu santap siang (lunch) lengkap dengan es durian, jus buah dan air meniral sebagai dessert-nya. Menu masakan utama makan siang itu disediakan oleh kru Matoa Café, yang berada di lobi Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Usai menikmati sajian santap siang, Juwono mengajak sahabatnya itu, terutama Dr Ir Prima Retno Wikandari M.Si dan Ir Peni Permonowati meninjau langsung aktivitas mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry praktik membuat aneka kreasi roti croissant sesuai standar industri di Dapur Pastry 1, 2 dan 3.

Di Dapur Pastry 1, kedua tamunya disambut oleh Asisten Direktur II Bidang Keuangan dan Umum Akpar Majapahit Otje Herman Wibowo, SE, M.Par, yang juga dosen Kelas Pastry 1. 

Sementara itu di Dapur Pastry 2, mereka disambut dosen Kelas Pastry 2, chef Laurentia Vivi, S.Pd. dan asistennya, sedangkan di Dapur Pastry 3 tamu Akpar Majapahit ini disambut dosen Kelas Pastry 3, chef Renny Savitry M.Par dan asistennya. 

Kehadiran owner Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM bersama kedua tamunya di Kelas Pastry 2 tersebut, mengundang anak didik chef Vivi, untuk meminta foto bareng, seraya menunjukkan roti croissant hasil kreasi tangan-tangan trampil mahasiswa.

Selanjutnya Direktur Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM mengajak tamunya ke lantai 3. Kali ini yang bersama Juwono Saroso hanya Peni Permonowati. Mereka melihat dari dekat mahasiswa Kelas Culinary 1 yang sedang praktik masak dengan di dampingi dosennya, chef Ari Purwanto dan assistant chef Masario.

Sementara itu, saat meninjau lantai 4, tamunya diajak melihat mini laundry, ruang kelas reguler, lab guiding, lab computer, mini bar, fasilitas praktik front office (FO), contoh kamar hotel berbintang untuk praktik housekeeping dan perpustakaan.

Terakhir, keduanya tamunya itu diajak ke Toko 9, yang lokasinya di lantai dasar, satu kompleks dengan area Matoa Café. Di Toko 9, selain menyediakan bahan-bahan kebutuhan kuliner untuk kebutuhan praktik mahasiswa, juga  peserta kursusan maupun masyarakat umum yang mencari bahan kue dan masak dengan harga terjangkau.

Kepada kru www.culinarynes.info, Dr Ir Prima Retno Wikandari M.Si siap mengajak mahasiswa FMIPA-Kimia Unesa untuk studi banding dan sharing pengetahuan dengan mahasiswa Akpar Majapahit. Selain itu, pihaknya juga mempertimbangkan ajakan owner Akpar Majapahit untuk menjadi dosen tamu di sini.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer