Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Chef Rachma N.D., STP Apresiasi Masakan Hasil Kreasi Mahasiswa

Lima Mahasiswa Advanced Culinary Ujian Praktik Buat Kreasi Masakan Aneka Olahan Telur Asin

SETELAH  mengikuti perkuliahan Teknologi Pangan (Food Tech) selama empat hari, Senin (17/10/2016) hingga Kamis (20/10/2016), lima mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class) Akpar Majapahit diminta membuat kreasi masakan aneka olahan telur asin yang bercitarasa tinggi oleh chef Rachma Nur Devianti STP, dosen Advanced Culinary Class.

Ujian praktik masak yang  dihelat pada Jumat (21/10/2016) itu, setelah sebelumnya mereka mengikuti teori dan praktik membuat empat resep olahan produk makanan dengan pendekatan teknologi pangan di Laboratorium Praktik Tristar Institute Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya. Sedangkan ujiannya sendiri dihelat di Dapur Culinary 2 Lantai 3 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Menurut chef Rachma, empat resep olahan produk makanan yang baru saja diajarkan kepada mahasiswa selama empat hari itu adalah membuat telur asin, terasi, petis serta kecap (rasa manis dan asin).

”Nah, pada hari Jumat (21/10/2016), setiap mahasiswa kami uji membuat satu resep masakan baru hasil kreasi mereka sendiri. Ujian itu untuk mengukur seberapa jauh atensi mahasiswa dalam perkuliahan sepekan lalu,” tutur chef Rachma, di sela-sela kesibukannya menjaga ujian praktik masak mahasiswa di kelas Advanced Culinary, pekan lalu.

Sebelum ujian dihelat, pihaknya juga membekali mahasiswa tentang bagaimana teknik memasak sesuai kompetensi profesi di industri pariwisata dan perhotelan. Dengan demikian pada saat mereka terjun di dunia industri, tidak lagi canggung atau bingung bagaimana mengimplementasikan ilmunya di lapangan.

Untuk itu dirinya selalu menekankan kepada mahasiswa untuk  memperhatikan aspek manajemen waktu sejak mempersiapkan bahan masakan, saat memasak hingga menyajikannya kepada tamu. 

Dalam ujian praktik masak itu ada empat penilaian yakni citarasa (tekstur dan rasa), penampilan, kebersihan dan kreativitas. Dosen penguji juga membagikan formulir yang harus diisi mahasiswa seusai memasak. Formulir itu isinya antara lain nama mahasiswa, nama masakan yang dibuat, bahan yang dipergunakan dan bagaimana cara memasak hingga menyajikannya.

Ujian praktik masak kali ini hanya diikuti lima orang mahasiswa. Mereka yang mengikuti ujian praktik masak membuat kreasi aneka olahan telur asin Angelina Xaveria Sandra Dewi, Yori Yonathan Cipta, Stevanus Adiprawiro Sugondo, Charolin Johannes dan Fandy Indra.

Xave, sapaan akrab Angelina Xaveria Sandra Dewi, menyodorkan kreasi masakan berjudul New Style Tahu Tek. Sedangkan Charolin Johannes yang biasa disapa Cece Lin itu mengangkat kreasi masakan bertajuk Ayam Kodok dalam ujian praktik masak pekan lalu.

Berbeda Xave dan Charolin,  Yori Yonathan Cipta mengangkat judul masakan Soka Telur Asin. Sementara itu, Stevanus Adiprawiro Sugondo yang akrab dipanggil Steve  membuat masakan kesukaannya yakni Kepiting Telur Asin dan Fandy Indra menyiapkan kreasi masakannya yang bertajuk Siomay Telur Asin.

Tampilan masakan hasil kreasi lima mahasiswa Advanced Culinary Class tersebut mendapat apresiasi dari chef Rachma, setelah mereka berjuang semaksimal mungkin selama tiga jam,mulai pukul 09.00-12.00, guna menyiapkan bahan baku, memasak hingga menyajikan masakan andalannya itu di hadapan dosen penguji. 

Masakan kreasi mahasiswa itu kemudian disajikan di meja juri untuk dinilai berdasarkan empat kriteria penilaian yakni tekstur dan rasa (citarasa), penampilan, kebersihan dan kreativitas.

Secara umum hasil kerja keras mahasiswa Advanced Culinary Class dalam membuat masakan hasil kreasi mereka sendiri layak diapresiasi terutama dari aspek penampilan. Ini merupakan cara untuk membiasakan mahasiswa mengasah kreativitasnya dengan membuat resep masakan sesuai apa yang telah diajarkan di kelas.

”Soal citarasanya pun semua masakan yang dibuat mahasiswa enak rasanya, hanya saja  dari aspek teksturnya, masih ada yang perlu ditingkatkan lagi agar mendekati sempurna. Begitu juga aspek kebersihan juga mendapat perhatian dosen penguji,” pungkas chef Rachma sapaan akrab Rachma Nur Devianti STP kepada kru. www.culinarynews.info.

Untuk informasi lebih lanjut terkait program baru  Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit Surabaya, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, BB 2AICE131, 25D164CF, 53B4EFD8, sekarang juga. (ahn)

No comments:

Post a Comment

Entri Populer