Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Profil - Fitri Anita, S.TP

Dosen Muda Ahli Membuat Yoghurt

Fitri Anita, S.TP (26) Lulusan perguruan tinggi S1 Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi ini menjabat sebagai Riset & Development Manager serta mengajar di AKPAR Majapahit sejak 3 tahun silam. sesuai dengan jurusan yang diambilnya, penelitian pun sering dilakukan seperti yang di ujikan pada youghurt. Menurutnya yoghurt adalah susu asam yang terbentuk dari bakteri baik yang memang khusus dan memang baik untuk kesehatan tubuh yaitu bakteri lactobasilus.
‘Untuk membuat yoghurt sendiri dirumah sebenarnya susah – susah gampang, tergantung dari keadaan rumah kita sendiri. Usahakan jika ingin membuat yoghurt posisi jauh dari jendela, pintu, ventilasi atau semua yang membuat debu dapat masuk dengan cepat, karena jika keadaan ruang itu sendiri tidak benar – benar steril maka bakteri yang ada tidak akan bisa hidup dengan sempurna’ jelas anak ke 2 dari 3 bersaudara ini.
Fitri juga mengatakan, ‘banyak mengkonsumsi yoghurt itu sebenarnya sangat baik bagi tubuh karena pencernaan menjadi lebih lancar, baik untuk kulit serta membantu regenerasi kulit, penyerapan juga lebih optimal’. Di sini Fitri panggilan akrabnya akan membagikan tips serta resep bagi anda yang mungkin ingin membuat yoghurt sendiri di rumah, dipadukan dengan berbagai macam olahan pangan.

 Berikut tips untuk pembuatan youghurt yang akan dibrikan oleh wanita kelahiran Pasuruan, 28 Mei 1987 ini:
    http://www.akpar-maja.blogspot.com/p/blog-page_97.html
  1. Pastikan dahulu, suhu fermentasi pada pembuatan youghurt adalah 37˚C selama ±24 jam, jika suhu 45˚C antara 5 – 6 jam dan jika menggunakan suhu optimal yaitu 42˚C dapat berfementasi selama 6 – 8 jam.
  2. Pada saat anda ingin membuat yoghurt sendiri dirumah, pastikan keadaan sekitar anda benar – benar steril mulai dari alat yang akan digunakan hingga tempat karena untuk menjaga agar bakteri bisa dapat hidup dengan baik dan sempurna.
  3. Untuk penggunaan wadah yang akan di pakai sebaiknya bilas dengan alcohol sebelum digunakan, dapat di lap dengan menggunakan tisu kering atau di uapkan di atas api dan harus sesegera mungkin di tutup jika telah jering benar.
  4. Untuk pembuatan bibit yoghurt, semakin banyak jenis bakteri yang digunakan akan semakin enak rasa yang dihasilkan.
  5. Saat penggunaan yoghurt sebaiknya lebih disarankan menggunakan susu UHT karena jika menggunakan susu segar sebenarnya bisa, namun untuk teksturnya penggunaan dengan susu segar justru tidak kokoh pada saat pembuatan yoghurt.
  6. Penyimpanan yoghurt sebaiknya disimpan dengan suhu maksimal 10˚C, dengan suhu tersebut yoghurt dapat bertahan hingga 2 minggu. Dan sebaiknya jika tidak memakai suhu tersebut, yoghurt dalam kondisi telah dikonsumsi sebaiknya segera dihabiskan.
  7. Tekstur yang benar dan baik dari yoghurt itu sendiri adalah semi liquid, yaitu bentuknya kental, dituang dapat mengalir sedikit, saat difermentasikan permukaannya sangat halus, rasa yang dihasilkan asam namun tidak basi, warnany putih seperti susu dan rasa kecutnya lebih spesifik (khas yoghurt).
  8. Untuk mempertahankan agar bakteri tetap hidup dibutuhkan suhu 37˚C.
  9. Pada saat pembuatan es krim, memasukkan bibit yoghurt untuk suhu jangan terlalu tinggi, dimasukkan terakhir karena tidak boleh dikocok terlalu lama hanya ± ½ menit.*dok:3/28/2013 
>>> LIHAT RESEP Choux Pastry filled with Fruity Ice Cream Youghurt  - KLIK GAMBAR<<<

Entri Populer