Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

THCP JOURNAL

Advanced Culinary Class

Pelajari Teknologi Pangan Pembuatan Sosis & Nugget

 
Praktis diolah dan enak rasanya. Tak heran, jika nugget dan sosis masih menjadi makanan yang digemari banyak orang, selain karena rasanya lezat, makanan ini juga tergolong mudah disajikan. Lantas bisakah membuat sendiri ? Ini yang dipelajari oleh mahasiswa Akpar Majapahit kelas Culinary Advanced tentang pembuatan sosis dan nugget.

Mengusung pokok bahasan mata kuliah Teknologi Pangan (Food Technology), mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit kelas Culinary Advanced belajar tentang teknik emulsi untuk proses pembuatan sosis dan nugget.

Sekilas jika diamati, proses pembuatan nugget dan sosis cukuplah mudah. Chef Rahma menjelaskan bahwa nugget dan sosis ini dibuat dari bahan daging (sapi atau ayam) yang digiling, kemudian diberi bumbu-bumbu. Untuk sosis musti di masukkan ke dalam pembungkus (casing) berbentuk bulat panjang, lalu dikukus selama 10-15 menit. Sedangkan nugget bisa langsung dicetak, dilapisi tepung panir dan digoreng. Cukup gampang’kan? ungkap dosen culinary advanced ini. 

 Ia juga menerangkan dalam perlakuan pembuatan sosis dan nugget bisa dibuat mulai dari yang rasanya enak hingga ekonomis. Yang penting diketahui formulanya dan tidak meninggalkan bahan utama daging yang kaya protein ini mempunyai kemampuan untuk mengikat air dan membentuk emulsi yang baik dengan zat yang lain.  

  Ada 8 macam produk sosis dan nugget yang dibuat oleh mahasiswa Culinary Advanced, diantaranya Beef Frankfurter Sausage, Economical Beef Sausage, Chicken Fleishwurst Sausage, Economical Chicken Sausage, Industrial Chicken Nugget with Modified Starch, Industrial Chicken Nugget with SMF (Synthetic Meat Fibercoarse), Dragon Stick, dan Ice Cream Nugget.
Tak hanya membuat produk, mahasiswa juga diajarkan bagaimana teknik pengemasan dalam plastik vakum sealer. Teknik ini digunakan dengan tekanan udara hampa untuk melindungi produk dari kerusakan yang diakibatkan oleh kapang yang masih dapat tumbuh dalam kondisi vakum. 

 Nah, setelah belajar produk, setiap minggu diakhir materi perkuliahan, mahasiswa Culinary Advanced dianjurkan untuk membuat Food Creation. Dengan harapan, mahasiswa mampu menciptakan kreasi menu baru yang layak dan bernilai jual. Beberapa mahasiswa Culinary Advanced seperti Ridho D. membuat kreasi menu Beef Sausage with Holladaise Sauce, dan Titus F. membuat kreasi menu Nugget with Sweet and Sour Sauce. Wah, dalam waktu selama 90 menit, mereka dapat menyajikan sajian olahan nugget dan sosis.

Ingin bisa memasak seperti yang dibuat oleh mahasiswa Akpar Majapahit kelas Culinary Advanced ini? Kelas Culinary Advanced yang ada di kampus Akademi Pariwisata Majapahit memberikan ruang belajar bagi Anda dalam berkreatifitas di dunia kuliner untuk menjadi chef profesional. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail: akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 234 & 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

No comments:

Post a Comment

Entri Populer