Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Kursus Imut & Manisnya Macaron



Terpikat Imut & Manisnya Macaron


Meski terbilang sudah lama populer di belahan bumi Eropakhususnya Perancis, nama kue macaron hingga kini masih naik daun di dunia pastry. Seperti yang dilakukan 3 remaja, peserta yang datang dari Surabaya dan Solo ini tergoda untuk mengikuti kursus privat pembuatan Macaron di kampus Akpar Majapahit. Tak sedikit dari mereka pun penasaran bagaimana cara membuat macaron dengan hasil sempurna. Penasaran... ?

Tampilan kuenya yang elegan dengan warna cerah membuat harga jual macaron masih terbilang mahal di pasaran Indonesia. Teksturnya yang renyah di luar tetapi lembut di dalam saat dimakan, bisa menjadikan kue imut nan manis ini sebagai salah satu kue favorit yang banyak penikmatnya.
‘Keinginan kursus ini selain mengisi waktu luang, juga penasaran bagaimana cara membuat macaron yang hasilnya berkaki. Pernah sekali bikin, tapi hasinya kurang memuaskan tidak seperti yang banyak dijual’ ungkap Ellent yang terpikat macaron dan rela datang jauh-jauh dari Solo untuk kursus di Akpar Majapahit Surabaya.
Dalam kursus privat ini, Ellent, Widya, dan Stefiny dipandu oleh Chef Simon Marga dan team. Kursus dimulai dengan diberikan penjelasan mengenai berbagai bahan yang akan digunakan sesuai resep. Setelah penjelasan, dilanjutkan dengan peserta praktik sendiri sambil dipandu proses pembuatannya, dengan demikian peserta akan mudah mengerti dan cepat terampil dalam membuat semua materi yang diajarkan tentang macaron.




Macaron Yang Gampang-Gampang Susah

Selainbentuknya imut dan warnanya menggemaskan, kue bercitarasa kombinasi manis dan gurih dari almond ini bisa dimodifikasi dengan berbagai macam rasa seperti cokelat, lemon, green tea, strawberry, dan lainnya.
Banyak yang bilang membuat macaron bukan hal yang mudah alias gampang-gampang susah. Sebenarnya tidak begitu, cara membuat macaronsangat sederhana dengan bahan dasar yang juga gampang dijumpai di toko kue. Hanya saja memang ada beberapa langkah-langkah yang harus diperhatikan saat pembuatan kue berbentuk bulat pipih ini agar mendapatkan hasil yang sempurnadan berkaki.
Membuat macaronmembutuhkan ekstra ketelitian dan ketepatan dalam mengukur bahan, membuat adonan sertamenentukan suhu oven yang tepat. Pastikan macarontidak terlalu lama dipanggang karena akan membuat permukaannya akan retak dan pecah-pecah.‘ jelas Chef Simon

Jika sudah berkali-kali mencoba membuat kue imut ini tapi masih gagal, pasti ada halyang terlewatkan. Kueberbahan dasar putih telur dan almond ini sebenarnya cukup mudah untuk dipraktekkan, hanya saja memang ada beberapa langkah-langkah yang tidak boleh diabaikan. Karena jika diabaikan, maka hasil yang bisatidak maksimal bahkan mengecewakan.
Chef Simon pun menambahkan ‘Saat akan mengocok putih telur, pastikan wadah untuk mengocoknya harus benar-benar bersih dan terbebas dari minyak. Karena jika sampai terjadi hasil dari adonan tidak mengembang dengan sempurna.
Meski terdengar cukup rumit, bukan berarti pembuatan macaron tidakbisa dibuatsendiri di rumah. Di tempat kursus Akpar Majapahit Surabaya, peserta akan banyak diajari dan praktik sendiri proses membuat adonan dalam berbagai rasa dan variasi filling.Anda berminat ?... *Upi



Kampus Akademi Pariwisata Majapahit Surabaya, ada di :
Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya Telp. 031-8433224, 8433225, 81639992, 081332003300, 0817321024, Fax. 031-8432050 (www.tristarculinaryinstitute.com)

Entri Populer