Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Didorong Jadi Tour Guide Profesional

Upaya Dekatkan Mahasiswa dengan Industri Pariwisata
Gatot Harjoso Dorong Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Aplikasikan Guiding Technics
DOSEN Luar Biasa Basic Guiding dan Guiding Technics D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit 3 mendorong anak didiknya yang kini duduk di Semester III menjadi sosok guide (permandu wisata) yang andal.


Hal itu disampaikan Drs Gatot Harjoso, Dosen Basic Guiding dan Guiding Technics D3 Prodi UPW Akpar Majapahit kepada kru www.culinarynews.info, seusai mengajar Basic Guiding kepada mahasiswa UPW Semester I, Rabu (21/09/2016).

Jelang akhir tahun ini, Gatot Harjoso yang juga Direktur Operasi PT Sagem Panca Pratama –perusahaan konsorsium sembilan Biro Perjalanan Wisata (BPW) di Surabaya– ini mulai kebanjiran tamu (wisatawan mancanegara maupun domestik) mulai Oktober hingga akhir tahun 2016 mendatang. Tamu dari perusahaan kosorsium ini minta didampingi tenaga tour guide yang andal selama tour mereka di Jatim dan sekitarnya.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Tantangan terbuka itu langsung direspons oleh 12 mahasiswa Semester III Prodi UPW Akpar Majapahit. Mahasiswa itu adalah Anita Permata Sari, Olga Claudia, Nikita Kinanthi, Diza Faiqotus, Sarah Ferina, Alexander Stanley, Sari Julianti Ningrum, Dewa Ayu Kade Utami Dewi, Andi Ira Issah, Adinda Anastasia, Eka Yuliany Kurniawati dan Rocky (Ryo).

Mereka optimistis bisa menangkap peluang yang disodorkan oleh dosen pembimbingnya itu, setelah sebelumnya diajarkan basic guiding, guiding technics, tour programming, study observation, dokumen perjalanan wisata (tour document), dan mata kuliah terkait lainnya di kelas dan mempraktikkannya dalam berbagai kegiatan ekstra di luar kampus.

Contohnya, pada awal Agustus 2016 lalu, mahasiswa Prodi UPW Akpar Majapahit menyukseskan acara Bromo Midnight Tour (BMT), yang dihelat pada Selasa (02/08/2016) malam hingga Rabu (03/08/2016).

Kegiatan di luar kampus itu merupakan implementasi dari mata kuliah Guiding Technics  yang diajarkan Drs Gatot Harjoso kepada mahasiswa Prodi UPW Akpar Majapahit. Sedangkan kegiatan perkuliahan mahasiswa UPW Akpar Majapahit itu sendiri bertempat di Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sementara itu pekan ketiga bulan Agustus 2016, tepatnya Jumat (19/08/2016) hingga Minggu (21/08/2016), mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit kembali mengikuti acara Java Old Heritage Tour (JOHT) selama tiga hari dua malam (3D2N) di Jogja.

Kegiatan mahasiswa D3 Prodi UPW di luar kampus tersebut merupakan implementasi dari mata kuliah Studi Observasi I dan II yang telah diajarkan di kelas oleh Dewi Mariyanah M.Par kepada mahasiswa Semester II dan IV.

Acara Java Old Heritage Tour (JOHT) yang didukung pihak kampus itu juga diikuti Asisten Direktur I Bidang Akademik Akpar Majapahit Hedy W. Saleh SH, MBA, MSi.Par sebagai pimpinan rombongan tur (tour leader) merangkap menjadi guide-nya.  Kaprodi UPW Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par, yang menjadi dosen pada mata kuliah Studi Observasi I dan II  juga bergabung bersama mahasiswa.

Masih menurut Gatot Harjoso, mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit yang ditunjuk menjadi tour guide, nantinya diseleksi terlebih dahalu. Mereka juga dibekali lagi trik dan tips menjadi seorang guide professional, sebelum dilepas mendampingi tamu tur ke Bromo, Kawah Ijen dan objek-objek wisata terkenal lainnya di Jatim.

Untuk menyukseskan program implementatif ini, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kaprodi UPW Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par. Pasalnya, jika program ini mulai berjalan Oktober ini, tentu ada 1-2 orang mahasiswa –secara bergiliran—menjadi tour guide bagi tamu PT Sagem Panca Pratama, maka mereka akan dimintakan dispensasi kepada pihak Akademik.

Misalnya, saat dua mahasiswa UPW Akpar Majapahit ini dipercaya menjadi tour guide 20-40 oang tamu ke Kawan Ijen (dalam Paket Wisata 3D2N) atau Bromo  (paket wsiata One Day Tour), maka mahasiswa itu dimintakan ijin atau dispensasi kepada pihak Akademik untuk tidak mengikuti agenda perkuliahan selama tiga hari. 

”Nah, saya kira peluang emas ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan akan menjadi bekal berharga setelah mereka lulus dan bekerja di industri pariwisata,” tandas Gatot, yang juga Direktur Operasi PT Sagem Panca Pratama tersebut.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer