Graha Tristar

D3 MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA

D3 PERHOTELAN SPESIALISASI F&B PRODUCT

Dari Kegiatan Studi Banding Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Ukui, Pelalawan Riau

Mahasiswa Akpar Majapahit Dampingi Rombongan Wisatawan dari Riau, Tur Malang dan Surabaya 5D4N

GILIRAN Olga Claudia dan Rocky Alexander, dua mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit yang kini duduk di Semester III, diapresiasi oleh Gatot Harjoso,  Dosen Luar Biasa Basic Guiding dan Guiding Technics  menjadi tour guide junior (pemandu wisata) rombongan wisatawan dari Riau dalam program tur 5 Day 4 Night (5D4N). Sebelumnya, Andi Ira Issah dan Sari Julianti Ningrum yang ditunjuk menjadi tour guide rombongan tamu pelesir ke Kawah Ijen.

Kedua mahasiswa ini dipercaya mendampingi rombongan sebanyak 58 orang yang mengikuti kegiatan bertajuk Studi Banding Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Ukui, Pelalawan, Riau di  Malang dan Surabaya, 12-16 Oktober 2016.

Untuk melancarkan agenda studi banding itu, Vivo Tour & Travel, yang dikelola Gatot Harjoso, diminta meng-handle 58 orang wisatawan domestik dari Riau ini untuk mengikuti berbagai kegiatan yang tersaji pada  run down acara yang telah disusun sebelumnya oleh pihak Panitia. 

Rombongan 58 wisatawan dari Riau ini tiba di Bandara Juanda, Rabu (12/10/2016) sekitar pukul 17.00. Dimulai dari meeting point di Bandara Juanda (sekitar pukul 18.00) inilah rombongan menumpang bus pariwisata berkapasitas 60 tempat duduk diantar menuju Malang melalui jalur darat.

Selama menikmati perjalanan ke Malang, rombongan wisatawan mendapat pengarahan dari Gatot Harjoso yang juga Direktur Vivo Tour & Travel. Gatot yang menjadi tour guide-nya di dampingi anak didiknya, Rocky Alexander, sebagai assistant guidePerjalanan melalui jalur darat dari Bandara Juanda ke Malang melalui jalan tol relatif lancar. Perjalanan ke Malang sejauh 100-an kilometer hanya memakan waktu sekitar dua jam.

Sebelum check in hotel (Getz Hotel), rombongan kepala sekolah dan keluarganya itu diajak makan malam (dinner) di Rumah Makan Inggil, yang lokasinya hanya 10 menitan dari hotel. Usai menikmati menu santap malam –berupa menu masakan Indonesia— rombongan check in di Getz Hotel untuk beristirahat.

Agenda tur hari kedua, Kamis (13/10/2016), peserta studi banding menikmati sajian sarapan (breakfast) yang disediakan pihak hotel sekitar pukul 06-07.00. Setelah makan pagi, rombongan menghadiri kegiatan kunjungan kerja di Sekolah Model TK-SD Malang yang dimulai pukul 08.00-11.00.

Setelah mengikuti acara studi banding di Sekolah Model TK-SD Malang, rombongan meneruskan perjalanan ke Kota Wisata Batu. Sesampai di Batu, rombongan turis dari Riau ini diajak merapat ke Warung Bambu, untuk menikmati sajian makan siang (lunch) dengan menu utamanya makanan Indonesia.

Puas menikmati acara santap siang di Warung Bambu, rombongan  kemudian diajak untuk mengikuti cara petik apel di Kusuma Agrowisata Batu dan melihat ratusan koleksi kendaraan dari berbagai penjuru dunia di Museum Angkut Kota Wisata Batu, hingga pukul 17.00-an.

Setelah capai keliling Batu dari pagi hingga petang, rombongan kepala sekolah dan keluarganya dari Riau itu lalu diantarkan ke salah satu restoran lokal, Bu Atik Resto, yang menyediakan aneka menu Indonesian Food untuk makan malam. Usai dinner, rombongan kembali ke hotel untuk beristirahat. Acara bebas tanpa di dampingi tour guide dari Vivo Tour & Travel, Gatot Harjoso dan Rocky Alexander.

Pada hari ketiga (Jumat, 14/10/2016), setelah sarapan, rombongan check out hotel untuk siap-siap menuju objek wisata air terjun Cobanrondo. Usai menikmati keasrian air terjun Cobanrondo, rombongan diajak mampir ke pusat oleh-oleh Brawijaya, Batu hingga pukul 11.00.

Bus yang ditumpangi rombongan kemudian berhenti sejenak di salah satu masjid untuk menunaikan salat Jumat berjamaah hingga pukul 13.00. Usai salat Jumat, rombongan diantarkan makan siang di sebuah restoran lokal dan mampir sebentar di pusat oleh-oleh Tengku Wisnu Malang Strudle.

Perjalanan dari Malang kembali ke Surabaya, rombongan wisatawan dari Riau ini kemudian diantar belanja ke pusat kerajinan sepatu dan tas Tanggulangin oleh Gatot Harjoso dan Rocky Alexander, hingga pukul 19.00. Setelah puas belanja di Tanggulangin, tour leader mengajak rombongan makan malam di salah satu restoran lokal di Kota Petis Sidoarjo.

Puas menikmati acara santap malam di Sidoarjo rombongan selanjutnya menuju Hotel Bisanta Bidakara Surabaya untuk beristirahat. Sesampai di hotel malam itu, giliran Olga Claudia, mahasiswi D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit, yang menyambut kedatangan rombongan wisatawan dari Riau.

Agenda tur hari keempat (Sabtu, 15/10/2016), Gatot Harjoso dan Claudia sudah menunggu rombongan turis domestik dari Riau di lobi hotel. Peserta yang sudah selesai breakfast di hotel, diminta tour leader untuk siap-siap mengikuti agenda wisata Surabaya City Tour termasuk menyeberang ke Pulau Madura melalui Jembatan Suramadu.

Spot-spot yang dikunjungi wisatawan dari Riau ini antara lain Kebun Binatang Surabaya (KBS), berfoto bareng di Patung Suro & Boyo (di depan KBS), menyusuri pusat kota Surabaya dan mengunjungi Museum House of Sampoerna di kota lama Surabaya.

Setelah puas keliling Surabaya dan menikmati puluhan koleksi Museum House of Sampoerna, rombongan melanjutkan perjalanan ke Madura lewat Jembatan Suramadu untuk melihat dari dekat kegiatan sehari-hari perajin batik khas Madura di Bangkalan.

Usai melihat dari dekat aktivitas pembatik tradisional di Bangkalan, rombongan melanjutkan perjalanan untuk menikmati sajian santap siang (lunch) di Restoran Bebek Sinjay yang sajian nasi bebeknya sudah terkenal di kalangan pecinta kuliner Nusantara.

Puas menikmati gurihnya bebek Sinjay dengan sambal pencit (mangga muda) dan lalapan, rombongan kembali ke Surabaya untuk menghadiri wisata belanja di Pusat Grosir ITC (depan Pasar Atum Surabaya).

Di sana tersedia berbagai kebutuhan  rumah tangga, aneka koleksi baju modern, busana muslim, sepatu, sandal, tas, kosmetik, koleksi arloji, handphone  tipe terbaru hingga home appliances dengan harga grosir.

Tak terasa agenda keliling Surabaya dan Bangkalan dari pagi hingga petang membuat sebagian peserta studi banding K3S dari Riau mengaku kecapaian. Ketua rombongan (tour leader) pun memutuskan kembali ke hotel untuk beristirahat. 

Sesampai di hotel, peserta bisa  langsung beristirahat di kamar hotel atau kalau masih ingin menikmati agenda Sabtu malam Minggu hingga malam, juga dipersilakan oleh tour leader karena itu merupakan acara bebas (free program) bagi peserta.

Agenda hari terakhir (Minggu, 16/10/2016), setelah sarapan (breakfast) di hotel, sekitar pukul 08.00 rombongan dari Riau ini sudah siap-siap check out hotel dan diantar menuju Bandara Juanda untuk pulang kembali ke Riau.

Perjalanan bus yang ditumpangi rombongan dari hotel di pusat kota Surabaya menuju Bandara Juanda, baik Gatot Harjoso maupun Olga Claudia yang menjadi guide dan assistant-nya, tetap setia mengantar tamunya singgah di pusat oleh-oleh Surabaya dan mendampingi rombangan boarding di bandara sekitar pukul 10.00 untuk selanjutnya naik pesawat ke Riau transit di Jakarta. God bye and see you tomorrow…!


Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031)8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Entri Populer